Aplikasi Pengolah Kata Mudah Digunakan untuk Pemula

Berbagai aplikasi pengolah kata bisa Anda gunakan untuk membuat tulisan secara digital. Bahkan, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk berbagai pekerjaan, melainkan untuk penelitian hingga mengelola berbagai dokumen.

Jika dulu Anda membuat surat dengan menuliskan pada kertas menggunakan alat tulis, kini Anda bisa membuatnya melalui perangkat digital. Anda hanya perlu mengetikkan kata-kata dan mengatur format yang diperlukan.

Mungkin Anda hanya sering mengenal atau mendengar Microsoft Word yang digunakan untuk mengolah kata. Perlu diketahui kini sudah hadir berbagai aplikasi pengolah kata yang bisa dipilih.

Satu hal menariknya adalah berbagai aplikasi ini bahkan bisa Anda dapatkan dengan gratis melalui internet. Anda tidak perlu membayar lisensi untuk mendapatkannya atau dalam teknisnya bisa disebut dengan GPL.

Sebagai aplikasi penunjang pekerjaan, memiliki beberapa fungsi seperti memproduksi dokumen, mengubah format file hingga desain layout dokumen. Bahkan, Anda bisa menggunakannya untuk mengarsipkan dokumen untuk pekerjaan.

Berbagai Pilihan Aplikasi Pengolah Kata

Berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk keperluan berbagai pekerjaan. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai kegiatan Anda dengan mudah.

1. Microsoft Word

Aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik dalam lingkup aplikasi sejenisnya. Anda bisa leluasa menggunakannya untuk kebutuhan pribadi hingga profesional secara gratis maupun berbayar untuk membeli lisensinya.

2. Microsoft 365

Produk ini merupakan bagian dari Microsoft yang memberikan layanan software produktivitas handal. Jika berlangganan aplikasi ini Anda bisa mengakses dan menyimpan pada cloud yaitu OneDrive.

3. Pages

Aplikasi ini dibuat secara profesional dan hanya tersedia bagi pengguna produk Apple (Mac OS). Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis tetapi belum mendukung semua sistem operasi.

4. Docs To Go

Produk ini sangat layak digunakan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Bahkan aplikasi ini disebut sebagai legend karena sudah digunakan sejak dulu oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga pekerja.

5. Notepad

Notepad hadir sebagai aplikasi native yang secara otomatis akan menjadi sistem bawaan operasi Windows. Bisa digunakan untuk mengolah teks sederhana tanpa memerlukan atribut tambahan dalam penggunaannya.

Beberapa Pilihan Aplikasi Pengolah Kata Lainnya

Selain beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengolah kata yang telah Anda ketahui pada penjelasan tersebut ada beberapa pilihan lainnya. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi untuk pengolahan kata.

1. Google Docs

Memiliki tampilan yang serupa dengan Microsoft Word, kini Google Docs menjadi aplikasi populer di kalangan profesional. Bahkan Anda bisa bekerja bersama dalam satu dokumen yang sama.

2. Ez Word

Ez Word menjadi salah satu yang menjadi saksi perkembangan aplikasi sejenis ini. Awalnya dikembangkan oleh Andrew User Interface System bersama IBM dan Carnegie Mellon University.

3. Open Officer Writer

Jenis sistem pengolah kata yang hadir dengan lisensi General Public License. Hal ini membuatnya bebas digunakan tanpa perlu adanya biaya langganan yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

4. Atlantis Word Processor

Aplikasi ini kalah tenar dengan pesaingnya tetapi cukup layak untuk alternatif pengolah kata. Menariknya bisa digunakan untuk mengolah kata sederhana yang memiliki banyak makna saat dibuat.

5. WPS Writer

Aplikasi ini menjadi salah satu pesaing dari Microsoft Word yang memiliki fitur hampir sama. Biasanya masih digunakan oleh pekerja yang belum bisa membeli lisensi Microsoft Office.

Berbagai aplikasi untuk mengolah kata bisa Anda gunakan dalam keperluan membuat dokumen. Karena hal itulah perlu mengetahui berbagai aplikasi pengolah kata yang sering digunakan untuk membuat dokumen.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.