Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jabatan-jabatan Di Kampus dan Istilah yang Wajib Diketahui

Bagi siswa dan siswi lulusan SMA atau SMK yang ingin meneruskan kuliah, akan lebih baik jika mengetahui jabatan-jabatan di kampus. Selain itu, istilah-istilah baru yang mungkin terdengar asing, juga akan akrab di telinga mahasiswa setelah masuk kuliah. Hal ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa baru agar tidak terjadi kesalahan saat mengurus perihal perkuliahan.



Jabatan-jabatan di Kampus dan Istilah yang Perlu Diketahui

Sebelum memasuki jenjang perkuliahan, mahasiswa baru maupun lama hendaknya mengetahui jabatan-jabatan dan istilah di kampus. Penjelasannya akan dikupas dalam ulasan di bawah ini:

Rektor

Rektor adalah seseorang yang memimpin sebuah perguruan tinggi dan menjalankan tugasnya di rektorat. Seorang rektor memiliki tanggung jawab memimpin perguruan tinggi agar tercapai visi yang telah ditetapkan. Selain itu, rektor juga berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan masing-masing institusi sebagai kontribusi untuk masyarakat secara maksimal.

Dekan

Dekan adalah seorang yang memiliki jabatan sebagai Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi. Selain memimpin administrasi, Dekan juga menjabat sebagai pemimpin tertinggi di sebuah fakultas.

Kajur

Jabatan-jabatan di kampus yang lain adalah Kajur atau Ketua Jurusan. Kajur memiliki tanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan jurusan atau program studi.

Kaprodi

Kaprodi atau Ketua Program Studi yaitu pimpinan tertinggi yang ada dalam program studi. Kaprodi juga bertugas sebagai penanggung jawab atas program studi yang telah diselenggarakan.

Kadep

Kadep adalah sebutan untuk jabatan seorang Ketua Departemen. Tugas Kadep adalah mimpin tendik (tenaga pendidik) dan tenaga kependidikan untuk menjalankan tugasnya melayani mahasiswa. Kadep juga memiliki tugas khusus, yaitu menyediakan fasilitas perkuliahan, fasilitas praktikum, serta tugas akhir.

Guru Besar

Guru Besar adalah kepala dosen yang memiliki jabatan paling tinggi bagi dosen di kampus. Guru besar berperan memajukan institusi sebuah fakultas, baik fungsi maupun pokoknya.

Kahim

Ada juga jabatan-jabatan di kampus yaitu Kahim atau Ketua Himpunan Mahasiswa. Kahim bertugas sebagai penanggung jawab organisasi internal maupun eksternal yang ada di kampus.

Istilah-istilah di kampus

Selain jabatan-jabatan di kampus, ada istilah-istilah yang perlu diketahui, antara lain sebagai berikut:

KTM

KTM (Kartu tanda Mahasiswa) adalah sebuah kartu tanda bukti seseorang sebagai mahasiswa dan juga digunakan untuk menikmati fasilitas di fakultas.

KRS

KRS (Kartu Rencana Studi) adalah daftar mata kuliah yang diambil dan diikuti setiap semester.

SKS

SKS (Satuan Kredit Semester) adalah sebutan untuk satuan mata kuliah yang diambil tiap semester.

IPK

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) merupakan rata-rata indeks perhitungan atau nilai akhir yang diperoleh mahasiswa di setiap semester.

UKM

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) merupakan wadah ekstrakurikuler untuk mahasiswa menyalurkan minat dan bakat mereka.

NIM

NIM (Nomor Induk Mahasiswa) adalah nomor bukti yang dimiliki oleh mahasiswa di sebuah fakultas atau universitas.

KHS

KHS (Kartu Hasil Studi) merupakan raport atau nilai akhir semester yang diperoleh mahasiswa setiap semester.

SP

SP (Semester Pendek) adalah semester tambahan yang diambil mahasiswa untuk mengulang atau remidi mata kuliah tertentu yang dinilai kurang memuaskan.

KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan akhir semester yang dilakukan di lingkup masyarakat sebagai sebuah pengabdian.

Selain jabatan-jabatan di kampus, masih banyak istilah lain yang ada di kampus yang belum dipaparkan. Istilah-istilah seperti PKL, HIMA, Comlaude, Kalender Akademik, Asdos, Eksistensi, dan Matrikulasi juga perlu Anda ketahui.

Posting Komentar untuk "Jabatan-jabatan Di Kampus dan Istilah yang Wajib Diketahui"