7 Tips Fotografi Smartphone Mudah dan Memuaskan

Kini fotografi banyak digandrungi oleh masyarakat luas. Berbagai objek dan teknik pun digunakan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Tanpa menggunakan kamera atau perangkat tambahan, ternyata ada tips fotografi smartphone mudah dan memuaskan.

7 Tips Fotografi Smartphone Mudah dengan Hasil yang Mantap

Silahkan pahami 7 tips di bawah untuk mendapatkan hasil foto layaknya seorang fotografer profesional! Berikut rangkumannya:

1. Gunakan Cahaya Buatan

Tips yang pertama adalah menggunakan cahaya buatan. Bagaimana maksudnya? Jadi diperlukan Teknik untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus. Caranya dengan menambahkan bantuan cahaya baik di belakang atau samping. Hal ini harus disesuaikan dengan arah cahaya alami yang sudah ada. Cahaya baik matahari atau lampu ini berguna untuk memperoleh potret yang istimewa dari objeknya.

2. Mencari Fokus

Setelah menggunakan cahaya buatan, tips fotografi smartphone dilanjutkan mencari fokus dengan mendekati objek. Caranya mudah, cukup dengan mendekatkan smartphone ke objek yang akan dituju. Dengan begini, hasil foto pun akan lebih maksimal karena resolusi dari kamera smartphone tidak akan berkurang. Tips ini bisa menjadi pilihan pecinta foto.

3. Atur Shutter Speed

Tips berikutnya adalah dengan memperhatikan pengaturan yang ada di shutter speed kamera smartphone. Diperlukan pengaturan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang bagus dengan tujuan mendapatkan pencahayaan sempurna. Pengaturannya pun terbilang mudah, bisa dengan bantuan aplikasi tambahan yang diunduh secara gratis melalui Playstore atau aplikasi lainnya.

Nama aplikasinya adalah Shutter yang sudah banyak digunakan pecinta fotografi. Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan aplikasi ini adalah dalam hal pengaturan kecepatan kamera. Sebagai contoh, saat shutter speed semakin lama, maka kameranya akan menyerap banyak cahaya. Begitu juga sebaliknya, saat shutter speed semakin cepat maka kameranya akan menyerap sedikit cahaya.

4. Stabilkan Tangan

Salah satu kendala menggunakan smartphone untuk memotret adalah kondisi tangan yang tidak stabil. Hasil jepretannya pun kurang maksimal atau terkadang blur. Untuk itu, perlu menstabilkan tangan saat memotret agar hasilnya jelas. Tips tambahannya lagi, bisa juga dengan menggunakan bantuan penyangga atau tripod untuk menjaga kestabilan smartphone.

5. Atur ISO

Penggemar fotografi mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. ISO merupakan fitur dalam kamera smartphone yang memiliki fungsi sebagai pengatur sensitivitas dari lensa kamera terhadap cahaya yang masuk. Dijelaskan bahwa saat ISO tinggi maka kepekaan lensa terhadap cahaya juga semakin tinggi. Berlaku pula sebaliknya, apabila ISO rendah maka sensitivitas rendah. Jadi tentukan skala terbaiknya sesuai keperluan.

6. Atur High Dynamic Range (HDR)

High Dynamic Range merupakan fitur yang digunakan sebagai pengatur tingkat pencahayaan. Ini menjadi lebih dinamis karena pengguna dapat mematikan atau menyalakan HDR. Untuk itu, agar mendapatkan foto yang bagus dan memuaskan bisa dengan melakukan pengaturan yang tepat pada HDR. Tentu saja ini disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan saat memotret.

7. Gunakan Smartphone yang Pas

Tips fotografi smartphone terakhir adalah dengan menggunakan perangkat yang sesuai. Mengapa? Alasannya karena tidak semua smartphone memiliki kemampuan untuk fotografi profesional. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan sempurna, bisa menggunakan smartphone yang memiliki fitur kamera bagus. Sebagai referensi, ada Apple iPhone 11 Pro Max, OPPO Reno 10x, Huawei P30, atau lainnya.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Kini bisa memperoleh foto yang bagus hanya bermodalkan smartphone. Tips fotografi smartphone di atas bisa menjadi referensi menarik dan wajib dicoba. Namun ingat, sebelumnya perlu juga memahami setiap fitur yang ada di dalam smartphone agar lebih optimal!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.