Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Dunia Perkuliahan dan SMA yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin kamu sering melihat di televisi, dunia nyata, atau bahkan mengalami sendiri tentang perbedaan dunia perkuliahan dan SMA. Dari segi biaya, jurusan, berpakaian, buku-buku yang dibawa, waktu belajar/kuliah, beserta mata mata pelajaran/mata kuliah. Sistem pembelajaran saat di SMA tentunya juga sangat berbeda dengan saat kuliah.

Untuk mata pelajaran SMA dan kuliah sudah ditentukan sesuai jenjang atau jurusan yang dikehendaki. Bedanya, jurusan yang ada di perkuliahan lebih spesifik dan lebih banyak dibandingkan dengan SMA. Oleh karena itu, orang tua harus lebih siap mental dan material jika menghendaki anaknya masuk ke jenjang kuliah. 



Beberapa Perbedaan Dunia Perkuliahan dan SMA

Jika membaca pembahasan di atas, banyak sekali perbedaan antara dunia perkuliahan dengan SMA. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa  perbedaan diantara keduanya yang perlu kamu ketahui. Berikut ulasannya:

Mata Pelajaran/Kuliah

Dari segi mata pelajaran atau mata kuliah, tentunya banyak perbedaan antara SMS dengan kuliah. Jika di SMA pelajaran cenderung lebih umum, sedangkan pada saat kuliah sudah lebih spesifik atau fokus pada jurusan. Selain itu, banyak istilah baru dan lebih komplek dalam dunia perkuliahan, baik mata kuliah maupun pelajaran yang ada di dalamnya.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa semakin tinggi jenjang sekolah yang diambil, tentu pelajarannya semakin sulit. Bahkan seringkali orang-orang membuat peribahasa bahwa semakin tinggi kelas, semakin berat ujian. Selain itu, semakin tinggi jenjang pendidikan yang diambil, semakin tinggi nilai sosial seseorang di masyarakat.

Tugas dan Belajar

Perbedaan dunia perkuliahan dan SMA yang lain adalah jadwal belajar lebih fleksibel dibandingkan dengan SMA. Selain itu, dalam pembelajaran di SMA, guru akan menjelaskan materi lebih detail dibandingkan kuliah. Berbeda dengan dosen yang hanya menjelaskan seperlunya bahkan ada yang tidak mengajar sama sekali.

Sehingga mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dan menyusun waktu sendiri mengerjakan  tugas-tugas kuliah di rumah agar tidak menumpuk. Mahasiswa harus mempelajari dan mendalami bahkan meriset sendiri materi yang diberikan dosen untuk kemudian dipresentasikan di kelas.

Jadwal Pembelajaran

Untuk jenjang SMA, jadwal pelajaran umumnya mewajibkan siswa masuk selama 5 sampai 6 hari dalam seminggu. Kegiatan sekolah yang cenderung repetitif juga sering membuat siswa merasa bosan. Berbeda dengan jenjang kuliah, jadwal kuliah lebih fleksibel dan disesuaikan dengan jurusan atau mata kuliah yang diambil.

Bahkan pada jurusan-jurusan tertentu, mahasiswa bisa masuk hanya 3 kali seminggu untuk belajar satu mata kuliah. Namu sisi negatifnya, untuk mata kuliah tertentu, saat dosen membatalkan pembelajaran karena alasan tertentu, mahasiswa harus pulang dengan tangan kosong.

Pakaian yang Dikenakan

Untuk segi pakaian, siswa-siswi SMA diwajibkan mengenakan seragam sekolah selayaknya anak sekolah lainnya. Sedangkan mahasiswa bisa mengenakan pakaian bebas namun rapi dan sopan, sehingga mereka merasa lebih leluasa. Tidak sedikit yang sibuk fitting baju setiap akan pergi kuliah, ini juga yang menjadi perbedaan dunia perkuliahan dan SMA

Buku yang Dibawa

Buku yang dibawa siswa SMA lebih banyak sesuai jadwal pelajaran pelajaran, termasuk buku paket maupun buku tulis. Berbeda dengan mahasiswa, mereka hanya cukup membawa satu atau dua buku saja. Mereka kadang hanya menggunakan sticky note atau sticky tag  aneka warna untuk membedakan mata kuliah.

Waktu Liburan

Di SMA, waktu liburan tentunya disesuaikan dengan kurikulum dari pemerintah umumnya paling lama 2-4 minggu. Namun berbeda dengan perkuliahan yang bisa memakan waktu 1-2 bulan setiap semesternya. Inilah beberapa perbedaan dunia perkuliahan dan SMA, tentunya masih banyak lagi perbedaan-perbedaan lainnya yang belum kami tuliskan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Dunia Perkuliahan dan SMA yang Wajib Kamu Ketahui"