Latihan Soal Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer

Latihan Soal Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Latihan Soal Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.

 

1. Dalam ergonomi, prinsip yang berkaitan dengan suatu keadaan yang dapat mendukung tubuh agar dapat bekerja dengan efektif adalah:

a. Fisiologi

b. Anatomi

c. Fiskal

d. Kognitif

 

2. Dalam ergonomi, prinsip yang bertujuan untuk memberikan petunjuk untuk bekerja dalam alam akal pemikiran adalah:

a. Anatomi

b. Kognitif

c. Fiskal

d. Fisiologi

 

3. Dalam interaksi manusia dengan mesin (gadget), dibutuhkan perancangan untuk mengoptimalkan penggunaan, baik dari segi desain ataupun sistem, hal ini disebut:

a. Taksonomi

b. Ergonomi 

c. Anatomi

d. Fisiologi

 

4. Di bawah ini adalah tujuan HCI dalam mengembangkan dan meningkatkan sistem, kecuali:

a. Utilitas

b. Efisiensi

c. Keamanan

d. Kenyamanan

 

5. Di bawah ini merupakan kriteria user friendly, kecuali:

a. Mudah diakses

b. Memiliki design yang bagus

c. Pengguna merasa senang ketika menggunakan software

d. Mudah dipelajari secara efisien

 

6. Dibawah ini adalah pertanyaan penting dalam HCI dalam membangun suatu sistem, kecuali:

a. Bagaimana cara menguji suatu desain?

b. Bagaimana sistem dapat digunakan oleh user?

c. Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah sistem?

d. Bagaimana membangun suatu sistem?

 

7. HCI adalah singkatan dari:

a. Human Computer Interaction

b. Human Computer Innovation

c. Human Computer Interface

d. Human Computer Intelligence

 

8. Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat kebiasaan baiknya agar dapat memaksimalkan hubungan mesin dengan manusia, dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu:

a. Design

b. Psikologi

c. Anatomi

d. Fisiologi

 

9. Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan tubuhnya agar dapat memaksimalkan hubungan antara manusia dan mesin, dapat didapatkan dengan mempelajari:

a. Design

b. Psikologi

c. Anatomi

d. Fisiologi

 

10. Mengapa seorang designer atau programer tidak boleh merasa puas meskipun sistem yang dia bangun telah memuaskan dirinya sendiri:

a. Karena sistem sudah sangat baik

b. Karena kebutuhan pengguna tidak perlu ditanyakan

c. Karena desain dasar adalah yang utama

d. Karena setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda 

 

11. Pada tahun berapa istilah user interface ditemukan?

a. Pertengahan 1973

b. Awal 1972

c. Awal 1971

d. Awal 1970

 

12. Pengaturan kecerahan (brightness) pada layar laptop atau PC merupakan aspek ergonomik yang berhubungan dengan:

a. Kesehatan dan Keamanan kerja

b. Sistem pencahayaan

c. Stasiun Kerja

d. Kebiasaan dalam bekerja

13. Penggunaan keyboard yang sesuai dengan bentuk lekuk tangan merupakan aspek ergonomik yang berhubungan dengan:

a. Sistem pencahayaan

b. Stasiun Kerja

c. Kesehatan dan Keamanan kerja

d. Kebiasaan dalam bekerja 

 

14. Saat membuat sebuah produk yang ergonomi kita harus memahami aspek:

a. Anatomi, Fisiologi, Psikologi, Engineering, Manajemen, dan Design 

b. Anatomi, Fisiologi, Psikologi, Engineering, Manajemen, Ekonomi dan Design

c. Fisologi, Psikologi, Manajemen dan Design

d. Anatomi, Psikologi, Engineering, Manajemen, Ekonomi dan Design

15. Teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC) memiliki tujuan untuk:

a. Komputer yang ringan dengan harga terjangkau

b. Komputer yang memiliki ukuran minimalis

c. Komputer dengan kapasitas menyimpan yang besar dengan harga terjangkau

d. Komputer yang memiliki kapasitas terbatas dengan harga terjangkau

Demikian artikel Latihan Soal Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer yang saya buat semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.