Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Chat Dosen yang Baik Agar Segera Direspon

Berbicara dengan sopan dan baik ke dosen tidak hanya saat bertatap muka saja tetapi saat di chatting juga. Apa apa lagi disaat pandemi yang mengharuskan komunikasi melalui chat. Jika Anda bingung bagaimana cara chat dosen yang baik? Simak artikel ini hingga selesai untuk memperoleh informasinya.

Sebagai mahasiswa peran dosen pada membimbing project atau tugas memang sangat menentukan. Apalagi jika berhubungan dengan tugas akhir, tesis atau skripsi. Rasanya kebutuhan akan bimbingan dosen akan meningkat secara tiba-tiba. Terutama jika Anda mengalami revisi yang harus dibenahi dalam metode atau hasil. Untuk menghubungi dosen juga membutuhkan etika. Berikut ini cara untuk menghubungi dosen.

Cara Chat Dosen Yang Baik dan Sopan

Perhatikan Waktu

Perhatikan waktu saat akan menghubungi dosen. Karena dosen juga manusia butuh istirahat, berkumpul, dengan keluarga, tidur atau beribadah. sebaiknya jangan menghubungi dosen di atas jam  8 malam, agar tidak mengganggu serta membuat kesan buruk.

Awali Dengan Kalimat Salam

Cara chat dosen yang baik selanjutnya adalah menggunakan kalimat sapaan atau salam. Saat akan mengawali chat sebaiknya menggunakan kalimat sapaan terlebih dahulu. Entah itu assalamualaikum, selamat pagi, selamat siang atau selamat sore. Hal ini juga berlaku jika Anda menghubungi melalui telepon.

Menggunakan Kalimat Permohonan

Saat menggunakan kata maaf mengandung unsur kerendahan hati serta sopan santun. Maka dari itu sebaiknya saat mengawali pesan menggunakan kata maaf. Misalnya, mohon maaf sudah mengganggu aktivitas bapak ibu.

Memperkenalkan Diri

Karena yang akan dihubungi adalah dosen, pasti akan ada banyak mahasiswa yang dihadapi serta tidak semua nomor kontak disimpan. Untuk mempermudah sebutkan identitas diri atau memperkenalkan diri dengan baik. Misalnya, nama saya Agung mahasiswa jurusan teknik sipil dengan NIM 05678456, semester ini saya mengikuti mata pelajaran yang bapak ibu ajarkan tentang kewirausahaan.

Menggunakan Bahasa Sopan Serta Mudah Dimengerti

Agar dosen bisa memahami maksud dan tujuan Anda sebaiknya menggunakan kalimat formal serta sopan. Hindari penulisan kata yang disingkat, jika melalui panggilan telepon hindari kata nonformal. Sebaiknya kata nonformal diganti dengan yang lebih formal saja. Karena Anda tidak berhadapan dengan teman tetapi dosen.

Menyampaikan Pesan Dengan Jelas

Agar Anda tidak merasa diacuhkan oleh dosen sebaiknya menggunakan kalimat atau pesan dengan singkat yang lugas serta bisa diukur. Misalnya, saya ingin konsultasi wacana bab lima, sekiranya kapan saya mampu menemui ibu pada minggu ini?

Akhiri Pesan Dengan Salam

Cara chat dosen yang baik terakhir adalah mengakhiri dengan salam. Jika maksud dan tujuan Anda sudah tersampaikan dengan baik serta sudah memperoleh solusi atau kesepakatan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih serta salam penutup. Misalnya, terima kasih Bapak/Ibu karena sudah meluangkan waktu selamat siang.

Contoh Pesan Singkat

Selamat siang Bu Dwi, mohon maaf sudah mengganggu aktivitas yang sedang Ibu kerjakan. Saya agung mahasiswa jurusan Teknik Sipil tahun 2019 dengan NIM 05678456. Semester ini saya mengikuti mata pelajaran yang ibu ajarkan tentang kewirausahaan. Saya ingin konsultasi wacana bab lima, sekiranya kapan saya mampu menemui ibu pada minggu ini? Sebelumnya terima kasih karena sudah meluangkan waktu selamat siang.

Jika Anda ingin menghubungi dosen untuk konsultasi sebaiknya menggunakan etika serta sopan santun. Anda bisa mengikuti cara chat dosen yang baik di atas. Jika Anda mengikuti langkah di atas kemungkinan besar dosen akan membalas pesan Anda. Saat akan menghubungi dosen selalu pastikan Anda menggunakan kalimat formal dan tidak berbelit.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Chat Dosen yang Baik Agar Segera Direspon"