Tips Membuat Survei Online untuk Bisnis yang Efektif

Seringkali kebutuhan bisnis membutuhkan Anda bisa membuat survei online untuk menunjang pengembangan bisnis Anda. Pada umumnya survei online akan dijadikan sebagai evaluasi kepada pelanggan dari Anda.

Namun, tidak hanya evaluasi Anda juga bisa mendapatkan info mengenai keinginan dari para pelanggan. Menyebarkan kuisioner memang sudah dilakukan sejak lama, sebelum kecanggihan teknologi seperti sekarang ini.

Jika Anda menggunakan survey online maka ada beberapa kelebihannya dibandingkan survey secara langsung atau lapangan. Menghemat waktu adalah keuntungan yang pertama kali dirasakan dengan menyebarkan kuisioner secara online.

Namun, bikin survei online bukan hal yang bisa dilakukan secara sembarangan tanpa memikirkan ketentuan dan isinya. Agar mendapatkan keuntungan dan manfaat dari sebuah survei online, maka simak tips membuatnya lebih efektif untuk bisnis Anda.

Membuat Survei Online dengan Menentukan Tujuan dan Pertanyaan yang Mudah Dipahami

Saat bisnis sudah berjalan, maka Anda butuh feedback dari pelanggan yang menggunakannya. Feedback bisa Anda dapatkan dengan membuat survei secara online dan tips pertama yang harus dipahami adalah tujuan dari pembuatan survei tersebut.

Misalnya, ketika ingin memperbaiki kemasan dari produk bisnis, Anda bisa menetapkan target pelanggan yang sering membeli produk. Jika melakukan survei tanpa tujuan maka akan berakhir sia-sia dan Anda malah rugi.

Selain tujuan, hal penting lainnya adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan harus mudah untuk dipahami. Membuat survei online memang harus menyiapkan pertanyaan, namun bukan pertanyaan yang sembarangan alias tanpa memahami penggunaan kata.

Anda bisa memilih untuk menggunakan survei dalam bentuk pilihan ganda sebagai jawaban dan ini adalah pilihan terbaik. Namun, jika ingin membuat pertanyaan esay, maka buat pertanyaan yang singkat dan mudah untuk dimengerti.

Untuk pertanyaan-pertanyaan kepuasan saat buat survei online, maka Anda bisa menggunakan jawaban dengan skala. Misalnya kepuasan menggunakan produk, pelanggan diberikan pilihan skala 0-10 saat akan menjawab.

Membuat Survei Online dengan Memperhatikan Desain

Membuat target pelanggan yang akan mengisi survei nyaman adalah bagian cukup penting dan harus dilakukan secara maksimal. Selama ini ada banyak survei yang tidak menarik perhatian target sama sekali, sehingga juga berakhir sia-sia.

Karena sudah menggunakan cara online, maka Anda bisa siapkan survei dengan desain yang menarik. Dimulai dari memperhatikan tata letak, warna yang baik dan tepat, serta font yang akan digunakan saat bikin survei online.

Teknologi untuk membuat survei online akan sangat membantu Anda menentukan setiap unsur desain bahkan menambahkan unsur logo dari bisnis Anda. Menambahkan gambar juga bukan ide yang buruk untuk diterapkan.

Jika cukup sulit, saat ini juga sudah ada banyak aplikasi-aplikasi khusus yang dapat membantu Anda membuatkan sebuah form survei. Bahkan, sudah lengkap dengan link jawaban yang diberikan sehingga Anda hanya perlu mempelajarinya dari internet.

Template yang selaras dengan ciri khas dari bisnis Anda akan membantu pelanggan lebih mengingatnya. Untuk penggunaan alat-alat atau media bikin survei online yang Anda bisa coba.

Seperti SurveyMonkey dan Google Forms sebagai aplikasi terpopuler. Mudahnya menggunakan Google Forms untuk aplikasi survei dapat membuat Anda mudah menentukan tempat dan template yang akan digunakan.

Responden juga akan lebih yakin dalam memberikan datanya dengan jaminan kemanan data yang diberikan tersebut. Cara yang efektif adalah cara paling mudah diterapkan untuk banyak kalangan dari berbagai usia.

Sehingga ketika target pelanggan yang akan mengisi tidak bingung dan dapat menyebabkan akhirnya malas untuk mengisinya kembali. Anda bisa memperbaiki bahkan menambah hal-hal yang dibutuhkan oleh produk dan layanan bisnis dengan tips efektif membuat survei online.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.