Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Attendance Management Software untuk Perusahaan

Sudah banyak perusahaan yang kini mulai menggunakan attendance management software karena sangat membantu produktivitas dari para karyawan. Apalagi penggunaan cara-cara konvensional dinilai sudah tidak efektif dan efisien.

Perangkat lunak ini berguna untuk mendesain jadwal kerja serta mengelolanya. Selain itu, kehadiran dari karyawan juga bisa dipantau di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, reputasi perusahaan menjadi lebih baik karena profitabilitas meningkat.

Fitur-fitur dalam teknologi satu ini juga sangat beragam dengan fungsi masing-masing. Penggunaannya juga cukup mudah sekaligus bisa dilakukan oleh siapa saja, serta memiliki sistem keamanan sehingga tidak ada oknum yang bisa memanipulasi data.

Attendance management software tidak hanya membantu HRD dalam mengelola data karyawan lebih mudah dan efisien namun juga meningkatkan produktivitas kerja

Manfaat Attendance Management Software pada Perusahaan

Salah satu software ini sangat penting dimiliki oleh setiap perusahaan karena berbagai manfaatnya, terutama berkaitan dengan kinerja karyawan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Pengaturan Jadwal

Salah satu fitur dari attendance management software adalah adanya pengaturan jadwal. Sangat berguna untuk perusahaan yang tidak jarang menggunakan sistem shift sehingga jadwal karyawan yang berbeda-beda dapat dikelompokkan di perangkat lunak ini.

Bukan hanya jadwal kerja saja, jadwal libur serta event-event yang diadakan perusahaan juga bisa dilihat di perangkat lunak ini. Karyawan menjadi lebih mudah mengetahui jadwal kerja maupun libur sekaligus acara yang harus dihadiri.

2. Memudahkan Approval

Kelebihan lannya adalah adanya fitur untuk mengatur serta memperhitungkan kuota cuti untuk karyawan, termasuk juga lembur. Seperti telah diketahui, setiap perusahaan sendiri pasti memberikan jatah cuti setiap tahunnya.

Nantinya setiap karyawan dapat meminta izin jika ingin menggunakan kuota cuti ini, atau sebaliknya jika lembur. Apabila sudah sesuai regulasi, HRD akan memberikan approval dan sudah akan langsung terdapat pemberitahuan.

3. Rekapitulasi Absensi

Attendance management software juga dapat digunakan untuk merekap absensi setiap karyawan dalam periode tertentu. Fiturnya sendiri terdiri dari dua yaitu data yang sudah diproses dan belum diproses.

Kegunaannya ini sangat membantu dalam mengetahui kedisiplinan maupun dari karyawan. Jika baik, perusahaan bisa saja memberikan penghargaan, sebaliknya jika tidak perusahaan dapat memberikan peringatan. 

4. Payroll Management

Jumlah gaji dari karyawan biasanya juga ditentukan dari kehadiran. Dengan adanya attendance management software ini, HRD dapat lebih mudah mengetahui kehadiran, jumlah cuti, lembur, maupun keterlambatan.

Tidak perlu lagi menggunakan cara-cara manual yang sangat merepotkan dan menghabiskan waktu lama. Teknologi ini membuat semuanya tersistem sehingga mengetahui setiap data bisa dilakukan lebih rinci.

Masalah payroll management bukan lagi menjadi suatu kendala. Perhitungan jumlah gaji, termasuk pajak, juga potongan ketika mengambil waktu cuti bisa dilakukan jauh lebih mudah dan cepat. 

5. Self Service

Perangkat lunak ini memungkinkan setiap karyawan melakukan segala administrasi secara self service tanpa harus menghadap langsung kepada HRD. Bahkan jadwal kerja juga bisa diganti jika ada alasan tertentu.

Semua permintaan akan segera masuk dan diketahui oleh HRD, selanjutnya hanya tinggal menindaklanjutinya saja. Tanpa harus bertemu secara langsung, pergantian jadwal, permintaan slip gaji, juga lain sebagainya dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka.

6. Efektif dan Efisien

Software ini dapat mengkoneksikan setiap kedatangan, waktu pulang, jadwal shift, lembur, cuti, juga termasuk kehadiran dan jumlah karyawan yang absen. Hal-hal tersebut juga akan terintegrasi serta dapat diketahui secara online.

Kesemuanya dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Manfaatnya lainnya, karyawan bisa menjadi lebih disiplin serta produktif karena semua data telah dikelola baik tanpa adanya manipulasi oknum tidak bertanggung jawab.

Pengelolaan data setiap karyawan dengan cara-cara manual dan konvensional sangat menguras waktu maupun tenaga. Oleh karena itu, setiap perusahaan sudah seharusnya mulai menggunakan attendance management software agar lebih mudah dan efisien.

Posting Komentar untuk "Kegunaan Attendance Management Software untuk Perusahaan"