Baru Rilis, Ini Dia Perbedaan Nintendo Switch OLED dan Nintendo Switch Biasa

Bagi para pecinta game, pasti sudah tidak asing dengan nama Nintendo, yaitu sebuah perusahaan elektronik asal Jepang yang telah banyak memproduksi video game dan juga konsol game yang banyak diminati oleh masyarakat berbagai kalangan usia. Salah satu produk gamenya adalah Nintendo Switch, yaitu konsol game yang sedang banyak digemari dan diincar oleh para pecinta game. Karena menjadi incaran semua orang, maka tak heran jika harga Nintendo Switch bisa sampai melambung tinggi.

Dahulu, Nintendo Switch hanya ada dua versi, yaitu Nintendo Switch reguler dan Nintendo Switch Lite. Dimana ada hal yang menjadi perbedaan Nintendo Switch dan Lite yaitu pada harga keduanya yang berbeda jauh. Kemudian perbedaan juga dapat dilihat dari bentuk fisiknya, fitur-fitur yang dimiliki, serta baterainya.

Pada tahun 2021, Nintendo kembali mengeluarkan versi terbaru dari Nintendo Switch, yaitu Nintendo Switch OLED. Walaupun masih dalam jenis yang sama, namun ternyata Nintendo Switch dan Nintendo Switch OLED memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan Nintendo Switch OLED dan Nintendo Switch biasa.

1. Layar

Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah pada layar keduanya, di mana Nintendo Switch OLED memiliki panel layar OLED 7 inci dan lebih besar daripada yang versi reguler. Selain itu, Nintendo Switch OLED memberikan tampilan visual yang lebih baik walaupun memang tidak ada perubahan yang kentara pada grafis game.

Namun, warna dan cahaya yang dihasilkan oleh versi OLED lebih cerah dan akurat serta kontrasnya lebih tinggi sehingga bermain game menjadi lebih menyenangkan. Dan walaupun layar panelnya berbeda, resolusi layar keduanya masih tetap sama yaitu 1280 x 720 pixel.

2. Desain

Dibandingkan dengan Nintendo Switch Lite, desain versi OLED dinilai banyak orang lebih terlihat mirip dengan Nintendo Switch yang biasa karena memiliki Joy-Cons yang dapat dilepas serta tata letak tombol yang mirip. Selain itu, varian warna Nintendo Switch OLED hadir dalam warna yang familiar.

3. Storage

Memori internal atau kapasitas ruang penyimpanan yang dimiliki Nintendo Switch OLED lebih besar yaitu 64GB, ini dua kali lebih besar daripada Nintendo Switch biasa yang memori internalnya hanya 32GB saja. Selain itu, pemilik Switch OLED juga dimungkinkan untuk menambah memori karena adanya slot microSD yang bisa dipasang dengan microSD sampai kapasitas 2TB.

4. Dock

Perbedaan Nintendo Switch OLED dan Nintendo Switch biasa yang lainnya adalah dock. Kedua Nintendo Switch ini baik biasa maupun OLED sama-sama dilengkapi oleh dock, yang memiliki fungsi untuk menghubungkannya ke TV. Ada dua port konektivitas yang terdapat pada dock, yaitu post USB 2.1 dan output HDMI.

Yang membedakan antara keduanya adalah pada dock Nintendo Switch OLED, dilengkapi oleh satu port tambahan yaitu LAN agar dapat terhubung ke internet. Untungnya, dock ini akan dijual secara terpisah dan tetap bisa digunakan oleh Nintendo Switch yang versi biasa.

5. Dimensi

Dimensi yang dimiliki oleh Nintendo Switch OLED nyatanya lebih besar daripada yang versi reguler atau standar, namun perbedaannya juga tidak terlalu signifikan sebab ini merupakan imbas dari ukuran panel versi OLED yang lebih besar. Pada Nintendo Switch OLED, memiliki 2,54 mm lebih tinggi dan 22 gram lebih berat daripada Nintendo Switch yang versi biasa.

Itulah perbedaan Nintendo Switch OLED dan Nintendo Switch biasa sebagai pertimbangan ketika membeli.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.