Latihan Soal US Sejarah indonesia dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Latihan Soal US Sejarah indonesia. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.
1 | Pernyataan berikut yang tepat berkaitan dengan ruang yang berhubungan dengan masa reformasi adalah…. | |
A | Penyebab krisis moneter salah satunya adalah utang luar negri yang sangat besar. | |
B | Krisis moneter yang melanda Asia Tenggara sejak bulan Juli 1997 berimbas pada Indonesia | |
C | Mahasiswa dan rakyat mengadakan demonstrasi mencapai puncaknya pada bulan Mei 1998. | |
D | Presiden Soeharto pernah dijuluki sebagai “Bapak Pembangunan” karena dianggap berhasil membangun negara | |
E | Masa orde baru dipenuhi dengan korupsi, kolusi, dan nepotisme hingga menyebabkan runtuhnya perekonomian Indonesia. | |
2 | Rudi merupakan mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukan penulisan sejarah tentang Kerajaan Mataram Kuno menggunakan cara berpikir sinkronik. Untuk menunjukan bahwa penulisannya menggunakan cara berpikir sinkronik, salah satu hal dapat dilakukan Rudi adalah… | |
A | Mengklasifikasikan peristiwa sejarah yang terjadi pada masa Kerajaan Mataram Kuno | |
B | Penulisannya mengutamakan urutan waktu raja-raja Mataram Kuno memerintah | |
C | Penulisannya merupakan gambaran penyempitan unsur ruang sejarah | |
D | Menggunakan metode penelitian sejarah yang benar | |
E | Menyajikan aspek ilmu sosial dalam penulisaannya | |
3 | Perhatikan data-data manusia praaksara berikut.
Berdasarkan data-data tersebut, manusia prakasara yang dimaksud adalah… |
|
A | Homo soloeneis | |
B | Homo floresinesis | |
C | Homo wajakensis | |
D | Pithecantropus erectus | |
E | Meganthropus paleojavanicus | |
4 | J.C van Leur merupakan salah satu ahli yang meneiliti masuknya agama Hindhu-Buddha di Indonesia. Keterangan yang tepat terkait pernyataan J.C van Leur mengenai masuknya agama Hindhu-Buddha di Indonesia adalah… | |
A | Penyebaran agama Hindhu di Indonesia dilakukan oleh kaum Brahmana | |
B | Agama Hindhu yang berkembang di Indonesia dibawa oleh para pedagang | |
C | Kaum prajurit berperan sebagai pembawa agama Hindhu di Indonesia | |
D | Kaum sudra menjadi koloni utama yang menyebarkan agama Hindhu di Indonesia | |
E | Penyebaran Hindhu dan Buddha di Indonesia tidak terlepas dari kegiatan kolonisasi | |
5 | Kerajaan Sriwijaya berhasil menjadi kerajaan maritim terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa. Salah satu faktor yang menyebabkan kejayaan Kerajaan Sriwijaya tersebut adalah… | |
A | Kemampuan Angkatan Laut Sriwijaya menghalau kapal asing di Selat Malaka | |
B | Kebberhasilan Sriwijaya melancarkan ekspedisi militer ke Pulau Jawa | |
C | Keberhasilan Sriwijaya memonopoli perdagangan lada di Sumatra | |
D | Keberhasilan Raja Balaputradewa membangun angkatan militer | |
E | Keruntuhan Kerajaan Funan yang terletak di Indo-Cina | |
6 | Pada masa pemerintahan Raja Kartanegara, Singasari berhasil memajukan sektor perdagangan dan pelayaran. Bukti keberhasilan tersebut adalah… | |
A | Pembangunan pelabuhan di Wilayah Demak, Gresik, Jepara, dan Tuban | |
B | Penguasaan jalur perdagangan dari Selat Malaka hingga Kepulauan Maluku | |
C | Penguasaan pusat-pusat perdagangan di Selat Sunda dan Selat Malaka | |
D | Pemberantasaan perompak dan bajak laut di Laut Jawa | |
E | Penghapusan pajak perdagangan dan bea cukai | |
7 | Pada masa Hindu-Buddha masyarakat dipimpin oleh seorang raja. Pemilihan seorang raja pada masa Hindu-Buddha didasarkan atas…. | |
A | Kesaktian yang dimiliki seseorang | |
B | Kewibawaan dan kepemilikan harta | |
C | Keturunan dari pemimpin sebelumnya | |
D | Kesepakatan berdasarkan musyawarah | |
E | Keputusan dari kaum brahmana | |
8 | Menurut teori Gujarat, islamisasi di Indonesia dilakukan oleh orang-orang Gujarat yang menjalin hubungan dagang dengan masyarakat di Kepulauan Indonesia. Salah satu bukti yang mendukung teori tersebut adalah… | |
A | Keberadaan tradisi Tabot di Bengkulu dan Tabuik di Pariaman | |
B | Corak batu nisan makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik | |
C | Ajaran sufi Wihdatul Wujud yang dikembangkan Syekh Siti Jenar | |
D | Corak batu nisan yang terdapat pada makam Sultan Malik as-Saleh | |
E | Penggunaan gelar Al-Malik oleh raja-raja Kerajaan Samudera Pasai | |
9 | Pada masa pemerintahannya, Sultan Iskandar Muda berhasil mengantarkan Aceh mencapai puncak kejayaan. Keberhasilan Sultan Iskandar tersebut dapat dicapai dengan cara… | |
A | Membangun armada Angkatan Laut yang kuat | |
B | Memonopoli perdagangan lada di Selat Malaka | |
C | Menyerang pangkalan militer Portugis di Malaka | |
D | Mendirikan benteng pertahanan sepanjang Selat Malaka | |
E | Menjalin kerja sama dengan golongan bangsawan dan ulama | |
10 | Perhatikan urain berikut!
Sepeninggal Raden Patah, Kerajaan Demak dipimpin oleh putranya yang bernama Pati Unus. Dalam pemerintahannya. Pati Unus membangun Angkatan Laut yang kuat. Selain itu, Pati Unus berusaha untuk menyerang kedudukan Portugis di Malaka karena dianggap mengganggu aktivitas perdagangan demak Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa … |
|
A | Portugis menjadi ancaman bagi perkembangan kerajaan Islam | |
B | Pati Unus berupaya menjadikan Demak sebagai kerajaan maritim | |
C | Kerajaan Demak brusaha membendung pengaruh asing di Pulau Jawa | |
D | Pati Unus ingin melanjutkan kebijakan yang diterapkan oleh Raden Patah | |
E | Pati Unus ingin melepaskan Kerajaan Demak dari pengaruh Portugis | |
11 | Pada awal perkembangan Islam, para ulama memadukan unsur-unsur bangunan bercorak Islam dengan budaya para-Islam. Tujuam para ulama memadukan unsur-unsur budaya tersebut adalah… | |
A | Mempertahankan budaya pra-Islam yang memiliki nilai tinggi | |
B | Menambah wawasan massyrakat mengenai kebudayaan Islam | |
C | Mengajak masyarakat untuk meniru kebudayaan Islam | |
D | Menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan Islam | |
E | Menarik perhatian masyarakat agar menganut Islam | |
12 | Pertunjukan wayang digunakan sebagai media Islamisasi oleh Wali Sanga. Fakta yang mendasari penggunaan kesenian wayang sebagai media islamisasi ditunjuk kan oleh pernyataan … | |
A | Kesenian wayang dikembangkan oleh Wali Sanga. | |
B | Masyrakat setempat tertarik dengan bentuk wayang | |
C | Kesenian wayang telah ada dan melekat dalam kehiduapn masyarakat | |
D | Wali Sanga sangat memahami kesenian wayang | |
E | Kesenian wayang cocok digunakan untuk menyebarkan ajaran Islam | |
13 | Semboyan gold yang berkembang di Eropa memunculkan merkantilisme. Sesuai paham merkantalisme, kemakmuran suatu negara dinilai dari… | |
A | Luas wilayah yang dimiliki | |
B | Kekuatan angkatan perang | |
C | Kemajuan dalam bidang industri | |
D | Keakyaan logam mulia dan emas | |
E | Tingkat pendapatan rakyat yang tinggi | |
14 | Perhatikan keterangan berikut!
Keterangan tersebut terkait dengan Gurbenur Jendral Belanda yang memerintah dihindia Belanda yaitu… |
|
A | Johannes van den Bosch | |
B | Herman Willem Dandels | |
C | Jan Willem Jansesens | |
D | Johannes van Heutsz | |
E | Van der Capellen | |
15 | Strategi Benteng stesel yang diterapkan Belanda berhasil memenangi perang Diponegoro. Strategi tersebut dilakasanakan dengan cara… | |
A | Membangun benteng di setiap daerah yang berhasil ditaklukan | |
B | Membuat perangkap bawah tanah di setiap benteng milik Belanda | |
C | Membujuk Pangeran Diponegoro berunding di benteng milik Belanda | |
D | Merebut kembali benteng-benteng yang dikuasi pasukan Diponegoro | |
E | Menghancurkan benteng pertahanan pasukan Diponegoro | |
16 | Pada tahun 1870 pemerintah kolonial Belanda menerapkan politik pintu terbuka. Pada praktiknya kebijakan ini tidak lebih baik daripada sistem tanam paksa karena… | |
A | Rakyat dituntut menjual hasil panen kepada pengusaha Tionghoa | |
B | Pihak swasta memonopoli sektor usaha ekonomi rakyat | |
C | Pemerintah memberlakukan berbagai pajak | |
D | Rakyat tetap tidak bisa hidup sejahtera | |
E | Pihak swasta mengutamakan keuntungan | |
17 | Perhatikan informasi berikut ini
Dari informasi diatas manakah yang menunjukan faktor dalam (internal) lahirnya pergerakan nasional di Indonesia… |
|
A | 1, 2 dan 3 | |
B | 1,2 dan 4 | |
C | 2,3 dan 4 | |
D | 2,3 dan 5 | |
E | 3,4 dan 5 | |
18 | Kehadiran Sarekat Islam memicu kekhawatiran pemerintah kolonial Belada terhadap munculnya paham-paham revolusioner. Sikap tersebut ditunjukan oleh pemerintah kolonial melalui… | |
A | Pembuka aktivitas Sarekat Islam tingkat lokal | |
B | Penangkapan tokoh-tokoh pimpinan Sarekat Islam | |
C | Penolakan status badan hukum yang diajukan Sarekat Islam | |
D | Pelarangan surat kabar Oetoesan Hindia yang diterbitkan Sarekat Islam | |
E | Penyusupan ke dalam tubuh Sarekat Islam untuk menciptakan perpecahan | |
19 | Pada awal kedatangannya di Indonesia, Jepang melancarkan bebrbagai propaganda untuk menarik simpati bangsa Indonesia. Salah satu propaganda tersebut dilakukan dengan cara… | |
A | Membebaskan petani dari ketetapan pajak tanah | |
B | Memberikan bantuan dana untuk perbaikan infrastruktur | |
C | Memberi pelatihan militer bagi kaum pemuda usia produktif | |
D | Mengizinkan organisasi pergerakan nasional tetap beraktivitas | |
E | Mengizikan bendera Merah Putih berkibar berdampingan dengan Hinomaru | |
20 | Pendudukan Jepang di Indonesia membawa dampak positif dalam bidang militer. Salah satu dampak positif kebijakan Jepang dalam bidang tersebuut adalah… | |
A | Pakaian tentara Jepang dijadikan model utama pakaian Tentara Nassional Indonesia | |
B | Strategi perang Jepang digunakan kembali melawan Belanda pasca kemerdekaan | |
C | Peralatan militer Jepang dikuasai pejuang Indonesia setelah kemerdekaan | |
D | Nama-nama pemimpin pasukan Jepang digunakan sebagai nama divisi tentara Indonesia | |
E | Kemampuan bangsa Jepang membuat senjata nuklir di contoh oleh bangsa Indonesia | |
21 | Panitia Sembilan merupakan salah satu kelompok yang berperan penting dalam sidang BPUPKI. Tugas panitia Sembilan adalah…. | |
A | Mengesahkan salah satu rumusan dasar negara | |
B | Menindaklanjuti ide-ide tenang rumusan dasar negara | |
C | Menerima penyerahan tanpa syarat pemerintah militer jepang | |
D | Membahas bentuk negara dan batas negara Republik Indonesia | |
E | Membentuk badan perthanan dan keamanan Republik Indonesia | |
22 | Perhatikan wacana berikut!
Golongan muda mengetahui berita menyerahnya Jepang kepada sekutu pada 14 agustus 1945 secara diam-diam melalui siaran radio BBC. Tidak menunggu waktu lama golongan muda segera menyampaikan berita tersebut kepada Soekarno dan Mohamad Hatta. Golongan muda juga mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia, kesimpulan yang tepat dari wacana tersebut adalah… |
|
A | Golongan muda dapat memanffaatkan kedatangan pasukan sekutu untuk mengusir Jepang dari Indonesia | |
B | Soekarno dan Mohammad Hatta mendengar siaran radio BBC mengenai kekalahan Jepang atas saran golongan muda | |
C | Golongan muda mengajak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia | |
D | Golongan muda menganggap berita kekelahan Jepang sebagai momentum yang tepat untuk memproklamasikan kemerdekaan | |
E | Berita kekalahan jepang didengar oleh seluruh masyarakat dunia melalui siaran radio BBC termasuk masyarakat indonesia | |
23 | Pada 9 november sekutu mengeluarkan ultimatum agar para pejuang dan rakyat Surabaya menyerah kepada Sekutu. Peristiwa yang memicu Sekutu mengeluarkkan ultimatum tersebut adalah… | |
A | Pertempuran yang menyebabkan Jendral A.W.S Mallaby terbunuh | |
B | Penculikan para pimpinan Sekutu oleh pemuda | |
C | Pengusiran pasukan Sekutu oleh pemuda | |
D | Perampasan persenjataan Sekutu | |
E | Peledakan markas Sekutu di Surabaya | |
24 | Salah satu hasil perundingan Renville adalah penetapan garis demokrasi van Mook. Penetapan garis demokrasi tersebut menyebabkan… | |
A | Kekuasaan Belanda meliputi seluruh pulau Jawa dan Sumatra | |
B | Republik Indonesia terdiri atas pulau Sumatra hingga Papua | |
C | Wilayah Republik Indonesia mengalami penyempitan | |
D | Kawasan kekuasaan Belanda semakin mengalami penyusutan | |
E | Garis demokrasi van Mook menguntungkan pertahanan Indonesia | |
25 | Hasil konferensi Meja Bundar (KMB) memberikan arti penting bagi perjuangan kedaulatan Indonesia. Fakta yang mendukung pernyataan tersebut adalah… | |
A | Masalah Irian Barat berhasil dibicarakan di KMB | |
B | Tanggungan utang Indonesia dianggap lunas | |
C | Belanda menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat Indonesia | |
D | Indonesia diakui sebagai negara berdaulat dalam bentuk kesatuan | |
E | Belanda mengakui kedaulatan Indonesia meskipun dalam bentuk serikat | |
26 | Pemberontakan PKI di Madiun pada 1948 menjadi ancaman dari dalam negeri pertama yang harus dihadapi pemerintah Indonesia.pemberontakan tersebut diawali dengan… | |
A | Kerusuhan anti komunis di daerah Karisidenan Surakarta | |
B | Kekacauan di daerah perbatasan Jawa Tengah- Jawa Timur | |
C | Pertempuran antara pasukan pro- PKI dan pro republik di Surakarta | |
D | Penolakan Angkatan Darat terhadap ide pembentukan Angkatan kelima | |
E | Perbedaan pendapat antara peerintah dan para pemimpin PKI | |
27 | Pada Januari 1950, di Jawa Barat, Angkatan Perang Ratu Adil ( APRA ) yang dipimpin kapten Raymond Westerling. Latar belakang pemberontakan APRA yang dipimpin oleh Westerling adalah… | |
A | Westerling menolak diadili atas kejahatan pembantaiannya terhadap rakyat Makasar | |
B | Adanya nasionalisasi beberapa perusahaan Belanda oleh pemerintah RI | |
C | Kegagalan Westerling duduk dalam kabinet Republik Indonesia Serikat | |
D | Keinginan Westerling menjadi presiden Republik Indonesia | |
E | Keinginan mempertahankan bentuk negara federal Pasundan | |
28 | Munculnya gerakan Republik Maluku Selatan ( RMS ) yang dipimpin C. R. S Soumokil dilatarbelakangi meluasnya keinginan pembubaran bentuk negara terkait. Upaya pemerintah Indonesia menyelesaikan konflik tersebut secara damai adalah… | |
A | Menjadikan Maluku sebagai pusat pangkalan militer Indonesia Timur | |
B | Mengirimkan misi damai yang dipimpin Johanes Leimena | |
C | Mengangkat C. R. S. Soumkil sebagai mentei dalam negeri RIS | |
D | Mengirim angkatan perang dibawah komando Letkol Slamet Riyadi | |
E | Memberikan otonomi luas dengan membentuk Provinsi Maluku | |
29 | Pada 10 Februari 1958 Letkol Ahmad Husein mengeluarkan ultimatum kepada pemerintah. Isi ultimatum tersebut adalah… | |
A | Kabinet Djuanda harus mundur dalam waktu 5x 24 jam | |
B | Pasukan militer di Sumatera Barat akan memproklamasikan berdirinya PRRI | |
C | Pemerintah harus menindak tegas tokoh- tokoh pro PKI | |
D | Pasukan militer di seluruh Indonesia membentuk dewan- dewan militer | |
E | Pemerintah harus melakukan perlawanan terhadap Belanda dan NICA | |
30 | Mohammad Hatta merupakan salah satu tokoh yang memperjuangkan integrasi bangsa. Keterangan yang tepat terkait pernyataan tersebut adalah… | |
A | Melakukan perjuangan fisik melawan penjajahan Belanda | |
B | Menggagas pembentukan Koperasi Unit Desa | |
C | Membacakan deklarasi Sumpah Pemuda | |
D | Menyebarkan semangat nasionalisme melalui tulisan | |
E | Membentuk banyak organisasi pemuda | |
31 | Sistem pemerintahan Indonesia pada awal kemerdekaan mengalami perubahan dari sistem presidensial menjadi sistem parlementer. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya peristiwa… | |
A | Penetapan maklumat KNIP Nomor 5 tanggal 11 November 1945 | |
B | Penggantian UUD 1945 menjadi ketetapan UUD RIS pada 1949 | |
C | Penetapan maklumat Nomor X pada 16 Oktober 1945 oleh Moh. Hatta | |
D | Pembubaran Republik Indoneia Serikat pada 17 Agustus 1950 | |
E | Perpindahan ibukota ke Yogyakarta pada 14 Januari 1946 | |
32 | Perhatikan keterangan berikut ini!
Faktor- faktor yang melatarbelakangi penyerahan mandat kabinet Natsir kepada Presiden Soekarno ditunjukkan nomor … |
|
A | 1 dan 2 | |
B | 1 dan 3 | |
C | 2 dan 3 | |
D | 2 dan 4 | |
E | 3 dan 4 | |
33 | Permasalahn ekonomi yang harus dihadapi kabinet Ali- Wongso pada masa pemerintahannya adalah utang dan penurunan cadangan devisa negara. Tindakan kabinet Ali- Wongso untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah… | |
A | Meminjam uang kepada Bank Dunia dan ke sejumlah negara maju | |
B | Membatalkan hasil Konferensi Meja Bundar terkait utang Indonesia- Belanda | |
C | Menaikkan pajak perdagangan dan bea cukai di pelabuhan | |
D | Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing | |
E | Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dalam negeri | |
34 | Kabinet Djuanda bentuk pada 1957 tanpa melalui formatur. Kabinet Djuanda juga serin disebut Kabinet Karya karena… | |
A | Kabinet Djuanda mengutamakan kerja lapangan | |
B | Seluruh program kerja kabinet Djuanda menuai kehasilan | |
C | Program utama Kabinet Djuanda mengajak generasi muda berkarya | |
D | Anggota kabinet terdiri atas kader Partai Golongan Karya | |
E | Kabinet disusun berdasarkan konsep Zaken Kabinet | |
35 | Salah satu penyebab ketidakstabilan ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan adalah blokade ekonomi yang diberlakukan Belanda. Aksi Belanda tersebut dilakukan karena… | |
A | Belanda menginginkan mata uang NICA tetap berlaku di Indonesia | |
B | Indonesia membatasi perdagangan dengan pemerintah Belanda | |
C | Belanda ingin melindungi hasil perkebunan miliknya di Indonesia | |
D | Kegiatan eksport import difokuskan untuk negara sealain Belanda | |
E | Investor asing mengambil alih seluruh kegiatan ekonomi | |
36 | Peran Syafrudin Prawiranegara dalam memperbaiki kondisi perekonomian pada masa Demokrasi Liberal adalah… | |
A | Mencanangkan usaha swasembada pangan untuk masyarakat | |
B | Memotong nilai uang senilai Rp2, 5 ke atas hingga nilai setengahnya | |
C | Memberikan pinjaman modal usaha dengan tenggang waktu pembayaran empat tahun | |
D | Menciptakan kerja sama antara pengusaha pribumi dengan pengusaha Tionghoa | |
E | Melenyapkan sikap individualisme di kalangan organisasi pedagang | |
37 | Perhatikan keterangan- keterangan berikut ini!
Demokrasi Terpimpin diawali dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 juli 1959. Latar belakang dikeluarkannya Dekrit Presiden ditunjukkan oleh angka… |
|
A | 1, 2 dan 3 | |
B | 1, 2 dan 4 | |
C | 1, 2 dan 5 | |
D | 2, 3 dan 4 | |
E | 3, 4 dan 5 | |
38 | Pada masa Demokrasi Terpimpin, Presiden Soekarno mengangkat anggota MPRS, DPR- GR, DPAS. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa… | |
A | Presiden Soekarno ingin mengimplementasikan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 | |
B | Anggota MPRS, DPR- GR dan DPAS lama telah habis masa tugasnya | |
C | Indonesia belum mampu menyelenggarakan pemilu yang jujur dan adil | |
D | Anggota MPRS, DPR- GR dan DPAS belum mampu memenuhi aspirasi rakyat | |
E | Kekuasaan Presiden Soekarno telah menyimpang dari ketentuan UUD 1945 | |
39 | United National Temporary Executive Authority ( UNTEA ) merupakan lembaga yang dibentuk setelah perjanjian New York.UNTEA memiliki tugas untuk… | |
A | Memulangkan pasukan Belanda di Irian Barat | |
B | Menjadi penengah dalam perundingan Indonesia- Belanda | |
C | Menjalankan pemerintahan sementara di Irian Barat | |
D | Mengawasi pelaksanaan Penentuan Pendapat Rakyat ( Pepera ) | |
E | Mengakhiri konfrontasi militer antar Indonesia- Belanda | |
40 | Presiden Soekarno menolak keras pembentukan Federasi Malaysia. Penolakan tersebut dilakukan Presiden Soekarno karena… | |
A | Malaysia menolak bergabung dalam pelaksanaan Games of New Emerging Forces | |
B | Pembentukan Federasi Malaysia mengancam keutuhan republik Indonesia | |
C | Negara- negara Asia Tenggara mendukung pembentukan Federasi Malaysia | |
D | Pembentukan Federasi Malaysia dianggap sebagai proyek Neokolonialisme Inggris | |
E | Malaysia telah bergabung menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB | |
41 | Guna mengatasi permasalahan ekonomi dan mendukung program Bappenas, diperkenalkan Dekon. Pernyataan berikut yang tepat terkait tujuan yang ingin dicapai dalam Dekon adalah… | |
A | Merencanakan sistem ekonomi yang tertumpu pada sektor industri | |
B | Menciptakan perekonomian yang terbebas dari sisa- sisa imperialisme | |
C | Menjalin kerja sama untuk menyukseskan politik mercusuar | |
D | Menciptakan kolaborasi ekonomi swasta dan negara yang mantap | |
E | Memaksimalkan nasionalisasi perusahaan- perusahaan Belanda | |
42 | Munculnya Tiga Tuntutan Rakyat ( Tritura ), menandai masa transisi dari Demokrasi terpimpin menuju Orde Baru. Kondisi yang mendorong munculnya Tritura adalah… | |
A | Kebijakan politik luar negeri Presiden Soekarno yang serig memicu konfrontasi | |
B | Keinginan mahasiswa untuk terlibat aktifdalam kegiatan pemerintahan | |
C | Kondisi pemerintahan yang tidak stabil akibat Perang Dingin | |
D | Keterlibatan beberapa menteri dalam pemberontakan G 30 S/ PKI | |
E | Kondisi perekonomian yang memburuk pasca pemberontakan G 30 S/ PKI | |
43 | Tujuan dikeluarkannya kebijakan penyederhanan partai politik oleh pemerintah Orde Baru pada 1971 adalah… | |
A | Menyederhanakan perwakilan daerah yang menjadi DPR | |
B | Mencegah lahirnya kembali kelompok komunis di Indonesia | |
C | Menciptakan stabilitas nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | |
D | Keinginan partai kelompok agama untuk menggalang kekuatan politik baru | |
E | Menghapus aspirasi yang tidak sesuai dengan program pemerintah | |
44 | Proklamasi yang dideklarasikan kelompok UDT dan Aprodeti pada 30 November 1975 menegaskan bahwa timor- Timor…. | |
A | Menjadi bagian Negara Kesatuan Republik indonesia | |
B | Merupakan negara merdeka dan berdulat | |
C | Menjadi negara merdeka dengan nama Timor Leste | |
D | Mempertahankan posisi sebagian negara- negara Portugis | |
E | Menunggu keputusan PBB mengenai status pemerintahan | |
45 | Periode akhir masa Orde Baruditandai dengan krisis kepercayaan. Krisis kepercayaan terhadap pemerintah Orde Baru disebabkan oleh… | |
A | Dominasi pemerintah dalam pelaksanaan pemilu legislatif | |
B | Kegagalan pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat | |
C | Pemerintah selalu menerapkan kebijakan yang menguntungkan | |
D | Pemerintah Orde Baru melakukan banyak penyimpangan terhadap sistem demokrasi | |
E | Dominasi modal asing yang terlalu kuat dalam perekonomian negara | |
46 | Perhatikan pernyataan berikut!
Langkah yang diambil Presiden B. J. Habibie setelah mendapat mandat dari MPR ditunjukkan angka… |
|
A | 1, 2 dan 3 | |
B | 1, 3 dan 4 | |
C | 2, 3 dan 5 | |
D | 2, 4 dan 5 | |
E | 3, 4 dan 5 | |
47 | Sejak menjabat sebagai Presiden, Megawati Soekarnoputri melakukan reformasi dalam bidang hukum, khususnya pencegahan korupsi. Langkah Presiden Megawati Soekarnoputri dalam mengatasi kasus korupsi di Indonesia dilakukan dengan cara… | |
A | Menjatuhkan hukuman mati bagi koruptor | |
B | Memberikan pendidikan anti korupsi pada jenjang sekolah | |
C | Menambah anggaran untuk mengatasi kasus korupsi | |
D | Menambah hakim tindak pidana korupsi di setiap pengadilan | |
E | Membentuk komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) | |
48 | Gerakan separatis yang terjadi di Papua tidak pernah padam. Langkah yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono- Jusuf Kalla untuk meredakan gerakan separatisme di Papua adalah… | |
A | Menyelesikan masalah secara damai dengan mengadakan dialog dan pendekatan persuasif | |
B | Melaksanakan referendum di Papua sesuai tuntutan kelompok separatis | |
C | Membangun infrastruktur modern untuk menarik simpati kelompok separatis | |
D | Meminta bantuan PBB dan organisasi internasional dalam menyelesaikan separatisme di Papua | |
E | Menerbitkan instrusi pelaksanaan operasi militer yang melibatkan TNI dan Polri | |
49 | Konferensi Asia Afrika ( KAA ) dan Gerakan Non Blok ( GNB ) memiliki keterkaitan erat. Keterkaitan antara Konferensi asia Afrika ( KAA ) dan Gerakan Non Blok ( GNB ) adalah… | |
A | Seluruh program kerja GNB diimplementasikan dalam KAA | |
B | GNB merupakan organisasi tandingan untuk menyaingi eksistensi KAA | |
C | Negara yang tidak mengikuti KAA kemudian membentuk GNB untuk mengakomodasi tujuannya | |
D | Landasan pemikiran Dasasila Bandung dlam KAA menjadi tonggak pembentukan GNB | |
E | Salah satu hasil GNB adalah pembentukan KAA yang bertujuan meredakan konflik besar dunia | |
50 | Peran sentral Indonesia dalam upaya menyelesaikan masalah konflik di Kamboja dan konflik Kamboja- Vietnam pada 1970-an dilakukan dengan…. | |
A | Mengirimkan pasukan perdamaian ke perbatasan kamboja dan Vietnam dibawah koordinasi PBB | |
B | Mengajak pihak- pihak yang bertikai untuk bertemu dan membahas solusi dalam Jakarta Informal Meeting | |
C | Membawa masalah konflik Kamboja- Vietnam ke dalam KTT ASEAN agar dapat diselesaikan | |
D | Mengutus diplomat untuk menyelesaikan konflik Kamboja- Vietnam secara damai | |
E | Meminta ASEAN memberikan sangsi terhadap Kamboja dan Vietnam |
Demikian artikel Latihan Soal Ujian Sekolah Sejarah indonesia yang saya buat semoga bermanfaat.