Latihan Soal PTS PPKn dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Latihan Soal PTS PPKn. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.
1 | Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempunyai nilai filosofis bagi bangsa Indonesia. Nilai filosofis semboyan Bhinneka Tunggal Ika menunjukkan bangsa Indonesia … | |
A | Merupakan bangsa majemuk yang sulit berintegrasi | |
B | Memiliki semangat gotong royong yang tinggi dalam membangun negerinya | |
C | Dapat bersatu berkat adanya penjajahan pada masa lalu | |
D | Hanya dapat bersatu apabila mempunyai pemimpin yang cinta tanah air | |
E | Tetap bersatu walaupun latar belakang masyarakat beraneka ragam | |
2 | Guna mewujudkan integrasi nasional diperlukan persyaratan khusus dari berbagai pihak. Syarat terjadinya integrasi nasional yaitu … | |
A | Adanya kesepakaan mengenai nilai dan norma yang dijadikan pedoman | |
B | Anggota masyarakat mempunyai ketergantungan tinggi kepada pemerintah | |
C | Setiap individu berhak mengaplikasikan nilai dan norma sesuai keinginannya | |
D | Adanya kesepakatan antar pemerintah dan warga Negara | |
E | Mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam | |
3 | Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk. Kemajemukan di Indonesia berpotensi menimbulkan perpecahan yang membahayakan integrasi nasional. Oleh karena itu, warga negara harus mengembangkan sikap … | |
A | Displin | |
B | Etnosentris | |
C | Individualis | |
D | Toleran | |
E | Patriotis | |
4 | Salah satu faktor penghambat integrasi nasional adalah kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan ditunjukkan oleh perilaku … | |
A | Berteman tanpa memandang suku, agama, ras, antargolongan | |
B | Mengutamakan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah | |
C | Senantiasa mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi | |
D | Selalu memupuk semangat kedaerahan sebagai wujud nasionalisme | |
E | Mengurangi aktivitas bergawai saat berdiskusi dengan orang lain | |
5 | Ciri- ciri negara berhasil mencapai integrasi nasioinal yaitu … | |
A | Adanya pembatasan aksi demonstrasi | |
B | Pemerintah bersikap otoriter kepada rakyat | |
C | Masyarakat bebas melaksanakan hak asasinya | |
D | Kehidupan masyarakat tanpa diskriminasi | |
E | Peningkatan pembangunan perkotaan | |
6 | Internet merupakan gerbang penjelajahan dunia pada era global. Salah satu contoh penyalahgunaan internet sehingga mengancam integrasi nasional adalah … | |
A | Mencari artikel di internet untuk membuat tugas | |
B | Memasang iklan di internet | |
C | Menggunakan internet untuk menyebarkan berita hoax | |
D | Mengirim materi atau tugas nelalui internet | |
E | Mengakses internet untuk mencari informasi bahan belajar | |
7 | Amati teman-teman sekelas anda. Anda akan menemukan berbagai perbedaan. Mulai dari agama, budaya, adat, warna kulit, dan bentuk mata. Perbedaan itu tidak akan menimbulkan ancaman jika anda … | |
A | Menjalin perteman dengan teman sedaerah | |
B | Memandang budaya lain sama bagusnya dengan budaya sendiri | |
C | Melandasi setiap pertemanan dengan semangat kedaerahan | |
D | Mengembangkan nasionalisme sempit dalam pergaulan | |
E | Menumbuhkan semangat kedaerahan dalam pergaulan | |
8 | Warga Negara Indonesia memiliki kewajiban membantu pemerintah dalam menjaga kebudayaan daerah. Warga Negara Indonesia dapat membantu pemerintah dengan cara … | |
A | Mengutamakan bahasa daerah dalam komunikasi | |
B | Mempelajari budaya dari bebagai daerah lain | |
C | Menganggap budaya daerahnya paling baik | |
D | Menutup diri dari budaya asing | |
E | Meniru budaya asing yang sesuai ideologi asing | |
9 | Saat ini generasi muda Indonesia dihadapkan pada tantangan eksternal untuk mewujudkan integrasi nasional. Tantangan tersebut berupa … | |
A | Pemberantasan korupsi yang terjadi dalam pemerintahan | |
B | Meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja | |
C | Munculnya pro dan kontra hukuman mati di Indonesia | |
D | Perkembangan dunia yang semakin global | |
E | Melemahnya nilai-nilai sosial bangsa dalam diri anak muda | |
10 | Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan hubungan dalam masyarakat antara lain … | |
A | Bersikap adil kepada semua anggota | |
B | Aktif dalam menjaga keamanan wilayah | |
C | Patuh kepada perintah orang tua | |
D | Bersikap rendah diri kepada semua tetangga | |
E | Saling membantu antar tetangga | |
11 | Pembajakan akun, pembajakan situs web, dan menyebarkan virus merupakan contoh ancaman nonmiliter berupa … | |
A | Pencemaran lingkungan | |
B | Berita hoaks | |
C | Krisis finansial | |
D | Cyber crime | |
E | Pemanasan global | |
12 | Peserta didik melakukan bela Negara dengan belajar, seorang Guru dengan mengajar. Dan seorang dokter dengan merawat pasiennya. Dari ketiga contoh bela Negara tersebut, dapat diketahui bela Negara … | |
A | Dilakukan oleh orang-orang terpelajar | |
B | Dapat dilakukan sesuai dengan latar belakang profesi | |
C | Khusus bagi dokter, guru, dan peserta didik | |
D | Dapat dilakukan oleh orang dengan kemampuan khsusus | |
E | Merupakan perbuatan yang pantas dipuji | |
13 | Berdasarkan pasal 27 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945, hak dan kewajiban bela Negara dilakukan oleh … | |
A | Tentara Nasional Indonesia | |
B | Setiap penduduk | |
C | Kepolisian RI | |
D | Setiap warga negara | |
E | Pemerintah | |
14 | Menurut pasal 9 ayat 2 UU Nomor tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, bela negara dapat dilakukan peserta didik … | |
A | Mengikuti pendidikan kewarganegaraan | |
B | Menyelenggarakan pemerintahan yang baik | |
C | Menjadi anggota TNI | |
D | Melakukan patroli di wilayah perbatasan negara | |
E | Mengikuti latihan militer bersama TNI angkatan darat | |
15 | Paham atau pandangan masyarakat yang merendahkan kebudayaan masyarakat lain dan mengagungkan kebudayaannya sendiri disebut … | |
A | Nasionalisme | |
B | Patriotisme | |
C | Individualisme | |
D | Chauvinisme | |
E | Etnosentrisme | |
16 | Indonesia sering diguncang gempa dan letusan gunung api. Sebagai seorang pelajar upaya yang dapat dilakukan ketika terjadi bencana di daerah lain adalah … | |
A | Memberikan ganti rugi kepada warga | |
B | Mendaftar sebagai relawan | |
C | Membantu tim SAR mengevakuasi warga | |
D | Mengumpulkan dana sosial | |
E | Membangun tempat pengungsian untuk warga | |
17 | Seluruh bangsa Indonesia menolak berita hoax dan penyebarannya karena dapat menyebabkan … | |
A | Hambatan bangsa | |
B | Disentegrasi bangsa | |
C | Integrasi nasional | |
D | Ancaman bangsa | |
E | Tantangan bangsa | |
18 | Setiap warga masyarakat harus memahami pentingnya persatuan dalam keberagaman karena dengan persatuan dapat terwujud … | |
A | Ketegangan antarkelompok masyarakat | |
B | Kehidupan serasi, selaras, dan seimbang | |
C | Kesenjangan dalam kehidupan sosial masyarakat | |
D | Perbedaan yang menyebabkan suatu masalah | |
E | Pergaulan bebas di kalangan pemuda | |
19 | Semangat persatuan dan kesatuan harus terus ditumbuh kembangkan dalam setiap jiwa bangsa Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan berkenaan dengan pernyataan tersebut adalah … | |
A | Rajin melakukan ibadah sesuai ajaran agama | |
B | Membiasakan diri menjadi pribadi yang rajin belajar | |
C | Meminta orang lain tunduk dan patuh terhadap hukum negara | |
D | Menjaga hubungan baik dengan setiap orang | |
E | Berangkat sekolah setiap hari | |
20 | Upaya pemuda untuk melakukan bela negara dalam mengisi kemerdekaan yang dapat dilakukan di lingkungan masyarakat yaitu … | |
A | Berziarah ke taman makam pahlawan | |
B | Aktif dalam kegiatan karang taruna | |
C | Membantu tetangga yang membutuhkan bantuan | |
D | Aktif mendengarkan penjelasan guru di kelas | |
E | Menjadi petugas upacara | |
21 | Ancaman terhadap Negara bisa bermacam-macam, salah satunya invasi. Invasi dapat dilakukan oleh negara lain dengan tujuan … | |
A | Menyerang dan menduduki wilayah negara lain | |
B | Membantu negara lain untuk meredakan konflik | |
C | Menguasai rakyat yang ada di dalam suatu negara | |
D | Memudahkan negara penjajah mengatur negara jajahannya | |
E | Memberikan bantuan kepada negara korban perang | |
22 | Lunturnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat menjadi indikator adanya ancaman nonmiliter berdimensi ideologi. Sikap yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi ancaman tersebut adalah … | |
A | menghafalkan isi teks Pancasila secara sistematis | |
B | menyanyikan lagu nasional “Garuda Pancasila” sebagai penyemangat | |
C | mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | |
D | memahami makna setiap sila Pancasila secara terperinci | |
E | mempelajari sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara | |
23 | Perilaku yang mencerminkan kecintaan terhadap tanah air adalah … | |
A | memperkenalkan kesenian daerah ke luar negeri | |
B | menolak budaya asing | |
C | rajin belajar demi menjadi ilmuwan | |
D | mengembangkan paham etnosentrisme dalam pergaulan | |
E | menganggap budaya asing lebih rendah | |
24 | Pelaksanaan upacara bendera merupakan salah satu strategi menumbuhkan sikap … | |
A | Etnosentrisme | |
B | Ekstrimisme | |
C | Fanatisme | |
D | Chauvinisme | |
E | Nasionalisme | |
25 | Setiap orang dapat berpartisipasi dalam rangka menjaga keutuhan nasional. Bentuk perbuatan yang mencerminkan komitmen menjaga keutuhan nasional dalam lingkungan sekolah adalah … | |
A | Cinta membaca buku di perpustakaan | |
B | Sabian mengembalikan buku kepada Florence | |
C | Anargya berangkat sekolah pagi-pagi | |
D | Siswa mengikuti pemilihan ketua kelas secara tertib | |
E | Siswa kelas X mengadakan kunjungan ke kantor pengadilan | |
26 | Ancaman berlatar belakang SARA dapat di minimalisasi oleh masyarakat dengan cara … | |
A | menumbuhkan semangat kedaerahan | |
B | menerapkan toleransi dalam lingkungan kehidupan | |
C | memperberat sanksi bagi pihak yang berkonflik | |
D | segera membuat aturan tentang tindak pelanggaran yang belum diatur undang-undang | |
E | membentuk panitia khusus terkait konflik berlatar belakang SARA | |
27 | Penguatan keamanan dan ketahanan siber oleh BSSN merupakan strategi dalam mengatasi ancaman di bidang … | |
A | Ideologi | |
B | teknologi informasi | |
C | sosial budaya | |
D | ekonomi | |
E | Politik | |
28 | Illegal fishing dan masuknya kapal perang Malaysia ke perairan Laut Cina Selatan merupakan contoh ancaman militer berupa … | |
A | pemberontakan bersenjata | |
B | Sabotase | |
C | Agresi | |
D | Spionase | |
E | pelanggaran wilayah | |
29 | Pemberontakan yang memiliki tujuan mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komonisme dilakukan oleh … | |
A | Permesta | |
B | PRRI | |
C | gerakan 30S/PKI | |
D | gerakan Aceh Merdeka | |
E | gerakan DI/TII | |
30 | Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak keberadaan Terorisme, PKI, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena berdampak pada … | |
A | Integrasi nasional | |
B | Ancaman bangsa | |
C | Tantangan bangsa | |
D | Hambatan bangsa | |
E | Disintegrasi bangsa |
Demikian artikel Latihan Soal PTS PPKn yang saya buat semoga bermanfaat.