Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Fitur NFC Pada Ponsel Android

Bagaimanakah cara menambahkan fitur NFC pada ponsel Android? NFC atau singkatannya adalah Near Field Communication termasuk dalam teknologi yang biasanya digunakan dalam pembayaran transaksi atau pertukaran data digital. 

Namun tidak semua ponsel Android sudah mendapatkan fitur NFC dari bawaan pabriknya, terkadang ponsel yang mempunyai fitur ini juga dibanderol dengan harga lebih mahal. Sistem kerja alternatif sambungan koneksi yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan sistem kerja Bluetooth.

Namun penggunaan NFC harus dilakukan dengan jarak dekat sekitar 10 cm antara satu perangkat dengan perangkat lain yang ingin melakukan pertukaran data. Ada 3 jenis mode pada Near Field Communication. 

Yaitu sebagai alat tukar data, alat membaca data dan alat pembayaran. Untuk melakukan pembayaran dengan NFC harus dilakukan pada outlet yang memang sudah menerima pembayaran dengan fitur tersebut. 

Karena penggunaannya hanya bisa dilakukan pada perangkat dengan fitur sama. Sementara untuk menyimpan uangnya menggunakan dompet digital yang juga sudah mendukung fitur ini untuk melakukan transaksi.

Ada beberapa cara menambahkan fitur NFC pada ponsel yang belum mendapatkan suport fitur NFC

Cara Menambahkan Fitur NFC Pada Ponsel Android

Dengan menggunakan alternatif wireless ini melakukan berbagai transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan cepat dan lebih mudah tanpa harus menggunakan uang tunai. Jika ponsel Anda belum mempunyai fitur ini ada beberapa cara yang bisa digunakan berikut ini :

1. Menggunakan Sticker

Sticker ini tersedia sebagai perangkat eksternal untuk menambahkan NFC pada ponsel yang belum mempunyai fitur ini secara bawaan. Namun penggunaan stiker juga tidak bisa sembarangan karena biasanya ada produsen khusus untuk pembuatan stiker dan hanya bisa digunakan pada produk tertentu saja. 

2. Adaptor Eksternal

Cara menambahkan fitur NFC dengan menggunakan adaptor sebagai perangkat eksternal biasanya dapat ditempel di belakang casing atau dibawah ponsel tersambung dengan slot charger. Sudah banyak produsen menjual bebas produk adaptor eksternal ini sebagai tambahan ponsel yang tidak mempunyai fitur koneksi wireless ini dari pabrik.

3. SIM Card

Teknologi ini sudah dikembangkan di luar negeri sebagai salah satu metode pembayaran dengan dukungan Near Field Communication, pemakaiannya sama seperti SIM Card dengan bentuk yang persis sama. Namun untuk di Indonesia masih jarang orang yang menggunakan SIM Card NFC karena barangnya yang langka di pasaran.

4. Micro SD

Sama halnya dengan jenis SIM Cardnya teknologi membawa metode pembayaran instan ini pada bentuk micro SD, namun jenis Micro SD NFC masih sangat jarang tersedia di Indonesia. 

Beberapa produsen Micro SD sengaja menambahkan fitur NFC pada memori card-nya untuk membantu ponsel yang belum mendapatkan fitur komunikasi wireless ini, biasanya micro SD dijual dengan harga mahal.

Kegunaan Fitur NFC Pada Ponsel

Selain digunakan sebagai metode pembayaran instan, penggunaan NFC juga mempunyai banyak sekali manfaat. Diantaranya seperti melakukan transfer data tanpa perlu melakukan pairing terlebih dahulu hanya perlu menempelkan perangkat ponsel saja.

Anda juga bisa menggunakan NFC untuk menyambungkan ponsel pada perangkat lain yang sudah memiliki support untuk mengoperasikannya. Misalnya untuk disambungkan pada speaker, headset, wireless router bahkan hingga membuka kunci hotel atau mobil.

Walaupun mempunyai banyak manfaat koneksi wireless ini di Indonesia masih sangat jarang digunakan sehingga belum maksimal dalam penggunaannya. Selain itu ponsel yang sudah mendukung fitur alternatif koneksi wireless. 

Ini juga termasuk dalam jenis ponsel high-end dengan harga yang cukup mahal. Menggunakan NFC sebagai metode pembayaran dan pertukaran data memang lebih cepat dan mudah serta instan. 

Bagi pengguna ponsel yang ingin menambah fitur ini bisa menggunakan 4 cara menambahkan fitur NFC pada ponsel diatas sebagai alternatif bagi pengguna ponsel yang belum mendapatkan support.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Fitur NFC Pada Ponsel Android"