Latihan Soal PTS Geografi Kelas 11 Semester 2 dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Latihan Soal PTS Geografi Kelas 11 Semester 2. Karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.
1 |
Ilmu yang mempelajari tentang kependudukan disebut demografi. Fenomena yang dapat dianalisis dengan demografi adalah . . . . |
|
|
A |
Hasil pertanian belum mampu memenuhi kebutuhan nasional |
|
B |
Demo buruh menuntut kenaikan upah selalu terjadi setiap tahun |
|
C |
Sarana dan prasarana transportasi terus diperbaiki pada akhir tahun |
|
D |
Pemilihan kepala daerah dilaksanakan serentak di beberapa provinsi |
|
E |
Pemerintah mengupayakan program transmigrasi bagi penduduk di Pulau Jawa |
2 |
Dinamika kependudukan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Medam, dan Surabaya, sangat tinggi. Hal tersebut dipengaruhi faktor kependudukan, yaitu . . . . . |
|
|
A |
Kematian dan kelahiran |
|
B |
Pendidikan dan migrasi |
|
C |
Kesehatan dan remigrasi |
|
D |
Migrasi dan kelahiran |
|
E |
Kelahiran dan urbanisasi |
3 |
Tingkat kematian penduduk di negara berkembang lebih tinggi daripada Negara maju. Kondisi tersebut dapat terjadi karena di Negara maju memiliki . . . . |
|
|
A |
Kualitas pendidikan masyarakat yang lebih tinggi |
|
B |
Jaminan asuransi kesehatan yang lebih mudah dijangkau |
|
C |
Penduduk yang lebih memperhatikan pola hidup sehat |
|
D |
Program untuk meminimalisasi dampak dinamika kependudukan |
|
E |
Pemerintah yang menjamin ketersediaan pangan nasional |
4 |
Sensus yang hanya dilakukan pada penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah sensus disebut . . . . . |
|
|
A |
Sensus de jure |
|
B |
Sensus de facto |
|
C |
Sensus sampel |
|
D |
Registrasi penduduk |
|
E |
Survei penduduk |
5 |
Adiba adalah sarjana dari salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Dia mencari pekerjaan ke Jepang dan diterima sebagai pegawai di salah satu perusahaan. Selama sepuluh tahun dia menetap di Jepang dan belum berpikir untuk pulang kembali ke Indonesia, apalagi dia sudah menikah dengan orang Jepang. Pola pergerakan penduduk yang dilakukan Adiba disebut . . . . . |
|
|
A |
Imigrasi |
|
B |
Rulalisasi |
|
C |
Remigrasi |
|
D |
Emigrasi |
|
E |
Transmigrasi |
6 |
Indeks pembangunan manusia(IPM) Negara-negara di dunia mampu mencerminkan kualitas negaranya. Indicator yang digunakan dalam analisis tersebut adalah . . . . . |
|
|
A |
Sumber daya alam, kesehatan, dan pendapatan Negara |
|
B |
Angka kelahiran, angka kematian, dan migrasi penduduk |
|
C |
Pendapatan per kapita, pendidikan, dan angka melek huruf |
|
D |
Usia harapan hidup, jenis pekerjaan, dan angka melek huruf |
|
E |
Lama sekolah, usia harapan hidup, dan pendapatan per kapita |
7 |
Perhatikan gambar piramida penduduk berikut!
Suatu wilayah memiliki piramida penduduk seperti pada gambar. Upaya paling tepat untuk mengantisipasi permasalahan yang muncul adalah . . . . . |
|
|
A |
Penyediaan fasilitas pendidikan dan lapangan pekerjaan |
|
B |
Penambahan lapangan kerja dan fasilitas kesehatan |
|
C |
Pembangunan prasarana transportasi dan rumah murah |
|
D |
Penambahan fasilitas kesehatan dan sarana transportasi |
|
E |
Memperbanyak fasilitas pendidikan dan pemberantasan penyakit |
8 |
Angka kelahiran yang terus meningkat berdampak pada ketersediaan pangan. Hubungan tersebut ditunjukkan oleh pernyataan . . . . . |
|
|
A |
Bayi lahir hidup akan meningkatkan angka beban tanggungan keluarga untuk memenuhi kebutuhan pangan |
|
B |
Kebutuhan makanan bergizi seimbang meningkat seiring pertambahan angka kelahiran |
|
C |
Jumlah penduduk meningkat mempengaruhi masyarakat dalam mengakses pangan |
|
D |
Jumlah penduduk bertambah akan mempengaruhi luas lahan produktif untuk permukiman |
|
E |
Jumlah penduduk meningkat mendorong perkembangan industri di lahan produktif |
9 |
Jumlah penduduk di Desa Kandanghaur pada tahun 2019 sebanyak 1.200 jiwa, dari jumlah tersebut terdapat 800 jiwa diantaranya termasuk penduduk usia produktif. Berapakah angka beban ketergantungan desa tersebut . . . . . |
|
|
A |
40 jiwa |
|
B |
50 jiwa |
|
C |
55 jiwa |
|
D |
60 jiwa |
|
E |
65 jiwa |
10 |
Perhatiakan faktor-faktor berikut!
Faktor pronatalitas ditunjukkan oleh angka . . . . . |
|
|
A |
1), 2), dan 3) |
|
B |
1), 3), dan 5) |
|
C |
2), 3), dan 4) |
|
D |
2), 3), dan 5) |
|
E |
3), 4), dan 5) |
11 |
Registrasi penduduk memiliki kelemahan. Kelemahan metode registrasi penduduk adalah . . . . . |
|
|
A |
Pertumbuhan penduduk tidak terkontrol |
|
B |
Tingkat partisipasi masyarakat rendah |
|
C |
Birokasi pengurusan rumit |
|
D |
Memerlukan biaya yang mahal |
|
E |
Banyak penduduk bermigrasi |
12 |
Perhatikan dampak mobilitas penduduk berikut.
Dampak negatif bagi daerah yang dituju ditunjukkan nomor . . . . . |
|
|
A |
1), 2), dan 3) |
|
B |
1), 3), dan 5) |
|
C |
2), 3), dan 5) |
|
D |
2), 4), dan 5) |
|
E |
3), 4), dan 5) |
13 |
Luas wilayah Desa Sukareja sekitar 600 km 2 . sebagian besar wilayahnya berupa lahan pertanian dengan luas 400 km2. Jumlah penduduk Desa Sukareja 3.200 jiwa, dari jumlah tersebut sebanyak 2.800 jiwa berprofesi sebagai petani. Kepadatan penduduk agraris Desa Sukareja adalah . . . . . |
|
|
A |
5 jiwa/km2 |
|
B |
6 jiwa/km2 |
|
C |
7 jiwa/km2 |
|
D |
8 jiwa/km2 |
|
E |
9 jiwa/km2 |
14 |
Bonus demografi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Modal manusia merupakan salah satu aspek pendukungnya. Dengan demikian, upaya yang tepat dalam memanfaatkan peluang bonus demografi berdasarkan aspek tersebut adalah . . . . . |
|
|
A |
Melaksanakan pendidikan yang berorientasi pada persiapan memasuki dunia kerja |
|
B |
Menunjuk lembaga perbankan untuk menyediakan kredit usaha rakyat |
|
C |
Memberlakukan masa pension bagi penduduk usia 65 tahun ke atas |
|
D |
Mengurangi jumlah angkatan kerja pada sektor pertanian di perdesaan |
|
E |
Mengurangi angka kematian bayi dan menurunkan tingkat kelahiran bayi |
15 |
Menurut data sensus kota X diketahui jumlah natalitas 100.000 jiwa dan mortalitas 50.000 jiwa. Sementara itu emigrasi 10.000 jiwa dan imigrasi 5.000 jiwa. Berapakah angka pertumbuhan penduduk alaminya ? |
|
|
A |
15.000 jiwa |
|
B |
50.000 jiwa |
|
C |
55.000 jiwa |
|
D |
40.000 jiwa |
|
E |
150.000 jiwa |
16 |
Perhatikan upaya-upaya pemerintah berikut!
Upaya pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan penduduk Indonesia ditunjukkan oleh angka . . . |
|
|
A |
1), 2), dan 3) |
|
B |
1), 2), dan 4) |
|
C |
2), 3), dan 4) |
|
D |
2), 4), dan 5) |
|
E |
3), 4), dan 5) |
17 |
Pertumbuhan penduduk di negara maju lebih rendah daripada di negara berkembang. Faktor utamanya karena angka kelahiran di negara maju relatif rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh . . . . . |
|
|
A |
Anggapan banyak anak sebagai beban |
|
B |
Tidak ada jaminan kesehatan gratis |
|
C |
Perempuan usia produktif memilih berkarier |
|
D |
Biaya hidup di negara maju tinggi |
|
E |
Penduduk belum mengenal program keluarga berencana |
18 |
Berdasarkan data yang dirilis oleh WHO, sampai pertengahan Oktober 2020 jumlah korban meninggal akibat pandemic Covid-19 mencapai 1,07 juta jiwa. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat jika tidak segera ditemukan vaksin. Antimortalitas yang relevan dengan kasus tersebut adalah . . . |
|
|
A |
Penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat |
|
B |
Penambahan peran pemerintah dalam menyosialisasikan protokol kesehatan |
|
C |
Pemberlakuan kebijakan pemerintah daerah membatasi aktivitas masyarakat |
|
D |
Peningkatan penggunaan iptek terutama dalam bidang kedokteran dan farmasi |
|
E |
Pengembangan apotek hidup untuk tindak pencegahan virus Covid-19 |
19 |
Perhatikan teknik pertanian pada gambar di bawah ini ! Budi daya tanaman padi membutuhkan proses pengairan yang baik, salah satunya teknik pertanian seperti pada gambar. Pengelolaan lahan pertanian tersebut menunjukkan wujud kebudayaan yang didorong faktor geografis berupa . . . |
|
|
A |
Ketersediaan air rendah karena daerah kering |
|
B |
Garis pantai panjang dan daerah pesisir yang luas |
|
C |
Kondisi topografi lahan pertaniaan yang beragam |
|
D |
Curah hujan rendah di daerah pertaniaan yang luas |
|
E |
Tingginya aktivitas vulkanisme di sekitar lahan pertaniaan |
20 |
Perhatikan gambar rumah adat berikut! Rumah adat Suku Karowai dibangun di atas pohon dengan ketinggian 15 sampai 50 meter dari permukaan tanah. selain mengandung makna filosofis yang telah melekat pada masyarakat adat, bentuk kebudayaan ini menunjukkan kemampuan masyarakat untuk . . . |
|
|
A |
Mengembangkan pertanian lahan basah |
|
B |
Memudahkan bagian bawah untuk lahan pertanian |
|
C |
Melindungi dari serangan hewan buas |
|
D |
Mengubah alih fungsi hutan untuk perkebunan |
|
E |
Melindungi dari kebanjiran |
21 |
Keragaman kebudayaan masyarakat di Indonesia merupakan hasil cipta yang tidak dapat dimungkiri. Jika keragaman tersebut disikapi dengan cara yang salah, dampaknya adalah . . . . . |
|
|
A |
Perbedaan antarkebudayaan daerah tinggi |
|
B |
Interaksi antarkelompok masyarakat intensif |
|
C |
Jenis mata pencaharian penduduk homogen |
|
D |
Perkembangan kesenian daerah meluas |
|
E |
Potensi konflik antardaerah meningkat |
22 |
Sebagian penduduk madura melakukan migrasi ke daerah Jawa Timur. Migrasi dilakukan karena tanah di wilayah Madura kurang subur. Migrasi tersebut mendorong terbentuknya kebudayaan Pandalungan di Jawa Timur bagian paling timur. Pembentukan kebudayaan tersebut didorong oleh faktor . . . . . |
|
|
A |
Sikap masyarakat |
|
B |
Kebijakan pemerintah |
|
C |
Norma dan kebiasaan |
|
D |
Kondisi fisk lingkungan |
|
E |
Akulturasi budaya |
23 |
Tradisi sedekah laut diselenggarakan oleh masyarakat pesisir di Indonesia. Tradisi ini mempunyai nilai filosofis sebagai wujud rasa syukur. Masyarakat juga melestarikan cara penangkapan ikan tradisional yang diwariskan oleh para pendahulunya. Tindakan tersebut berdampak positif bagi lingkungan yaitu . . . . . |
|
|
A |
Memberikan ruang untuk reklamasi |
|
B |
Mengurangi abrasi di daerah pesisir |
|
C |
Meningkatkan jumlah tangkapan ikan |
|
D |
Menambah pendapatan para nelayan |
|
E |
Menjaga kelestarian ikan dan biota laut |
24 |
Daerah pesisir biasanya lebih mudah mengalami pembauran kebudayaan. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh . . . . . |
|
|
A |
Aktivitas ekonomi sekitar pelabuhan di daerah pesisir |
|
B |
Morfologi dataran rendah di daerah pesisir |
|
C |
Pulau-pulau kecil di daerah pesisir |
|
D |
Pendapatan penduduk di daerah pesisir |
|
E |
Sistem kemasyarakatan yang kurang terbuka |
25 |
Perhatikan pernyataan berikut!
Pernyataan yang tepat mengenai produk ekonomi kreatif ditunjukkan oleh angka . . . . . |
|
|
A |
1), 2), dan 3) |
|
B |
1), 2), dan 4) |
|
C |
1), 3), dan 5) |
|
D |
2), 4), dan 5) |
|
E |
3), 4), dan 5) |
26 |
Indonesia memiliki potensi pariwisata beraneka ragam. Contoh pariwisata berbasis kebudayaan adalah . . . . . |
|
|
A |
Candi Borobudur di Magelang |
|
B |
Pantai Bunaken di Sulawesi Utara |
|
C |
Gunung Kerinci di Jambi |
|
D |
Hutan mangrove di Yogyakarta |
|
E |
Danau Segara Anak di Nusa Tenggara Barat |
27 |
Angklung merupakan alat musik yang telah diakui UNESCO sebagai hasil budaya Indonesia. Keunikan yang mebuat angklung terdaftar di UNESCO sebaga karya agung warisan budaya lisan nonbedawi buatan manusia adalah . . . . . |
|
|
A |
Alat musik sederhana dan mudah dimainkan |
|
B |
Alat musik elegan, tetapi harganya terjakau |
|
C |
Alat musik bernada ganda terbuat dari bambu |
|
D |
Alat musik yang saat ini sudah haampir punah |
|
E |
Alat musik yang jumlah pemainya banyak |
28 |
Pada era modern ini interaksi global semakin mudah dilakuka. Dampak positif interaksi global terhadap budaya nasional adalah . . . . . |
|
|
A |
Jumlah wisatawan domestik meningkat |
|
B |
Eksistensi kebudayaan Indonesia meningkat |
|
C |
Eksplorasi sumber daya alam meningkat |
|
D |
Jumlah investor asing menigkat |
|
E |
Emigrasi penduduk meningkat |
29 |
Gaya arsitektur atap rumah di wilayah pesisir dan pegunungan berbeda, atap rumah di daerah pegunungan lebih rendah dibandingkan wilayah pesisir. Kenyataan tersebut menunjukkan faktor pembentuk kebudayaan dari sisi . . . . . |
|
|
A |
Sejarah |
|
B |
Geografi |
|
C |
Ekonomi |
|
D |
Religius |
|
E |
Keterbukaan |
30 |
Pembauran dua atau lebih kebudayaan yang ditandai dengan hilangnya kebudayaan asli dan terbentuknya suatu kebudayaan yang baru disebut . . . . . . |
|
|
A |
Difusi |
|
B |
Akulturasi |
|
C |
Amalgamasi |
|
D |
Imitasi |
|
E |
Asimilasi |
Demikian artikel Latihan Soal PTS Geografi Kelas 11 Semester 2 yang saya buat semoga bermanfaat.