Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Beragam Dampak Negatif HP dan Tips Meminimalisirnya

Ponsel sejatinya diciptakan untuk membantu umat manusia, akan tetapi jika digunakan berlebihan maka dapat menimbulkan beragam dampak negatif HP khususnya bagi kesehatan. Lalu apa saja dampak negatifnya? Simak terus artikel ini hingga selesai!

Saat ini HP atau Handphone saat ini bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Akan tetapi lebih dari itu sering juga digunakan sebagai alat untuk mencari hiburan seperti game, mendengar musik, berfoto, dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya fitur yang ditawarkan banyak orang yang tidak bisa mengatur waktu untuk menggunakan ponsel pintar ini. Akan tetapi tahukah Anda ketika menggunakan HP secara berlebihan dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan.

Ketahui beragam dampak negatif HP jika digunakan berlebihan dan tips untuk meminimalisir dampaknya.

5 Dampak Negatif HP Jika Berlebihan Menggunakannya

Intensitas Anda menggunakan HP dapat menjadi faktor penyebab beragam masalah atau dampak kesehatan timbul. Berikut di bawah ini beragam dampak yang mungkin bisa Anda rasakan ketika berlebihan menggunakan HP atau Handphone.

1. Merusak Penglihatan

Dampak pertama yang bisa menimpa Anda ketika menggunakan ponsel pintar berlebihan yaitu dapat merusak penglihatan. Ketika Anda menggunakan ponsel terlalu lama dapat membuat mata menjadi lelah dan tentu akan berpengaruh terhadap penglihatan.

2. Gangguan Tidur

Dampak selanjutnya yang dapat terjadi juga yaitu gangguan tidur. Sinar biru atau Bluelight dari ponsel pintar dapat mengganggu siklus tidur Anda. Selain itu ketika menggunakan HP cenderung akan lupa waktu sehingga tidak sadar jam tidur sudah terlewat.

3. Kanker

Kanker mungkin menjadi dampak negatif HP yang paling menakutkan. Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel dapat menimbulkan risiko kanker khususnya kanker otak. Kanker merupakan masalah kesehatan yang harus segera diberikan penanganan.

4. Nyeri Leher

Dampak negatif selanjutnya yang mungkin akan Anda rasakan adalah timbulnya rasa nyeri di leher atau juga disebut dengan Text Neck Syndrome. Masalah ini terjadi karena Anda terlalu sering menunjuk ketika menggunakan HP sehingga membuat otot di leher jadi tegang.

5. Sakit di Sikut

Selain di leher rasa sakit juga akan timbul para area sikut atau juga disebut dengan Cubital Tunnel Syndrome. Ketika Anda sering menekukkan sikut ketika menggunakan HP maka akan timbul masalah dan mengakibatkan rasa sakit dan mati rasa pada area sikut.

Tips untuk Menggunakan HP yang Bijak Agar Aman

Ponsel pintar menjadi gadget yang menunjang kegiatan manusia sehari-hari. Akan tetapi bukan berarti Anda menggunakannya secara berlebihan. Memang sulit untuk menghilangkan godaan untuk menggunakan ponsel pintar ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini ponsel berperan besar dalam menunjang kehidupan masyarakat sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mencegah dari dampak negatifnya. Berikut di bawah ini tips untuk meminimalisir dampaknya.

  1. Tips pertama adalah dengan membatasi penggunaan ponsel pintar, gunakan seperlunya saja.
  2. Kurangi bermain games atau hiburan lainnya atau berikan tenggat waktu untuk bermain game maksimal 10 menit saja.
  3. Kurangi cahaya dari ponsel untuk meminimalisir masalah mata lelah sehingga tidak menganggu penglihatan.
  4. Hindari menggunakan ponsel pintar ketika sedang berkendara.
  5. Gunakan headset atau hands free ketika telepon untuk meminimalisir radiasi yang dapat menyebabkan kanker otak.

Penggunaan ponsel pintar disarankan tidak terlalu berlebihan. Ketika sedang menggunakan ponsel cobalah untuk beristirahat sebentar dan lihat daun atau warna yang hijau untuk mengistirahatkan mata Anda.

Handphone sejatinya diciptakan untuk membantu kegiatan manusia agar lebih mudah dan juga praktis baik dari segi komunikasi atau lainnya. Namun, tentunya kurangi juga penggunaan HP agar tidak mengalami dampak negatif HP seperti di atas.

Posting Komentar untuk "Ketahui Beragam Dampak Negatif HP dan Tips Meminimalisirnya"