Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp Terbukti Efektif

Whatsapp menjadi aplikasi yang sudah tidak asing karena banyak digunakan masyarakat. Belakangan ini, Whatsapp bukan hanya menjadi tempat chatting atau telepon, melainkan juga digunakan sebagai lapak jualan. Untuk itu, perlu diketahui cara jualan online laris di Whatsapp agar aktivitas tersebut semakin menguntungkan. 

5 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp Terbukti Efektif dan Dapat Meningkatkan Omset


Berikut disajikan 5 cara yang akan membantu meningkatkan penjualan sehingga lebih efektif:

cara jualan online laris di whatsapp

1. Gunakan Whatsapp Business


Perlu diketahui kini sudah hadir Whatsapp Business. Melalui aplikasi khusus ini bisa meningkatkan efektivitas dari kegiatan jual beli. Mulai dari menarik customer hingga mendatangkan repeat order. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menggunakan aneka fitur Whatsapp Business yang memudahkan dalam proses penjualan.

Contohnya ada pesan otomatis untuk membalas pesan yang masuk dari customer, fitur pelabelan yang memudahkan mengelompokkan kategori customer, hingga katalog dagang. Melalui fitur katalog inilah penjual bisa memaksimalkan potensi pembelian oleh customer. Tak perlu repot mengirim gambar produk satu per satu, kini sudah bisa diakses katalog melalui profil WA saja.

2. Beri Konten Mendidik


Konten yang dimaksud di sini adalah alat atau media yang dipakai untuk menampilkan barang dagangan kepada para calon pembeli. Pengguna bisa saja melakukannya dengan membuat foto produk yang berkualitas, untuk ditampilkan pada halaman katalog, yang mudah bagi pembeli untuk mengaksesnya. Selain itu, bisa juga membuat story Whatsapp yang lebih edukatif, agar menarik intention dari yang melihatnya, hingga tergerak untuk membeli.

3. Buat Perencanaan dan Target


Cara ini cukup penting dan mungkin sering terlewatkan oleh para penjual yang menggunakan Whatsapp sebagai tempat closing. Membuat perencanaan ini perlu karena merupakan bagian dari marketing strategy yang harus dikuasai oleh para penjual. Tujuan dari membuat perencanaan ini ialah agar lebih terarah dalam promosi.

Tak hanya itu, menentukan target juga perlu diperhatikan agar tidak salah dalam mengambil langkah ke depannya. Target di sini penting agar dapat melakukan perbaikan atau evaluasi untuk masa yang akan datang. Perencanaan dan target ini dilakukan di awal bulan atau saat sebelum melakukan promosi.

4. Lakukan Promosi sesuai Tren


Cara ini merupakan cara jualan online laris di Whatsapp yang banyak dilakukan oleh digital marketer. Ya, dengan menggunakan tren yang banyak diikuti atau diminati khalayak, maka peluang untuk customer memesan semakin berlipat. Tidak hanya berupa gambar atau tulisan, bisa juga dengan menyajikan aneka video yang membuat customer lebih tertarik.

Perlu diketahui bahwa peran penggunaan video ini juga sangat terasa. Pasalnya, seseorang akan mudah menangkap informasi jika disajikan dalam penampakan yang jelas. Bisa dicoba dengan membuat konten video yang menjelaskan detail produk serta fitur yang ada. Tidak lupa juga berikan efek musik untuk semakin menarik konsumen.

5. Perbanyak Kontak


Cara terakhir ini menjadi andalan tersendiri bagi para penjual di Whatsapp. Bayangkan saja, target marketnya adalah pengguna WA yang saling menyimpan nomor. Jadi, perlu untuk memperbanyak kontak dan memastikan saling save nomor. Dengan begitu, jangkauan customer pun semakin luas.

Tak hanya itu, perlu juga untuk memanajemen kontak dengan baik. Alasannya adalah tak jarang pengguna yang sering bergonta-ganti nomor WA, maka dari itu biasanya sering dilakukan “pembersihan kontak.” Tujuannya untuk memastikan kontak yang tersimpan adalah kontak yang benar-benar masih aktif. Mungkin bukan hal yang mudah, tetapi ini masih bisa dilakukan.

Sekian pembahasan detail mengenai cara jualan online laris di Whatsapp. Dari 5 cara yang sudah dipaparkan di atas akan membantu memaksimalkan potensi datangnya orderan dari customer. Selainnya,perlu juga mempelajari berbagai strategi marketing yang kini sudah disajikan ilmunya secara gratis di berbagai media. Bagaimana, siap untuk mencoba jualan online di Whatsapp?

Posting Komentar untuk "5 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp Terbukti Efektif"