Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Berkecil Hati, Jika Tidak Lulus Mandiri Lakukan Hal Ini!

Masuk ke perguruan tinggi negeri atau PTN bisa ditempuh dengan berbagai cara. Salah satunya adalah ujian jalur mandiri yang menjadi pilihan terakhir untuk masuk ke PTN. Jika tidak lulus jalur mandiri tak perlu putus asa, karena masih ada alternatif lain untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Memang rasanya sulit menerima kenyataan belum bisa masuk ke perguruan tinggi idaman. Semangat harus tetap membara dengan memperbaiki ekspektasi masa depan yang gagal. Hal ini merupakan cara terbaik untuk meraih cita-cita seseorang.

Jika Tidak Lulus Jalur Mandiri Lakukan Ini!

Kamu jangan berkecil hati ketika belum lulus jalur mandiri masuk ke PTN. Masih banyak kesempatan berkuliah melalui berbagai jalur lainnya. Sehingga kamu wajib menentukan pilihan berikutnya dengan persiapan yang matang.

Masuk ke Perguruan Tinggi Swasta

Tidak ada salahnya mengambil keputusan untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi swasta (PTS). Jika kamu gagal masuk ke PTN ini adalah salah satu cara mengembangkan potensi dalam diri memasuki jenjang perkuliahan. Pilihlah kampus dengan prospek jurusan yang kamu inginkan.

Pada dasarnya PTS memiliki fasilitas dan sistem pendidikan yang berkualitas. Semua fasilitasnya tidak kalah hebat dari perguruan tinggi negeri. Bahkan terdapat banyak kampus yang menyediakan fasilitas berkelas internasional di Indonesia.

Memilih Sekolah Kedinasan

Jika tidak lulus jalur mandiri bukan berarti kamu menjadi seseorang yang gagal mencapai cita-cita. Dalam hal ini memilih sekolah kedinasan menjadi salah satu cara menjemput masa depan yang cerah. Memang lebih menantang dari segi seleksi, tes, dan kegiatan pembelajaran.

Namun, lulusan sekolah kedinasan pasti menjadi seorang PNS yang terjamin masa depannya. Mengingat bahwa sekolah ini berada di bawah naungan pemerintah secara langsung. Sehingga kelak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saat ini.

Masuk ke sekolah kedinasan membuat diri menjadi lebih disiplin. Siswa yang masuk ke sekolah tersebut memang tidak sebebas anak kuliah pada umumnya. Pasalnya terikat dengan aturan yang harus ditaati demi menjadi anggota pemerintahan.

Menjalani Kursus Bahasa Inggris

Jika tidak lulus jalur mandiri kamu tidak perlu berkecil hati karena memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan dan bakat terpendam. Sambil menunggu kesempatan yang akan datang kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris. Hal ini memberikan manfaat agar kamu bisa lebih lancar berbahasa yang baik dan benar.

Mengikuti kursus Bahasa Inggris sangat berpeluang bagi kamu yang ingin bekerja setelah lulus kuliah nanti. Selain mengikuti kursus bahasa Inggris kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa lainnya. Dengan begitu siap menghadapi pekerjaan dengan berbagai bahasa sesuai dengan passion masing-masing.

Dalam waktu satu tahun menuju perkuliahan yang akan datang kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dengan begitu tetap ada progress untuk mengisi waktu luang sebelum perkuliahan. Nantinya akan menjadi calon mahasiswa hebat yang siap menghadapi dunia perkuliahan sesungguhnya.

Bekerja

Jika tidak lulus jalur mandiri kamu bisa bekerja terlebih dahulu sebelum mencoba pendaftaran tahun depan. Biasanya banyak orang yang memilih kerja part-time untuk menunggu waktu ujian perguruan tinggi lainnya. Hal ini memberikan dampak positif karena bisa menghilangkan rasa sedih karena belum diterima di PTN.

Lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan situasi tersebut. Jadikan kesempatan kerja part time dengan sebaik mungkin. Sehingga kamu bisa memahami minat serta menambah pengalaman bekerja di masa depan.

Nantinya kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan di masa yang akan datang setelah lulus kuliah. Dengan begitu tidak perlu kecewa apabila belum lulus jalur mandiri masuk PTN.

Jika tidak lulus jalur mandiri kamu bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Mengingat masih ada kesempatan lain pada waktu yang berbeda.


Posting Komentar untuk "Jangan Berkecil Hati, Jika Tidak Lulus Mandiri Lakukan Hal Ini!"