Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Program Analisis Statistika Sesuai dengan Fungsi

Apabila Anda belakangan sedang belajar mengenai program analisis statistika, maka kalian harus tahu mengenai SPSS. Seperti diketahui, SPSS merupakan salah satu program komputer yang sering digunakan pada analisis statistika.

SPPS sendiri merupakan singkatan dari Statistical Package of The Science, di mana program satu ini menyediakan sebuah library untuk penghitungan statistika dengan antarmuka interaktif. Dengan adanya fitur tersebut, maka SPSS sekarang ini menjadi sebuah software terpopuler.

Banyaknya universitas, instansi, dan perusahaan telah membuat SPSS menjadi sebuah software analisis tingkat lanjut yang paling direkomendasikan untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan user friendly yang memudahkan para penggunanya. 

Apabila Anda belakangan sedang belajar mengenai Program Analisis Statistika, maka kalian harus tahu mengenai SPSS.

Mengenal Program Analisis Statistika Lebih Dekat

Secara sederhana, SPPS merupakan sebuah program aplikasi bisnis yang sangat berguna untuk menganalisis data statistik. Untuk versi terbarunya, sekarang ini SPSS berada pada versi SPSS 20 yang sebelumnya dirilis pada tanggal 16 Agustus 2011 kemarin.

Perlu kalian ketahui, software satu ini telah dibuat dan dikembangkan secara langsung oleh perusahaan SPSS Inc, di mana kemudian selanjutnya diakusisi oleh perusahaan IBM Corporation. 

Secara umum, salah satu perangkat lunak pada komputer ini memang memiliki banyak sekali kelebihan dan kemudahan bagi para penggunanya. Secara nyata, program ini juga telah banyak diaplikasikan dan digunakan dari berbagai macam kalangan pengguna komputer. 

Adapun beberapa fungsi utama dari software analisis ini yaitu mencakup pengolahan dan dokumentasi data, representasi data statistik, analisis statistik, survey, analisis, pembuatan data turunan, data mining, serta riset pemasaran.

Untuk bisa menggunakan program SPSS, maka kalian bisa coba dengan melakukan beberapa cara berikut ini. Pertama, install program ini pada perangkat komputer yang kalian akan gunakan terlebih dahulu.

Apabila sudah terinstall, klik icon SPSS 16 dan masuk pada menu program aplikasi. Secara umum, tampilan layar SPPS ada 2, yaitu data view dan variable view. Apabila kalian ingin melihat tampilan data view, maka tekan tulisan data view.

Berbeda dengan data view, variable view di sini berperan sebagai definisi operasional di mana nanti akan memperlihatkan pada data view. Kemudian, langkah selanjutnya adalah memasukkan data pada laman data view dan ketik nilai variabel.

Pada laman variabel view, dalam kolom ketik simbol dan pada bagian kolom label ketika nama variabel yang diinginkan. Pada kolom type, variabel Y bisa dipilih Setting yang nantinya akan menampilkan data view berupa huruf. 

Sistem Kerja Program Analisis Statistika

Pada dasarnya, SPSS memang menjadi sebuah software yang dapat membacar berbagi macam data yang dimasukkan secara langsung ke SPPS editor. Entah bagaimana struktur dari file mentahnya, software ini kemudian akan menganalisa dengan membentuk baris dan kolom. 

Hasil analisa program akan berisi sejumlah informasi pada satu unit analisis, sedangkan variabel di sini merupakan informasi yang dikumpulkan dari berbagai kasus. Setiap hasil analisis yang muncul akan diterjemahkan dalam SPPS Output Navigator. 

Secara umum, kebanyakan prosedur base system akan menghasilkan tabel pivot yang nantinya bisa kita perbaiki tampilannya. Dengan adanya hal tersebut, maka kalian dapat dengan mudah memperbaiki output sesuai dengan kebutuhan. 

Banyaknya kelebihan saat menggunakan aplikasi analisis ini memang bisa kalian rasakan secara langsung. Bagi Anda yang belum kenal dengan aplikasi SPPS, maka kalian perlu tahu beberapa fasilitas yang diberikan oleh perangkat lunak satu ini.

Adapun beberapa fasilitas tersebut mencakup data editor, viewer, multidimensional pivot tables, high-resolution graphics, database access, data transformations, electronic distribution, serta lainnya yang memudahkan dalam program analisis statistika.

Posting Komentar untuk "Mengenal Program Analisis Statistika Sesuai dengan Fungsi "