Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Antivirus Terbaik yang Aman dari Malware

Pilihan antivirus terbaik sangat banyak dicari sebagai pencegahan seiring dengan maraknya malware yang mengintai perangkat lunak pada komputer. Malware ini bisa sangat berbahaya karena dapat merusak sistem operasi.

Bukan hanya dapat mengurangi kinerja komputer, malware juga dapat menghilangkan berbagai data penting dan meretas akun sosial media. Bahkan virus yang berbahaya dapat melakukan berbagai tindakan kriminal seperti pencurian uang dari akun finansial.

Sudah banyak perangkat terserang beragam virus serta menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Bukan hanya pada pengguna pribadi saja, perusahaan-perusahaan besar, hingga badan penting seperti kepolisian juga militer pernah terserang malware berbahaya ini.

Terdapat beberapa pilihan antivirus terbaik dapat membantu melindungi perangkat Anda dari berbagai macam malware atau hacker yang berbahaya dan merugikan

Cara Kerja dari Antivirus Terbaik

Teknologi yang semakin berkembang membuat para peretas memiliki banyak cara untuk menyebarkan software berbahaya. Bahkan meski Anda tidak pernah membuka website mencurigakan, ancaman virus masih bisa menyerang.

Cara kerja pilihan antivirus terbaik ini adalah dengan memindai file atau kode-kode yang masuk atau keluar melewati lalu lintas pada jaringan. Perangkat lunak ini juga sudah menyimpan virus yang sudah dikenal pada database.

Setiap kali terdapat file, aplikasi, maupun program-program yang keluar atau masuk dalam perangkat, software ini akan membandingkannya pada database. Jika terdapat kecocokan, maka akan segera diisolasi, lalu dipindai, dan kemudian dihapus. 

Pilihan Antivirus Terbaik Dapat Dicoba

Ada cukup banyak pilihan antivirus yang dapat Anda coba baik layanan berbayar maupun gratis. Kesemuanya memiliki kekurangan dan kelebihan, namun layak untuk dicoba. Berikut adalah beberapa daftarnya.

1. Avira Antivirus

Avira Antivirus cukup banyak dikenal dan digunakan karena ringan serta dapat digunakan gratis tanpa ada trial maupun iklan. Avira dapat memproteksi dari scam, VPN, finansial loss, maupun pencurian data.

Menariknya, software dengan tampilan sederhana ini bisa mencegah segala ancaman hingga 99,7% dan mudah digunakan siapa saja. Bahkan menurut TechRadar, software ini juga sudah masuk skor tinggi dalam pengujian AV-Test.

2. McAfee Total Protection

McAfee Total Protection menjadi pilihan antivirus terbaik selanjutnya untuk PC maupun laptop. Di dalamnya terdapat berbagai fitur-fitur seperti malware protection, password manager, menyimpan file terenkripsi, browser extension, serta VPN.

McAfee juga memiliki fitur lainnya berupa peta perangkat yang terkoneksi dengan WiFi dan mengendalikan keamanan jaringan sehingga tidak akan ada penyusup. Layanan yang di dalamnya berbayar, meski begitu Anda bisa mencoba trial selama 30 hari. 

3. AVG Antivirus Free

AVG Antivirus Free hadir sejak tahun 2016 dan banyak digunakan karena ringan serta dapat efektif melindungi dari virus. Bahkan juga tersedia Web Protection sehingga dapat melihat juga memantau setiap aktivitas yang ada dalam jaringan internet.

4. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus cukup populer sebagai pilihan antivirus terbaik yang ampuh melindungi dari malware berbahaya dan juga hacker. CyberCapture merupakan fitur yang dapat membersihkan berbagai ancaman.

Selain itu, masih ada beberapa fitu-fitur lain seperti WiFi Inspector untuk melindungi dan mengamankan jaringan WiFi, atau Behaviour Shield sebagai pengawas aplikasi. Keunggulan Avast sendiri adalah sistem keamanannya yang dilakukan secara real time.

5. Intego

Integno merupakan layanan perlindungan malware bagi Anda yang menggunakan Mac OS. Pengguna Apple memang sedikit di Indonesia jika dibandingkan dengan Windows. Meski demikian virus masih dapat mengancam dan perlu adanya pencegahan.

6. Microsoft Defender

Sementara itu, Microsoft Defender merupakan antivirus bawaan dari perangkat PC maupun komputer yang minimal menggunakan Windows 10. Cukup banyak fitur di dalamnya, salah satunya mode Default dapat memberikan keamanan dasar pada jaringan internet.

Berbagai macam malware berbahaya dapat mengancam perangkat Anda dan bisa menyebabkan kerugian. Oleh karena itu perlu menggunakan pilihan antivirus terbaik sebagai pencegahan.

Posting Komentar untuk "Pilihan Antivirus Terbaik yang Aman dari Malware"