Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Virtual Reality yang Semakin Mudah Dijangkau

Tahukah Anda jika teknologi Virtual Reality (VR) sudah berkembang jauh sehingga di masa ini peralatannya menjadi mudah untuk dijangkau. Pada dasarnya virtual reality merupakan salah satu teknologi komputerisasi yang menghubungkan Anda ke dalam dunia simulasi.

Sebagaimana yang diketahui jika dunia simulasi juga sering disebut sebagai dunia maya atau virtual. Fungsi utama dari teknologi ini adalah membuat Anda bisa berinteraksi langsung ke salah satu dunia virtual yang sudah diprogram sebagai tempat berwujud 2 atau 3 dimensi. 

Saat terhubung ke dunia virtual, Anda bisa menggerakkan beberapa bagian tubuh seolah sedang berada di dalamnya. Tentu saja para pemain yang ingin bermain di dalam dunia virtual harus memiliki alatnya terlebih dahulu agar bisa berinteraksi secara langsung.

Tahukah Anda jika teknologi Virtual Reality (VR) sudah berkembang jauh sehingga di masa ini peralatannya menjadi mudah untuk dijangkau.

Fungsi Teknologi Virtual Reality di Era Sekarang

Teknologi VR pada dasarnya bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas seperti membantu proses edukasi, menghilangkan phobia seseorang atau mendukung jalannya pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan melalui dunia virtual dengan menyesuaikan keadaan atau program di dalamnya.

Dengan ketiga hal itu, Anda tentunya paham mengapa teknologi VR mengalami perkembangan secara terus menerus. Bahkan dalam dunia hiburan, muncul tren baru yang bernama Vtuber atau virtual Youtuber. Tren ini sangat unik karena menampilkan karakter 2D sebagai sebuah idola.

Tentu dibalik itu semua, peralatannya harus memadai agar aktivitas dan pergerakan tubuh bisa terdeteksi oleh sistem. Dari tampilan wajah sampai jari dan tangan, Vtuber menggunakan alat yang bernama tracker sebagai pendeteksi pergerakan tubuhnya.

Kegunaan Tracker dalam Teknologi Virtual Reality

Seperti namanya, dunia virtual adalah tempat khusus yang telah diprogram untuk menampilkan lingkungan atau suasana umum. Untuk bisa berinteraksi dengan objek, alat bernama track badan atau tracker dibutuhkan supaya pemain bisa menggerakkan tubuhnya di sana.

Tracker bisa berupa sarung tangan, rompi atau beranda khusus yang digunakan untuk bergerak. Biasanya, tracker ini lebih populer di dalam dunia game VR karena pasarannya sangat laku. Game yang bisa dimainkan di dalam VR juga ada banyak seperti petualangan, horror atau FPS.

Nantinya, satu set alat tracker tersebut disambungkan ke sebuah program komputer. Setelah itu, pergerakannya akan terdeteksi dan pemain sudah bisa menggerakkan tubuhnya dengan bebas. Setiap tracker memiliki sensornya masing-masing sehingga Anda perlu memahami penjelasan berikut ini.

Sensor pada Peralatan Teknologi Virtual Reality

Pendeteksi pergerakan pada tubuh atau sensor memiliki bagiannya masing-masing mulai dari kepala hingga kaki. Berikut ini ada 3 alat VR yang bisa Anda dapatkan karena sudah tersebar luas di pasaran global dengan karakteristiknya sendiri-sendiri.

1. Sensor Kepala

Alat pertama yang mudah untuk didapatkan adalah sensor bagian kepala atau sering kita kenal sebagai VR headset. Sensor utama di dalam alat ini biasanya mendeteksi pergerakan kepala berdasarkan pandangan yang ada di dalam dunia virtual. 

2. Sarung Tangan

Selain kepala, sarung tangan juga dibutuhkan untuk mendeteksi pergerakan jari dan tangan pemain. Biasanya, sarung tangan juga digunakan untuk berinteraksi dengan objek sekitar. Hal ini dikarenakan pergerakan tangan dunia virtual terdeteksi dari sensor pada sarung tangan.

3. Controller

Selain sarung tangan, VR juga memiliki Controller sendiri yang berguna untuk bermain game. Fungsi utama dari controller ini bisa seperti menembak, memukul atau menebas. Gerakan-gerakan sederhana bisa terdeteksi dengan menggunakan alat ini.

Ketiga alat di atas merupakan tracker yang umumnya sangat mudah di dapatkan. Meski begitu, masih ada alat lain seperti rompi dan treadmill yang berguna untuk menggerakkan tubuh secara menyeluruh. Namun dari ketiga alat tersebut, Anda sudah dapat menikmati sensasi teknologi Virtual Reality yang sebenarnya.

Posting Komentar untuk "Teknologi Virtual Reality yang Semakin Mudah Dijangkau"