Latihan Soal PTS Sejarah Indonesia Kelas 11 dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Latihan Soal PTS Sejarah Indonesia Kelas 11. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.
1 | Pendudukan Jepang di Indonesia mengakhiri kolonialisme Belanda. Periode pendudukan Jepang di Indonesia tersebut resmi dimulai… | |
A | Penandatanganan Kapitulasi Kalijati | |
B | Penguasaaan Jepang atas Batavia | |
C | Pendaratan tentara Jepang di Tarakan, Kalimantan | |
D | Keberhasilan Jepang mengahncurkan Pearl Harbour | |
E | Keberhasilan tentara Jepang menduduki kota-kota di Pulau Jawa | |
2 | Pada awal kedatangannya di Indonesia, Jepang menyampaikan propagandanya kepada rakyat Indonesia. Tujuan propaganda yang disampaikan jepang adalah… | |
A | Menciptakan kemakmuran bersama | |
B | Menarik simpati bangsa Indonesia | |
C | Mengatur pemerintahan di Indonesia | |
D | Mengawasi pemerintahan Hindia Belanda | |
E | Mengambil alih kekuatan Hindia Belanda | |
3 | Salah satu faktor internal yang turut mempermudah masuknya Jepang ke Indonesia adalah… | |
A | Kemenangan Jepang terhadap Rusia tahun 1905 | |
B | Masuknya paham-paham baru ke Indonesia | |
C | Lemahnya tentara Belanda di Indonesia pada saat jepang masuk | |
D | Kurangnya kesadaran bangsa Indonesia akan makna persatuan dan kesatuan | |
E | Keyakinan bangsa Indonesia terhadap kemampuan Jepang sebagai pemimpin bangsa Asia | |
4 | Gerakan Tiga A dibentuk oleh pemerintahan Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia. Upaya yang dilakukan Gerakan Tiga A untuk menarik simpati bangsa Indonesia adalah… | |
A | Membubarkan organisasi pergerakan masa kolonial Belanda | |
B | Membubarkan organisasi pergerakan muslim di Indonesia | |
C | Menyebarkan propaganda Jepang melalui media massa | |
D | Mengakomodasi pembentukan organisasi pergerakan lainnya | |
E | Memberi kesempatan kepada rakyat ikut dalam pemerintahan | |
5 | Putera memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dipertanggungjawabkan kepada pemerintah jepang. Salah satu kewajiban Putera adalah… | |
A | Membangun pusat pelatihan kemiliteran untuk pemuda | |
B | Membangun pusat pelatihan kemiliteran untuk pemuda | |
C | Membangun kerja sama dengan bangsa-bangsa barat | |
D | Memperkuat rasa persaudaraan Jepang-Indonesia | |
E | Menyebarluaskan penggunaan bahasa Indonesia | |
6 | Salah satu kebijakan Jepang yang ditentang oleh masyarakat Indonesia adalah kebijakan Seikerei. Masyarakat Indonesia menentang kebudayaan tersebut karena… | |
A | Seikerei dinilai tidak efektif dalam menyebarkan propaganda Jepang | |
B | Masyarakat menganggap seikerei berlawanan dengan adat lokal | |
C | Hanya orang-orang bangswan yang boleh melakukan seikerei | |
D | Seikerei dinilai mirip dengan kebijakan kolonial | |
E | Seikerei dinilai bertentangan dengan ajaran Islam | |
7 | Heiho merupakan organisasi militer yang dibentuk Jepang di Indonesia dengan tugas militer yang lebih berat dibandingkan dengan organisasi militer lainnya. Hal ini bertujuan untuk… | |
A | Persiapan latihan militer dilakukan sehari penuh | |
B | Proses seleksi anggota heiho berlangsung lama dan panjang | |
C | Anggota heiho dipersiapkan sebagai pengganti pasukan Jepang | |
D | Pasukan heiho ditempatkan dalam barisan terdepan dalam perang | |
E | Anggota heiho dipersiapkan sebagai pemimpim pasukan perang | |
8 | Jepang menganggap pembentukan Putera gagal membantu Jepang dalam usaha pengerahan rakyat. Putera justru menguntungkan bangsa Indonesia karena…. | |
A | Mengerahkan rakyat Indonesia untuk berbalik melawan Jepang | |
B | Menggerakan rakyat untuk merebut senjata milik pasukan Jepang | |
C | Mewujudkan rencana kemerdekaan sesuai tujuan pergerakan nasional | |
D | Mempersiapkan rakyat secara mental untuk meraih kemerdekaan Indonesia | |
E | Merebut hati rakyat rakyat untuk mendukung perjuangan golongan nasionalis | |
9 | K.H Zainal Mustafa dan rakyat Singaparna berusaha mengusir Jepang dari wilayahnya dengan melakukan perlawanan. Upaya rakyat Singaparna dalam perlawanan tersebut adalah… | |
A | Menghentikan penyetoran wajib padi dan jagung | |
B | Membentuk pasukan tempur Sukamanah | |
C | Melakukan mogok kerja diperkebunan Jepang | |
D | Membom gudang persenjataan milik Jepang | |
E | Mengadakan perang gerilya | |
10 | Perlawanan rakyat Blitar terhadap Jepang tidak dapat dilepaskan dari peran Shodancho Supriadi. Ia memimpin perlawanan rakyat Blitar dengan cara… | |
A | Menyerang beberapa pos penjagaan Jepang di wilayah Blitar | |
B | Mengambil alih markas utama pasukan militer Jepang di Blitar | |
C | Melakukan sabotase terhadap kawat telepon pemerintah Jepang | |
D | Mengirim mata-mata ke markas utama pasukan militer Jepang di Blitar | |
E | Menjalin kerja sama dengan pasukan Sekutu untuk melawan pasukan militer Jepang | |
11 | Pada masa pendudukan Jepang, aktivitas pendidkan formal di sekolah-sekolah Indonesia mengalami penurunan karena… | |
A | Sekolah hancur karena perang Pasifik | |
B | Pendidikan pemuda terfokus pada militer | |
C | Sekolah dianggap sebagai sumber pemberontakan | |
D | Tidak tersedianya dana untuk pendidikan di Indonesia | |
E | Guru-guru melakukan aksi mogok menuntut kesejahteraan | |
12 | Pada masa pendudukan Jepang rakyat mendapatkan manfaat dari pelatihan militer yang diajarkan oleh Jepang. Pelatihan militer tersebut bermanfaat karena.. | |
A | Rakyat dapat menggantikan peran perwira Jepang | |
B | Senjata milik Jepang diberikan kepada rakyat | |
C | Rakyat Indonesia memiliki bekal kemiliteran | |
D | Pasukan Jepang dapat dikalahkan oleh rakyat | |
E | Rakyat lebih siap menghadapi pasukan sekutu | |
13 | Pada 7 Agutus 1945 Jepang memutuskan membubarkan BPUPKI. Pengambilan kebijakan tersebut dilatarbelakangi oleh… | |
A | Keberhasilan Jepang menarik simpati rakyat Indonesia | |
B | Kegagalan BPUPKI mempersiapkan kemerdekaan Indonesia | |
C | Keanggotaan BPUPKI didominasi oleh orang-orang Indonesia | |
D | Kinerja BPUPKI yang tidak sesuai dengan perkiraan Jepang | |
E | Dasar negara yang dirumuskan BPUPKI tidak sesuai dengan kepentingan Jepang | |
14 | Perhatikan tokoh-tokoh berikut !
Tokoh-tokoh yang menyamapiakn pandangan tentang dasar negara dalam sidang pertama BPUPKI ditunjukan oleh angka… |
|
A | 1, 2 dan 3 | |
B | 1, 3 dan 4 | |
C | 2, 3 dan 4 | |
D | 2, 3 dan 5 | |
E | 3, 4 dan 5 | |
15 | Pemerintah jepang membubarkan Dokuritsu Junbi Cosakai dan menggantinya dengan Dokuritsu Junbi Inkai. Pembentukan Dokuritsu Junbi Inkai dimaksudkan untuk… | |
A | Memberikan penghargaan kepada bangsa Indonesia atas bantuannya kepada Jepang | |
B | Mendesak para pemimpin Indonesia agar segera melaksanakan proklamasi | |
C | Mendesak pemimpin Jepang agar segera memberikan kemerdekaan Indonesia | |
D | Memberikan keleluasan sebagai media antara perantara kekuasaan pemerintahan Jepang | |
E | Menegaskan keinginan Jepang merealisasikan kemerdekaan Indonesia | |
16 | Setelah mengalami banyak kekalahan dalam perang Dunia II, Jepang berusaha menarik dukungan dan simpati rakyat Indonesia. Langkah jepang untuk menarik dukungan tersebut dilakukan dengan cara… | |
A | Menjaga status quo di Indonesia hingga sekutu datang | |
B | Melibatkan Indonesia dalam aliansi militer Jepang di Asia Pasifik | |
C | Menghentikan sistem kerja paksa yang berlaku dipulau Jawa | |
D | Memberikan janji kemerdekaan kepada bagnsa Indonesia | |
E | Memberikan jabatan penting dalam pemerintahan kepada kaum priyai | |
17 | Perhatikan informasi Berikut
A. 1. Krisis pangan di beberapa wilayah kekuasaan Jepang di samudera Pasifik. 2. Jepang kehilangan kekuatan militernya dalam Perang Dunia II 3. Kedudukan Jepang dalam perang dunia II semakin terdesak. B. 1. Kondisi ekonomi Jepang semakin tidak stabil akibat Perang Dunia II. 2. Sekutu berhasil merebut beberapa wilyah kekuasaan Jepang Di Samudera Pasifik 3. Sekutu menjatuhkan bom atom di Kota Nagasaki dan Hiroshima
Faktor yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dalam Perang Dunia II ditunjukan oleh kombinasi |
|
A | A1, A2 dan B1 | |
B | A1, A3 dan B2 | |
C | A2, A3, dan B2 | |
D | A2, B1 dan B2 | |
E | A3, B2 dan B3 | |
18 | Panitia Sembilan merupakan salah satu kelompok yang berperan penting dalamsidang BPUPKI. Tugas Panitia Sembilan adalah…. | |
A | Mengesahkan salah satu rumusan dasar negara | |
B | Menindaklajuti ide-ide tentang perumusan dasar negara | |
C | Menerima penyerahan tanpa syarat pemerintah militer Jepang | |
D | Membahas bentuk negara dan batas negara Republik Indonesia | |
E | Membentuk badan pertahanan dan keamanan Republik Indonesia | |
19 | Pendudukan Jepang di Indonesia membawa dampak positif dalam bidang militer. Salah satu dampak positif kebijakan Jepang dalam bidang tersebut adalah… | |
A | Banyak tangsi dan peralatan militer Jepang dikuasai pejuang Indonesia setelah kemerdekaan | |
B | Nama-nama pemimpin pasukan Jepang digunakan sebagai nama divisi tentara Indonesia | |
C | Strategi perang Jepang digunakan kembali ketika melawan Belanda pascakemerdekaan | |
D | Kemampuan bangsa Jepang membuat senjata nuklir dicontoh oleh bangsa Indonesia | |
E | Pakaian tentara Jepang di jadikan model utama pakaian Tentara Nasional Indonesia | |
20 | Setelah diamankan di Rengasdengklok, pada tanggal 16 Agustus 1945 Soekarno dan Mohammad Hatta diizinkan kembali ke Jakarta oleh golongan muda. Golongan muda mengizinkan Soekarno dan Mohammad Hatta kembali ke Jakarta karena… | |
A | Golongan tua di Jakarta telah siap memproklamasikan kemerdekaan Indonesia | |
B | Golongan muda mendapat desakan dari golongan tua di Jakarta | |
C | Ahmad Soebardjo menjamin kemerdekaan akan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 | |
D | Golongan muda mendapat jaminan dari pasukan Peta yang mendukung kemerdekaan | |
E | Soekarno berjanji akan mengumumkan kemerdekaan Indonesia pada tangga 17 Agustus 1945 | |
21 | Menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, Jepang harus tunduk kepada Sekutu dan tidakan diperkenankan mengubah status Indonesia hingga kedatangan sekutu. Melihat kondisi tersebut, Soekarno menyadari bahwa… | |
A | Kemerdekaan Indonesia berada ditangan pemerintahan Jepang | |
B | Kemerdekaan Indonesia ditentukan setelah kedatangan sekutu | |
C | Indonesia harus menghadapi kedatangan sekutu bersama Jepang | |
D | Kemerdekaan Indonesia harus diusahakan sendiri oleh bangsa Indonesia | |
E | Jepang tidak mampu membantu Indonesia dalam persiapan kemerdekaan | |
22 | Pemerintah tidak setuju dengan rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Jepang berupaya menghalangi pelaksanaan proklamasi kemerdekaan dengan cara… | |
A | Menghalangi pemuda memasuki lapangan ikada | |
B | Mengerahkan pasukan untuk menjaga lapangan ikada | |
C | Melakukan sabotase terhadap perlengkapan upacara proklamasi | |
D | Membawa Soekarno dan Muhammad Hatta ke kediaman Laksamana Meida | |
E | Memblokade jalan menuju kediaman Soekarno di jalan pegangsaan timur | |
23 | Golongan muda menolak usul Soekarno agar naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani oleh seluruh tokoh yang hadir di kediaman Laksamana Meida. Penolakan golongan muda tersebut terjadi karena | |
A | Isi naskah proklamasi dirumuskan berdasarkan keinginan pemerintahan Jepang | |
B | Perumusan naskah proklamasi dihadiri oleh tokoh-tokoh yang pro-Jepang | |
C | Anggota PPKI dinilai oleh golongan muda sebagai tokoh yang pro-Jepang | |
D | Naskah proklamasi disusun dikediaman berkebangsaan jepang | |
E | Golongan muda tidak ingin ada unsur Jepang dalam naskah proklamasi | |
24 | Alasan mendasar golongan muda tidak menghendaki kemerdekaan di lakukan pada tanggal 9 September serta tanpa melibatkan PPKI adalah… | |
A | Tidak adanya jaminan sidang PPKI akan mempercepat pelaksanaan proklamasi | |
B | Kemerdekaan itu hasil perjuangan dan pengorbanan rakyat Indonesia sendiri | |
C | Keyakinan bahwa Jepang tidak akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia | |
D | Adanya kekhawatiran sekutu mengambil alih kekuasaan Indonesia | |
E | Adanya keyakinan bahwa rakyat Indonesia siap melawan Jepang | |
25 | Dalam sidang pertama 18 Agustus 1945, PPKI mengesahkan Soekarno dna Moh. Hatta menjadi presiden dan wakil presiden. Dasar pertimbangan pemilihan tersebut adalah… | |
A | Soekarno-Hatta dianggap sebagai tokoh yang memimpin perjuangan | |
B | Soekarno-Hatta berperan merumuskan naskah proklamasi | |
C | Soekarno-Hatta mampu berdiplomasi dengan pemerintahan Jepang | |
D | Golongan muda menghormati perjuangan Soekarno-Hatta | |
E | Soekarno-Hatta dianggap didukung publik internasional | |
26 | Setelah merdeka, pemerintah Indonesia segera membentuk organisasi ketentaraan. Pembentukan organisai ketentaraan tersebut bertujuan untuk… | |
A | Menyatukan rakyat agar berpartisipasi dalam mempertahankan kemerdekaan | |
B | Mengawal jalannya pemerintahan agar tidak terhambat oleh gangguan luar | |
C | Melindungi rakyat dan mempertahankan dari serangan musuh | |
D | Membantu kinerja pemerintahan selama Komite Nasional belum terbentuk | |
E | Menggantikan organisasi militer kepemudaan yang di bentuk oleh Jepang | |
27 | Tindakan kelompok pemuda menculik Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok bertujuan untuk… | |
A | Mencegah Jepang menangkap kedua tokoh | |
B | Melampiaskan kekecewaan terhadap sikap kooperatif | |
C | Rengasdengklok adalah basis pertahanan rakyat | |
D | Menjauhkan kedua tokoh dari pengaruh Jepang | |
E | Mencegah kedua tokoh dari pengaruh golongan muda yang radikal | |
28 | Sukarni Kartodiwirdjo mengusulkan Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai tokoh yang menandatangani naskah proklamasi kemerdekaan atas nama bangsa Indonesia. Sukarni mengusulakn usul tersebut karena… | |
A | Golongan muda menganggap Soekarno-Hatta sebagai panutan | |
B | Soekarno-Hatta dianggap tokoh sentral bangsa Indonesia | |
C | Soekarno-Hatta berhasil melawan pendudukan Jepang | |
D | Soekarno-Hatta mewakili aspirasi golongan tua | |
E | Soekarno-Hatta mampu berdiplomasi dengan baik | |
29 | Sayuti Melik merupakan tokoh yang memiliki peran penting dalam peristiwa perumusan naskah proklamasi. Peran Sayuti Melik adalah… | |
A | Memerintahkan pemuda di Jakarta untuk berkumpul di kediaman Laksamana Meida | |
B | Mengusulkan tokoh yang dianggap cocok menandatangai naskah proklamasi | |
C | Meminta Ahmad Soebardjo untuk merumuskan naskah proklamasi | |
D | Menuliskan naskah proklamasi pada secarik kertas | |
E | Mengetik naskah proklamasi yang telah selesai dirumuskan | |
30 | Burhanudi Mohammad Diah berperan penting dalam pelaksanaan Proklamasi Kemrdekaan Indonesia. Peran penting tersebut yaitu… | |
A | Memperbanyak naskah proklamasi kemerdekaan dan menyebarkan ke seluruh daerah | |
B | Mengibarkan bendera Merah Putih saat upacara prokalamsi kemerdekaan | |
C | Menyampaikan semabutan dalam upacara proklamasi kemerdekaan | |
D | Memimpin upacara pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan | |
E | Mengetik naskah Proklamasi kemerdekaan Indonesia |
Demikian artikel Latihan Soal PTS Sejarah Indonesia Kelas 11 yang saya buat semoga bermanfaat.