Kelebihan Cloud Storage Teknologi Penyimpanan Online

Kelebihan cloud storage bisa menjadi alasan Anda untuk menggunakannya. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan terus berkembang untuk berbagai keperluan termasuk penyimpanan data komputer secara online.

Saat ini penyimpanan cloud storage sedang banyak digunakan sebagai pengganti pada penyimpanan perangkat keras. Secara sederhana cloud storage bisa diartikan sebagai penyimpanan awan dalam bahasa Indonesianya.

Akan tetapi, dalam arti yang lebih luas disebut sebagai cloud karena data dapat disimpan dan dipindahkan dengan jarak jauh. Dimana semua aktivitas dilakukan melalui jaringan internet.

Penyimpanan hanya bisa diakses menggunakan internet dan bisa membuatnya menjadi lebih praktis. Tentunya saat ini banyak orang yang sudah mulai beralih menggunakan cloud untuk penyimpanan data.

Pemilihan cloud storage sebagai tempat penyimpanan tidak terlepas dari berbagai manfaatnya. Selain itu, kelebihan yang ditawarkan juga perlu dipertimbangkan untuk menggunakan teknologi canggih ini dengan tepat.

Kelebihan Cloud Storage yang Perlu Diketahui

Kelebihan yang dimiliki cloud storage perlu Anda kenali sebelum menggunakannya untuk menarik perhatian dan keyakinan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki cloud storage saat digunakan sebagai media penyimpanan.

1. Bisa diakses dimana saja

Cloud storage merupakan teknologi yang tidak memerlukan perangkat keras tambahan sebagai tempat penyimpanan. Anda bisa mengakses penyimpanan data darimana saja dengan cepat bermodalkan koneksi internet.

2. Data tidak mudah hilang

Ketika menyimpan data melalui flashdisk, maka risiko kehilangan data tersebut sangat tinggi. Berbeda dengan cloud storage yang bisa diakses melalui perangkat manapun tanpa khawatir data hilang.

3. Data tidak mudah terkena virus

Setiap penyedia layanan cloud storage akan melengkapi produknya dengan antivirus yang diperbarui secara berkala. Setiap adanya penyimpanan akan dilakukan backup pada server sebagai data cadangan.

4. Privasi terjaga

Untuk dapat mengakses data yang disimpan memerlukan akun berupa username dan password. Anda dapat melindungi data dari pencurian dengan cara ini sehingga data menjadi lebih aman dan terjaga.

Manfaat Cloud Storage yang Perlu Dipahami

Selain beberapa kelebihan cloud storage yang telah dijelaskan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini beberapa manfaat dari cloud storage sebagai media penyimpanan data dengan mudah.

1. Menyimpan data

Manfaat utama dari cloud storage adalah sebagai tempat penyimpanan data. Proses penyimpanan bisa dilakukan dengan lebih praktis tanpa adanya tambahan perangkat keras apapun di dalam prosesnya.

Berbekal koneksi Anda dapat menambahkan data pada cloud dengan mudah. Termasuk juga jika ingin menghapus data yang tidak diperlukan sudah bisa dilakukan dengan praktis dan cepat.

2. Berbagi data

Menggunakan teknologi cloud storage akan memudahkan interaksi Anda dengan orang lain. Salah satunya adalah berbagai data yang dilakukan dengan lebih mudah melalui koneksi internet yang memadai.

Anda bisa saling berbagai data dengan orang lain tanpa harus bertatap muka atau bertemu langsung. Tentunya cara ini membuat Anda bisa menjadi lebih mudah dalam proses berbagi data.

3. Penyimpanan ramah lingkungan

Jika Anda menggunakan perangkat penyimpanan seperti flashdisk kemungkinan tidak akan ramah lingkungan. Karena saat sudah tidak digunakan akan dibuang dan bisa menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan sekitar.

Tentunya hal ini akan berbeda jika Anda menggunakan cloud storage sebagai media penyimpanan. Karena tidak membutuhkan perangkat keras tambahan apapun bisa menghindari pembuangan limbah teknologi yang membahayakan lingkungan.

Sebagai salah satu teknologi terbaru yang bisa digunakan cloud storage menjadi solusi yang memberikan berbagai manfaat. Selain itu, juga terdapat berbagai kelebihan cloud storage sebagai media untuk penyimpanan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.