Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Emulator PS2 di HP Android

Tahukah Anda jika ada trik jitu yang bisa digunakan untuk bernostalgia dengan menggunakan teknologi emulator PS2? Ya pada dasarnya emulator merupakan salah satu sistem komputerisasi yang menciptakan sistem atau pemrogramannya sendiri di atas operasi sistem lain.

Jadi, sederhananya adalah pengguna gadget bisa merasakan operasi sistem lain di dalam satu aplikasi khusus. Di sini, PS2 menjadi daya tarik utama karena konsolnya sangat populer di tahun 2000 – 2013 dan kenangannya tidak bisa tergantikan oleh konsol baru di tahun sekarang.

Game terkenal seperti PES, Bully, Most Wanted, Winning Eleven, GTA San Andreas hingga Tekken selalu dimainkan pada saat PS2 masih populer. Tentu saja, perkembangan mengenai emulator disambut baik oleh para pecinta game karena mereka bisa bernostalgia kembali.

Tahukah Anda jika ada trik jitu yang bisa digunakan untuk bernostalgia dengan menggunakan teknologi Emulator PS2

Cara Instalasi dan Pengunduhan Teknologi Emulator PS2

Untuk masalah instalasi dan pengunduhan perangkat lunaknya, emulator PS2 sebenarnya sudah banyak beredar luas di internet. Namun untuk lebih amannya, Anda disarankan mengunduhnya di Playstore Android karena programnya sudah terbukti aman dan bekerja dengan baik.

Instalasi emulator pada dasarnya sama dengan proses pemasangan lainnya. Hanya saja ada satu hal yang membedakan yaitu input data permainan agar bisa digunakan untuk bermain. Emulator PS2 dalam android biasanya mendeteksi berkas permainan dalam format ISO.

Jadi cara instalasinya adalah Anda perlu mengunduh terlebih dahulu data permainan yang ingin dimainkan. Setelah itu, ekstrak dan masukkan data permainan ISO ke dalam satu berkas bernama OBB. Langkah terakhir, input data ISO dari dalam aplikasi emulator dan langsung bisa dimainkan.

Beberapa Aplikasi Android dengan Teknologi Emulator PS2

Sekarang ini ada 3 aplikasi android yang sangat populer sebagai emulator PS2. Ketiga aplikasi itu tentunya sudah tersedia di Playstore sehingga Anda hanya perlu mengunduhnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini karakteristik dari ketiga aplikasi emulator PS2 Android.

1. DamonPS2

Aplikasi android yang pertama adalah damonPS2 dengan karakteristik program berbayar atau gratis namun menggunakan iklan. Dari segi kenyamanan, damonPS2 mendapatkan penilaian tinggi sehingga aplikasi ini sangat disarankan untuk semua pengguna android.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kompabilitasnya yang tinggi. Dari segi kompabilitas, tipe android apa saja bisa menggunakan damonPS2 tanpa adanya sistem error. Tentu hal tersebut menjadikan aplikasi semakin diunggulkan dalam teknologi emulator PS2.

2. PPSSPP

Aplikasi kedua adalah PPSSPP dan faktanya aplikasi emulator PS2 ini lebih populer daripada damonPS2. Alasan dari kepopulerannya adalah aplikasi ini gratis dan tidak berbayar sama sekali. Dari segi kenyamanan, PPSSPP tidak kalah jauh daripada damonPS2.

Bahkan kompabilitas yang diberikan juga sama saja, karena aplikasi bisa digunakan di setiap versi android. Selain itu ada juga kelebihan lainnya seperti data lebih terstruktur, banyak aturan untuk menjaga FPS android dan cara bermainnya yang memberikan rasa nyaman.

3. Matsu PSX

Selain kedua aplikasi di atas, ada versi yang lebih tinggi yaitu Matsu PSX. Emulator ini tidak hanya menyediakan data PS2 saja, melainkan juga memiliki data konsol lainnya. Tentu saja dari segi kompabilitas, hanya android versi tinggi saja yang bisa menggunakannya.

Meskipun begitu, Anda tetap diuntungkan karena emulator bisa menggunakan berbagai tipe konsol secara langsung di dalamnya. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri karena kedua jenis emulator PS 2 lainnya tidak bisa menyediakan fitur seperti ini.

Dari ketiga emulator PS 2 di atas, mana yang lebih cocok dengan versi android Anda? Tentunya semua itu bukanlah masalah karena nostalgia kenangan masa kecil bisa tetap Anda dapatkan dengan menggunakan salah satu teknologi emulator PS2 dari ketiga pilihan di atas.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Emulator PS2 di HP Android"