Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Teknologi dari Waktu ke Waktu

Mengetahui sejarah perkembangan teknologi dari waktu ke waktu tentu sangat penting bagi seluruh manusia. Dengan begitu maka manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini akan dapat lebih bersyukur.

Teknologi saat ini tentu telah banyak sekali membantu dan memudahkan keberlangsungan hidup manusia. Bahkan saat ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari alat produk teknologi modern seperti ponsel pintar, tablet, komputer, atau lain sebagainya.

Hal tersebut karena hampir seluruh aspek dalam kehidupan dapat dilakukan melalui teknologi, mulai dari bekerja, belajar, belanja, mencari informasi, alat transportasi, dan lain sebagainya.

Tentu akan menjadi sesuatu hal yang luar biasa ketika kita mengetahui sejarah dari perkembangan teknologi ini. Dengan mengetahui sejarah perkembangannya, Anda juga mungkin dapat lebih bersyukur dan menjadi pengguna teknologi yang cerdas dan bijak.

jika Anda ingin mengetahui sejarah perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, maka perhatikan artikel berikut.

Berikut Sejarah Perkembangan Teknologi dari Waktu ke Waktu

Sebelumnya penting untuk dipahami bahwa teknologi adalah suatu alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dengan memahami hal itu, maka Anda juga tentu bisa dengan mudah memahami sejarah perkembangannya.

1. Teknologi Pertama: 3,3 juta tahun yang lalu

3,3 juta tahun yang lalu merupakan awal mula terciptanya alat tajam untuk memotong atau mengupas seperti pisau. Bedanya, saat itu terbuat dari batu besar dan tidak berbentuk yang pertama kali dipakai oleh nenek moyang Australopitchecus.

Kapal/Perahu Layar: 4000 SM

Kapal layar pertama di dunia berada di Sungai Nil. Hal tersebut karena sungai Nil tidak memiliki ruang sebesar lautan untuk berlayar bebas, kapal layar ini juga mempunyai dayung untuk navigasi.

2. Kompas: 1044

Sejarah perkembangan teknologi dalam sebuah buku Cina tergambar cara tentara menemukan jalan mereka dengan memakai sepotong besi magnet berbentuk ikan yang mengambang di semangkuk air ketika langit terlalu mendung untuk melihat bintang-bintang di tahun 1044.

3. Jam Mekanis: 1250-1300

Jam air dan jam pasir telah eksis selama berpuluh-puluh tahun, tapi jam mekanis pertama mulai muncul di Eropa menjelang akhir abad ke-13 dan dipakai di daerah katedral untuk menandai waktu ketika hari kebaktian akan diselenggarakan.

4. Fotografi: 1826/1827

Nicephore Niepce sangat senang memakai larutan peka cahaya untuk membuat Salinan litograf pada tahun 1820-an. Salinan tersebut ditempelkan pada plat timah, kaca, dan juga seng. Kemudian dia mempunyai ide bagus untuk memakai solusinya dalam membuat salinan gambar di kamera obscura. 

Akhirnya di tahun 1826/1827, dia sukses menciptakan eksposur selama 8 jam di depan rumahnya. Kesuksesan tersebut telah menjadi suatu karya fotografi pertama yang dikenal dalam sejarah fotografi dunia.

5. Telepon: 1876

Setelah mengirim informasi melalui kabel dalam bentuk titik dan garis memungkinkan, langkah selanjutnya adalah komunikasi suara yang sebenarnya. Lalu pada 10 Maret 1876, Alexander Graham Bell melakukan panggilan telepon untuk pertama kalinya.

6. Internet: 1974

TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol pertama dihasilkan oleh Vinton Cerf dan Robert Kahn. Kedua orang tersebut bisa menjelaskan cara data bisa dipecah menjadi beberapa bagian kecil yang dikenal dengan paket.

Selain itu, menjelaskan juga bagaimana paket itu bisa ditransmisikan ke tujuan yang benar. TCP/IP telah menjadi bahan dasar bagaimana data bisa ditransmisikan melalui Internet.

7. AI (Kecerdasan Buatan): 2017

Dengan kecerdasan buatan ini, banyak sekali orang yang terbantu baik itu dalam hal pekerjaan, permainan atau juga yang lainnya. Saat ini terdapat robot pintar yang mampu mengerjakan pekerjaan manusia menggunakan teknologi AI.

Karena hidup di zaman modern yang semakin mudah dalam melanjutkan hidup. Dengan memahami seluruh sejarah perkembangan teknologi di atas tentu harusnya Anda dapat lebih mensyukuri hidup ini.

Posting Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Teknologi dari Waktu ke Waktu"