Manfaat Teknologi Smartwatch yang Jarang diketahui

Manfaat teknologi smartwatch tidak hanya untuk menunjukkan waktu. Sebelumnya, produk ini hanya diluncurkan oleh perusahaan teknologi. Akan tetapi, saat ini banyak perusahaan jam tangan yang turut mengeluarkan produk jam tangan pintar.

Teknologi ini mempunyai layar sentuh yang mampu dihubungkan dengan perangkat smartphone menggunakan bluetooth atau WiFi. Aspek kebugaran adalah keunggulan besar yang dimiliki oleh teknologi tersebut.

Berbagai manfaat smartwatch juga telah dibuktikan melalui banyaknya masyarakat yang menggunakannya dari waktu ke waktu. Karena penggunaannya jauh lebih menguntungkan daripada sekedar memakai jam tangan.

Berbagai Manfaat Teknologi Smartwatch

Smartwatch bukan hanya sebuah jam tangan. Teknologi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mendukung kemudahan hidup penggunanya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

1. Kebugaran dan Kesehatan

Manfaat paling unggul dari smartwatch ialah dalam aspek kebugaran. Teknologi ini dilengkapi dengan fitur peningkatan gaya hidup. Meliputi pedometer yang menghitung jumlah langkah kaki pengguna sepanjang hari.

Selain itu, juga tersedia fitur monitor detak jantung untuk melihat detak jantung selama melakukan olahraga. Juga tersedia monitor tidur, monitor EKG, hingga monitor tekanan darah.

2. Menemukan Smartphone

Manfaat teknologi smartwatch berikutnya ialah mampu membantu orang yang mudah lupa dalam meletakkan smartphone. Fitur ini sangat membantu mereka yang sibuk dan perlu mendapatkan smartphone secara cepat.

Caranya ialah menggunakan fitur “Find My Phone” dalam smartwatch. Melalui fitur tersebut, smartphone akan berdering dalam volume penuh sehingga Anda dapat menemukannya dengan cepat dan mudah.

3. Mendengarkan Musik

Jam tangan pintar ini bisa menjadi media hiburan yang mudah diakses dengan mendukung fitur musik. Anda bisa memutar musik melalui smartwatch dengan bantuan smartphone maupun secara langsung.

Apabila menggunakan bantuan smartphone, Anda bisa menghubungkannya kemudian memilih musik dari pustaka musik smartphone. Sementara apabila ingin mengakses musik secara langsung cukup mengunduh musik melalui jam tangan pintar.

4. Navigasi 

Menunjukkan navigasi dengan lebih praktis adalah manfaat teknologi smartwatch yang tidak boleh dilewatkan. Apabila mengandalkan fitur navigasi dari smartphone, akan merepotkan ketika berkendara. Bahkan bisa membahayakan pengemudi.

Smartwatch bisa membantu menunjukkan navigasi tanpa membahayakan pengemudi. Karena cukup melihat pergelangan tangan tanpa menggerakan tangan untuk membuka layar smartphone. Terdapat merek yang memberikan getaran untuk menunjukkan harus berbelok.

Getaran ini berbeda untuk belok ke kanan dan ke kiri. Sehingga pengguna dapat lebih fokus dalam menyetir. Bahkan bisa sesekali menikmati pemandangan karena cukup mengandalkan getaran smartwatch ketika akan berbelok.

5. Panggilan Telepon

Anda tidak harus melakukan panggilan telepon melalui smartphone. Namun juga bisa mengandalkan jam tangan pintar. Anda bisa memilih, menghubungkannya dengan smartphone atau tidak. Sebab, beberapa merek menghadirkan port kartu sim.

6. Notifikasi 

Jam tangan pintar bisa membantu Anda untuk mengakses notifikasi tanpa harus membuka smartphone. Anda bisa mengakses notifikasi cukup dengan melihat pergelangan tangan. Notifikasi ini dapat berupa pemberitahuan media sosial, aplikasi, pesan dan lain sebagainya.

Fitur ini sangat membantu ketika Anda terlalu sibuk untuk membuka layar ponsel. Sehingga bisa mengandalkan jam tangan pintar untuk mendapatkan berbagai informasi penting yang dibutuhkan.

7. Selalu Terhubung

Masih banyak orang enggan mendapatkan smartwatch karena berpikir smartphone sudah cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, smartphone lebih mudah kehabisan baterai. Sementara smartwatch mempunyai daya tahan baterai lebih tinggi.

Anda tidak harus melakukan charging smartwatch dengan sering. Karena baterainya mampu bertahan cukup lama. Anda juga bisa melakukan berbagai pekerjaan melalui teknologi ini sehingga bisa mengurangi penggunaan ponsel.

Banyak orang masih meragukan manfaat dari jam tangan pintar. Karena sudah mempunyai smartphone. Namun, banyak sekali manfaat teknologi smartwatch mulai dari aspek kesehatan hingga hiburan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.