Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Laptop Mahasiswa yang Cocok untuk Kegiatan Belajar

Beberapa faktor untuk mengetahui cara memilih laptop mahasiswa yang tepat untuk belajar merupakan hal penting karena laptop merupakan investasi jangka panjang. Untuk melakukan ini, penting untuk memastikan bahwa laptop Anda mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Seperti yang Anda ketahui, laptop adalah barang yang kompleks dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli. Namun, dalam panduan singkat ini, Anda akan mempelajari cara memilih laptop untuk pendidikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop mahasiswa, hal ini penting untuk diketahui agar Anda tidak salah dalam memilih produk.

Belajar Daring di Era Pandemi COVID 19

Pandemi Covid yang sedang berlangsung menuntut siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka saat ini. Adanya peraturan pemerintah yang melarang pendidikan tatap muka memaksa siswa untuk beralih ke pembelajaran online sebagai cara belajar di rumah. 

Secara harfiah pembelajaran online adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan menggunakan koneksi internet. Pembelajaran online diharapkan dapat membekali siswa dengan pengetahuan yang sama dengan pembelajaran tatap muka, namun lebih nyaman karena mereka mengajar dan belajar di rumah.

Istilah pembelajaran online dan pembelajaran offline berasal dari salah satu bentuk model pembelajaran di era teknologi informasi saat ini. Insolence adalah singkatan dari online dan menggantikan kata online yang sering kita gunakan ketika berbicara tentang teknologi internet.

Cara Memilih Laptop Mahasiswa 

Berikut ini beberapa cara dalam memilih laptop untuk para pelajar atau mahasiswa, diantaranya yaitu:

1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Sebelum hendak memilih laptop di toko, Anda harus tahu bahwa itu akan digunakan untuk apa pun di masa depan. Mengetahui hal ini akan memudahkan Anda memilih laptop mahasiswa yang tepat untuk Anda. 

Misalnya, laptop biasanya hanya dipakai untuk berbagai keperluan umum seperti mengetik, menyajikan, dan mendengarkan serta memutar musik. Berbeda dengan jenis laptop yang harusnya dipakai oleh mahasiswa profesional untuk bidang desain grafis dan materi multimedia lainnya.

2. Menyesuaikan Dana

Perlu Anda ketahui bahwa harga laptop biasanya sangat bervariasi tergantung seberapa lengkap spesifikasi dan kebutuhannya. Dengan budget Rp 3 juta, tentunya Anda bisa mendapatkan laptop yang tepat dan cukup untuk digunakan belajar. 

Sehingga, Anda tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk membeli laptop untuk gaming yang harganya sangat mahal. Adapun perlu Anda ketahui juga jika berapa pun anggaran yang Anda miliki, tetap harus cerdas dan bijak saat membeli laptop. 

Hindari untuk mudah terkecoh dengan laptop mahal yang bahkan tidak membutuhkan spesifikasi. Beberapa laptop yang bisa direkomendasikan untuk mahasiswa seperti Asus M409DA - 30501T, Asus VivoBook, serta ada juga Asus M409DA - EK301T. 

3. Memahami Spesifikasi Laptop Tersebut

Beberapa karakteristik yang harus Anda perhatikan sebelum hendak membeli produk computer atau laptop adalah perlu melihat dari segi kapasitas RAM, CPU, memori internal dan juga layar. 

Pastikan laptop tersebut memiliki RAM dan CPU yang cukup besar (minimal 4GB) untuk menjalankan laptop Anda tanpa browsing yang lambat dan tidak mengganggu. Kapasitas 8GB adalah pilihan terbaik untuk pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk multitasking. 

Maka dari itu, untuk penyimpanan internal sebaiknya pilih laptop yang menggunakan hard drive SSD daripada HDD karena lebih cepat. Selain itu, layarnya jernih dan mudah digunakan, jadi saya memilih Full HD yang nyaman untuk dipelajari anak-anak.

4. Daya Tahan Baterai

Perhatikan tidak hanya spesifikasinya, tetapi juga performa baterainya. Kami menjanjikan masa pakai baterai terbaik, jadi pilihlah laptop yang akan bertahan setidaknya 8 jam. 

Plus tidak pernah kehabisan daya saat Anda ingin menggunakannya atau khawatir menemukan pengisi daya. Asus merekomendasikan Chromebook Flip C436, yang bertahan hingga 12 jam.

5. Desainnya Pas dan Ringan Dibawa 

Saat memilih laptop mahasiswa, pertimbangkan bagaimana anak Anda akan membawanya. Pilih laptop yang nyaman untuk anak Anda bukan hanya karena dari segi performanya yang bagus.

Adapun laptop dengan beban yang berat tentu akan sulit dibawa meskipun terjatuh. Sebaiknya, Anda bisa memilih desain yang ramping, bobot yang ringan dan tentunya mudah dibawa. 

Pembahasan mengenai tips memilih laptop mahasiswa di atas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang kebingungan mencari pilihan rekomendasi yang tepat.

Posting Komentar untuk "Memilih Laptop Mahasiswa yang Cocok untuk Kegiatan Belajar"