Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Aplikasi QR Code dan Penerapannya

Cara kerja dari sebuah aplikasi QR Code atau kode QR memang menjadi perhatian cukup banyak masyarakat. Teknologi yang canggih membuat masyarakat kagum dengan sistem kerja sehingga ingin mengenal penerapannya tersebut. 

Kode QR merupakan bentuk evolusi kode batang yang sudah ada sebelumnya dengan bentuk satu dimensi menjadi dua dimensi. Sebelum populer di Indonesia, sistem kode QR ini sudah digunakan secara lazim di Jepang. 

Kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dibandingkan kode batang membuatnya mampu mengkodekan informasi dalam Bahasa jepang karena dapat menampung huruf dasar Jepang yaitu huruf kanji. 

Beberapa tahun belakangan, penggunaan apk QR Code semakin gencar digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut karena dianggap mudah untuk tidak membawa uang dalam bentuk fisik, bahkan dianggap lebih aman juga. 

Penggunaan aplikasi QR Code dapat mengintegrasikan pada berbagai informasi dan aplikasi lain yang saat ini sudah banyak digunakan karena dianggap lebih efektif.

Pengertian dan Sejarah Aplikasi QR Code

Kode batang alias QR Code merupakan suatu jenis dari kode matriks dua dimensi yang dikembangkan oleh Divisi Denso Corporation yaitu Deso Wave. Dimana perusahaan ini berasal dari Jepang dengan fungsi utama adalah dapat dibaca oleh pemindai. 

Di Indonesia sendiri aplikasi QR Code sudah sangat bervariasi dan bisa diunduh di ponsel cerdas masing-masing. Fitur kode batang ini berada pada suatu barang dengan posisi menempel pada benda tersebut. 

Pemanfaatan kode batang membantu manusia dalam mendapatkan informasi mengenai suatu barang atau benda. Dalam aplikasi-aplikasi kebanyakan saat ini, sangat mudah untuk menemukan QR Code. 

Seperti whatsapp yang digunakan untuk menghubungkan perangkat hp dengan whatsapp web. Namun, setelah mengenal berbagai manfaat dari QR Code, akhirnya banyak perusahaan yang mengembangkan secara tersendiri khusus aplikasi tersebut. 

Adapun cara kerjanya yaitu, ketika Anda melakukan pemindai melalui aplikasi, maka Anda akan diarahkan pada sebuah link atau informasi langsung yang akan diberikan. 

Penerapan QR Code dalam Berbagai Fungsi

Secara luas, aplikasi QR Code bisa dilihat dalam berbagai penerapan teknologi. Ketika Anda akan membayar di kasir, Anda melihat petugas kasir akan memindai kode Batangan pada produk yang Anda beli, kemudian akan keluar informasi harganya. 

Contoh tersebut merupakan penerapan untuk kepentingan umum sebagai bentuk dari suatu keamanan barang. Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi khusus QR Code di ponsel cerdas untuk mengecek keamanan suatu makanan yang memiliki informasi kandungan nutrisi sampai tanggal kadaluarsa produk tersebut. 

Penerapan lain yang bisa Anda temukan adalah QR Code diberikan pada sebuah undangan online. Anda diminta untuk melakukan scan melalui aplikasi QR Code khusus untuk bisa melihat informasi secara lebih rinci dari undangan yang diberikan kepada Anda tersebut.

Penggunaan QR Code juga sudah banyak digunakan pada gerai-gerai di sebuah Mall, Anda bisa membayar belanjaan dengan menggunakan kode batang khusus yang sudah disediakan dan membayar melalui berbagai aplikasi uang digital. 

Sebenarnya aplikasi-aplikasi uang digital sendiri sudah menyediakan fitur khusus untuk memindai kode batang yang disediakan oleh gerai tersebut. Sehingga akan lebih mudah bagi pembeli ketika tidak membawa uang bentuk fisik. 

Bahkan cara ini sudah diterapkan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia dan sudah diawasi oleh pihak bersangkutan. Penggunaan secara komersial maupun umum memang akan lebih memudahkan masyarakat, sehingga sudah mulai dianjurkan mengubah alat pembayaran tersebut. 

Anda tidak boleh lalai dalam memahami informasi-informasi serta link-link yang akan terintegrasi secara langsung oleh berbagai web atau aplikasi lain. Kemudahan ini harus digunakan secara tepat dan benar agar mengurangi resiko data yang tidak aman dalam aplikasi QR Code. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Aplikasi QR Code dan Penerapannya"