Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Mouse Komputer yang Populer dan Sering Digunakan

Tahukah Anda apa saja jenis-jenis mouse komputer yang saat ini banyak digunakan oleh kaum remaja? Di masa sekarang ini, mouse optical adalah versi mouse yang banyak digunakan. Tentu saja hal ini disebabkan karena verso optical lebih unggul dibandingkan mouse track ball.

Mouse optical memiliki cara kerja yang sangat sederhana yaitu menggunakan laser atau sinar optik di bagian bawahnya. Nantinya sinar optik tersebut digunakan sebagai sensor gerak untuk pointer atau kursor komputer dengan pemrogramannya sendiri.

Selain sinar laser, mouse versi ini juga sangat mudah digunakan karena Anda hanya perlu colok kabel atau sambungkan mouse ke komputernya saja. Lalu setelah itu mouse otomatis terdeteksi dan Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus menginstall drivernya terlebih dahulu.

Menjelaskan tentang jenis-jenis mouse komputer yang memiliki karakteristiknya masing-masing

Memahami Jenis-jenis Mouse Komputer

Seperti yang kita ketahui jika mouse optical adalah versi unggulan karena sensibilitasnya tinggi. Mouse versi ini tidak butuh waktu lama untuk mengirimkan sinyal ke komputer. Cara kerjanya hampir sama dengan scanner, namun lebih cepat dalam mendeteksi pergerakan objek.

Berbeda dengan track ball yang memiliki kelemahan dalam hal sensibilitasnya. Selain itu, mouse versi track ball juga sangat berat untuk digunakan. Oleh karena itu versi mouse track ball mulai ditinggalkan dan sampai sekarang keberadaannya sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Untuk mouse optical, kita bisa lihat jika perkembangannya sudah jauh. Mouse optical dibagi ke dalam 3 jenis yaitu berkabel, wireless atau modem dan mouse vertical. Ketiga jenis mouse ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri baik itu dari segi kenyamanan dan kualitasnya.

Jenis-jenis Mouse Komputer Versi Optical

Menurut perkembangannya, masyarakat di masa sekarang ini sudah terbiasa dengan mouse versi optical. Baik itu di Indonesia atau di luar negeri, semua orang sudah mulai menggunakan mouse tipe sensor laser. Untuk lebih jelasnya berikut 3 jenis mouse yang populer digunakan masyarakat.

1. Mouse Kabel

Tentu saja siapa yang tidak mengenal dengan mouse berjenis kabel. Mouse standar ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang dari zaman dulu sampai sekarang. Tentu saja kabel bisa dihubungkan dari komputer sampai ke mouse dengan jarak tertentu.

Untuk mouse kabel dibagi ke dalam 3 kategori yaitu serial, PS2 dan USB. Pada masa sekarang ini, USB menjadi yang masih banyak digunakan dibandingkan kedua kategori lainnya. Namun tetap saja, setiap mouse kabel memberi keuntungan dari harganya yang murah.

2. Mouse Wireless

Jenis-jenis mouse komputer kedua tipe wireless atau bisa kita sebut tanpa kabel. Mouse ini bisa digunakan tanpa kabel karena memiliki sambungan bluetooth atau wireless. Keunggulan dari mouse ini adalah bisa digunakan tanpa mempermasalahkan kabel di komputer.

Namun kelemahannya juga ada banyak seperti mouse mudah rusak, baterai cepat habis dan harganya mahal. Namun di sisi lain, mouse ini sering dijadikan sebagai perlengkapan gaming karena nyaman untuk digunakan dan posisi kursor memiliki ketepatan akurat.

3. Mouse Vertikal

Mungkin beberapa orang masih belum paham jika ada mouse yang berbentuk vertikal baik itu kabel atau wireless. Mouse ini sangat unik karena posisi tangannya tidak ke bawah tapi ke samping. Jadi posisi tangan Anda akan tegak vertikal saat menggunakannya.

Selain itu mouse vertikal juga sangat disarankan karena posisi tangan penggunanya bagus dan tidak mempengaruhi sirkulasi peredaran darah. Sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam kurun waktu lama baik itu untuk bermain game atau bekerja.

Ketiga jenis mouse di atas memang memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Meski begitu, Anda berhak memilih ingin menggunakan tipe mouse yang mana. Pastikan Anda utamakan rasa nyaman karena jenis-jenis mouse komputer mampu memberikan sensasi yang berbeda-beda.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Mouse Komputer yang Populer dan Sering Digunakan"