Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 12

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 12 dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 12. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.




1

Jenis-jenis tanaman hias yang terdapat di SMA Sukamulya ini beragam, diantaranya yaitu bunga bougenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga alamanda, bunga kemuning dan bunga amarilis. Semua bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik di halaman sekolah dan tempat lainnya di dalam sekolah.Untuk beberapa jenis pohon besar yang ada di SMA Sukamulya tersebut diantaranya yaitu pohon bambu jepang yang berukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin, beringin karet, pohon bambu kuning, pohon jeruk, pohon cemara, dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas terdapat bebarapa tanaman yaitu jagung dan singkong.

Isi pokok teks observasi di atas adalah …

 

A

keanekaragaman tanaman yang ada di SMA Sukamulya

 

B

keadaan halaman belakang di SMA Sukamulya

 

C

kondisi lingkungan di SMA Sukamulya

 

D

Jenis tanaman hias yang terdapat di SMA Suikamulya

 

E

Jenis tanaman yang terdapat di taman SMA Sukamulya

2

Perhatikan paragraf berikut ini!

Sistem bekerja dari rumah disertai pengawasan ketat dari atasan mendorong aparatur sipil negara untuk melek teknologi. Dengan bekerja di rumah, sejumlah ASN pun dituntut untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi, salah satunya telekonferensi. Pengamat kebijakan publik Universitas Padjadjaran, Yogi Suprayogi Sugandi, menyampaikan pemanfaatan teknologi informasi menjadi pelajaran yang bisa dipetik dari sistem bekerja dari rumah. Menurut dia, sistem ini sangat baik untuk mengefisienkan anggaran, seperti rapat-rapat bisa dilakukan jarak jauh, peniadakan perjalanan ke luar negeri, atau kunjungan kerja ke daerah lain. Pemanfaatan teknologi informasi yang lebih luas dapat mengefisienkan anggaran. Semua cukup dengan telekonferensi. Yoga memaparkan, ASN menjadi melek dengan dunia digitalisasi atau rapat virtual. ini juga mewujudkan cita-cita pemerintahan berkelas dunia. Oleh karena itu, birokrat harus semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi. Namun, infrastruktur internet juga harus mendukung.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . . .     

 

A

Pengawasan ketat terhadap ASN yang melakukan sistem bekerja dari rumah.

 

B

Pemanfaatan teknologi dalam sistem bekerja dari rumah yang dilakukan ASN.

 

C

Penggunaan telekonferensi dapat mengefisienkan rapat dan pertemuan jarak jauh.

 

D

Perkembangan teknologi telekonferensi mempermudah sistem bekerja dari rumah.

 

E

Penggunaan sistem bekerja dari rumah dalam masa genting akibat wabah penyakit.    

3

Cermati paragraf berikut ini!

India berhasil meluncurkan rudal untuk menghancurkan satelit yang mengorbit di ketinggian 300 km. Hal ini menunjukkan kehebatan India dalam teknologi ruang angkasa. Dengan keberhasilan itu, India menjadi Negara keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok yang memiliki kemampuan menghancurkan satelit di orbit. Keberhasilan India sekaligus mendobrak dominasi Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok dalam teknologi ruang angkasa. Menurut Perdana Menteri India, rudal antisatelit ini dibuat untuk tujuan damai.

Apa makna kata bercetak miring pada paragraf di atas?

 

A

Penguasaan

 

B

Penindasan

 

C

Pengunggulan

 

D

Penguatan

 

E

Pengutamaan

4

Perhatikan paragraf berikut ini!

1) India berhasil meluncurkan rudal untuk menghancurkan satelit yang mengorbit di ketinggian 300 km. 2) Hal ini menunjukkan kehebatan India dalam teknologi ruang angkasa.3) Dengan keberhasilan itu, India menjadi Negara keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok yang memiliki kemampuan menghancurkan satelit di orbit. 4) Keberhasilan India sekaligus mendobrak dominasi Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok dalam teknologi ruang angkasa. 5) Menurut Perdana Menteri India, rudal antisatelit ini dibuat untuk tujuan damai.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat . . . .

 

A

(1)

 

B

(2)

 

C

(3)

 

D

(4)

 

E

(5)

5

Cermati paragraf berikut!

Menurut data BMG watu proses gerhana matahari cincin maupun sebagian terbagi menjadi empat tahap. Tahap pertama yakni saat piringan matahari mulai tampak tertutup bulan (gerhana mulai terjadi). Kemudian, tahap kedua atau proses ketika piringan matahari mulai tertutup oleh seluruh piringan bulan (fase cincin mulai). Selanjutnya, proses gerhana memasuki fase puncak yakni saat piringan matahari tertutup bulan paling maksimum. Tahap ketiga terjadi saat proses piringan matahari terakhir kali tertutup oleh seluruh piringan bulan (fase cincin berakhir). Tahap terakhir ialah kontak keempat atau piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi bulan (gerhana berakhir)    

Kutipan paragraf tersebut menjelaskan . . .

 

A

Pengertian gerhana matahari cincin

 

B

Penyebab gerhana matahari cincin

 

C

Dampak gerhana matahari cincin

 

D

Keindahan gerhana matahari cincin

 

E

Proses gerhana matahari cincin

6

Cermati kutipan berikut!

Perempuan 1 : Tiada sesuatu pun di dunia ini yang tidak mungkin.

Perempuan 2 : Lalu?

Perempuan 1 : Ya keluar!

Perempuan 2 : [ . . .]

Perempuan 1 : Dunia yang mana? Hanya kematian yang sanggup mengeluarkan kita dari dunia. Kita harus

keluar dari sejarah dan kekuasaan para perompak. Kita mesti berlari menuju dunia yang

sesungguhnya, dunia manusia . . .

Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah . . .

 

A

Keluar dari mana?

 

B

Keluar ke kota lain?

 

C

Keluar dari dunia?

 

D

Keluar mencari apa?

 

E

Keluar dari masalah?

7

Perhatikan paragraf berikut!

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, dalam keterangan tertulis Selasa (24/3/2020)

mengatakan keputusan peniadaan Ujian Nasional 2020 adalah bagian dari sistem respon pandemi corona Covid - 19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. [ . . .], peniadaan UN sejalan dengan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran virus corona SARS 2 atau corona COVID – 19. Ia berharap peniadaan UN diikuti dengan peran serta masyarakat dalam menghadapi pandemi virus corona COVID – 19.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .

 

A

Selain itu

 

B

Oleh karena itu

 

C

Dengan demikian

 

D

Kemudian

 

E

Namun

8

Bacalah paragraf berikut!

Mencintai agama dan negara bukanlah sebuah kontradiksi. Tak ada benturan dan pertentangan di sana. Para pendahulu, pahlawan, telah memberikan teladan yang nyata.Pada perhelatan 212 setiap tahun, tak ada sampah berserakan, rumput tak diinjak, tak ada peserta yang buang air sembarangan, merusak tanaman, apalagi berebut makanan hingga saling caci seperti pada aksi kebhinekaan. Oleh karena itu kegiatan tersebut patut diapresiasi.

Makna konjungsi bercetak miring dalam paragraf di atas adalah ...

 

A

Alasan

 

B

Kausalitas

 

C

Penambahan

 

D

Pemilihan

 

E

Penegasan

9

Cermati teks berikut!

Teks 1

Permasalahan keselamatan tranportasi laut tidak hanya pada faktor alam. Faktor lain yang tidak kalah penting yaitu faktor pelaku tranportasi laut. Pengusaha (operator) kapal, nakhoda, dan pengawas kapal perlu memperhatikan ketersediaan alat-alat keselamatan, keamanan di dalam kapal, kenyamanan di ruang tunggu, dan tempat memadai. Para pelaku tranportasi laut harus membenahi sarana dan prasarana demi keselamatan penumpang.

Teks 2

Pesawat sering disebut sebagai alat traanportasi paling aman. Pasalnya sebelum mengudara dan sesudah mendarat, baik penumpang, awak, maupun pesawatnya dilakukan pengecekan hingga terperinci sesuai prosedur internasional. Di dalam pesawat pun disediakan berbagai alat keamanan bagi penumpang, seperti sabuk pengaman di tempat duduk, masker oksigen saat oksigen berkurang dalam kabin, dan pelampung untuk penyelamatan di laut. Berbagai fasilitas tersebut disediakan demi keselamatan dan kenyamanan penumpang pesawat.

Persamaan kedua teks tersebut adalah. …

 

A

perbaikan sarana dan prasarana tranportasi laut

 

B

jenis alat tranportasi bagi masyarakat

 

C

penyebab utama kecelakaan tranportasi udara

 

D

pentingnya keselamatan penumpang

 

E

permasalahan keselamatan tranportasi di Indonesia

10

Perhatikan kedua teks berita berikut!

Teks Berita 1

Gempa berkekuatan M 6,3 terjadi di Samudra Hindia di selatan Bali, Kamis (19-3-2020), pukul 00.45 WIB. Gempa kali ini tidak diikuti tsunami, tetapi peristiwa ini harus menjadi peringatan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di zona selatan Jawa-bali-Nusa Tenggara. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di koordinat 11,4 Lintang Selatan dan 115,04 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 305 kilometer arah selatan Kota Denpasar, Bali pada kedalaman 10 kilometer.

Teks Berita 2

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid -19, Achmad Yurianto, menuturkan sejumlah rumah sakit swasta telah dilibatkan dalam pelayanan bagi pasien yang terinfeksi virus Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab penyakit Covid-19. Saat ini ada tiga rumah sakit swasta yang ditunjuk, yakni Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Tangerang; Rumah Sakit Mitra Keluarga jati Asih, Jawa Barat; dan Rumah Sakit Hermina Karawang, Jawa Barat.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua bacaan tersebut adalah menggunakan…

 

A

Teks Berita1 diawali unsur apa; Teks Berita 2 diawali unsur siapa                    

 

B

Teks Berita 1 diawali unsur kapan; Teks Berita 2 diawali unsur apa                

 

C

Teks Berita 1 diawali unsur mengapa; Teks berita 2 diawali unsur siapa

 

D

Teks Berita 1 diawali unsur di mana; Teks Berita 2 diawali unsur kapan

 

E

Teks Berita 1 diawali unsur siapa; Teks Berita 2 diawali unsur mengapa

11

Cermati teks berikut.

Keberhasilan sepak bola U-16 perlu diapresiasi. Keberhasilan ini tak lepas dari kerja sama tim dan juga kerja keras semua pihak. Selain itu, keberhasilan juga didapat berkat kepiawaian pelatih dalam meracik kelompok tim. Di tangan pelatih yang ber . . . ., juara pertama berhasil diraih.

Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah . . . .

 

A

Ringan tangan

 

B

Tangan dingin

 

C

Tangan besi

 

D

Besar mulut

 

E

Kepala dingin

12

Padamu Jua

Amir Hamzah

. . . . .

Di mana Engkau

rupa tiada

suara sayup

hanya kata merangkaihati

. . . . .

 

Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adalah . . .

 

A

Amir Hamzah adalah penyair Pujangga baru spesialis menulis puisi-puisi sufi yang kental dengan

nilai-nilai ketuhanan.    

 

B

Sayangnya, sajak yang dibuat dalam puisi tersebut tidak menyerupai pantun sehingga tidak

terdengar indah di telinga.

 

C

Baris-baris yang pendek merupakan cirri khas puisi-puisi angkatan tahun 30-an atau Pujangga Baru    

 

D

Sosok engkau dalam puisi tersebut ada, walaupun tidak memiliki rupa sehingga engkau dimaknai

sebagai Tuhan.    

 

E

Bait-bait yang menyerupai pantun menunjukkan puisi tersebut masih terpengaruh dengan puisi-puisi angkatan sebelumnya.

13

Bacalah puisi berikut dengan saksama!

Guruku

Sebuah pelita yang kau berikan padaku

Untuk menerangkan jalan yang gelap gulita

Untuk kebenaran dan keselamatan

Untuk bekal hidup kemudian hari

(karya : Indriani Hustin)

 

Kata pelita dalam kutipan puisi tersebut melambangkan . . . . .

 

A

Penata

 

B

Pengarah

 

C

Penerang

 

D

Penasihat

 

E

Petuah

14

Bacalah Penggalan teks cerpen berikut!

"Malam hari, ibu tidak berani memasang lampu atau menghidupkan api dapur, takut kalau-kalau tentara Belanda datang mencari tentara kita. Siang hari ibu masak nasi dengan api yang sangat kecil. Kalau ibu dengar derap sepatu, api ibu padamkan dan ibu lari ke bilik.

Akhirnya beras, gula, garam, dan lain-lain habis. Darminsyah jatuh sakit dan menangis terus tidak dapat didiamkan, karena kurang gizi dalam susu ibu. Doa ibu tidak lain agar kami sama-sama mati keduanya. Kalau ia yang mati, ibu rasa ibu tidak sanggup hidup lagi, andaikata ibu yang mati dulu, bagaimana nasib Darminsyah."

(Kembali ke Pangkuan Ayah, Selasih)

Penyebab konflik yang dialami oleh ibu adalah . . . .

 

A

Anaknya menangis sepanjang malam

 

B

Tentara belanda yang lalu- lalang menyebabkan tokoh ibu tidak dapat pergi ke pasar.

 

C

Darminsyah terlalu kurus karena kurang gizi.

 

D

Menyesali nasibnya yang kurang baik.

 

E

Kebutuhan pangan yang sudah habis dan anaknya sakit.

15

Bacalah Penggalan teks cerpen berikut!

"Malam hari, ibu tidak berani memasang lampu atau menghidupkan api dapur, takut kalau-kalau tentara Belanda datang mencari tentara kita. Siang hari ibu masak nasi dengan api yang sangat kecil. Kalau ibu dengar derap sepatu, api ibu padamkan dan ibu lari ke bilik.

Akhirnya beras, gula, garam, dan lain-lain habis. Darminsyah jatuh sakit dan menangis terus tidak dapat didiamkan, karena kurang gizi dalam susu ibu. Doa ibu tidak lain agar kami sama-sama mati keduanya. Kalau ia yang mati, ibu rasa ibu tidak sanggup hidup lagi, andaikata ibu yang mati dulu, bagaimana nasib Darminsyah."

(Kembali ke Pangkuan Ayah, Selasih)

Latar suasana dalam cerita tersebut adalah . . . .

 

A

Riang

 

B

Bahagia

 

C

ceria        

 

D

Takut

 

E

Cema

16

Cermati teks berita berikut!

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah tengah melakukan kajian terkait rencana menaikkan remunerasi (gaji) bagi kepala daerah.

http://www.metrotvnews.com/index/, 05-12-2018

Pernyataan yang tepat apabila teks berita tersebut dijadikan teks editorial adalah ...

 

A

Gaji pokok kepala daerah saat ini sangat kecil dan tidak sesuai bebannya

 

B

"Masa gaji kepala daerah sama dengan karyawan di perusahaan? Tidak manusiawi sekali. 

 

C

Kenaikan ini dikarenakan tekanan dan tuntutan dari masyarakat kepada kepala daerah sangat tinggi.

 

D

Gaji pokok kepala daerah saat ini berkisar antara Rp6-8 juta/bulan dianggap sangat kecil.

 

E

Pemerintah sedang memperjuangkan dan mengusulkan ke Mendagri dan Presiden agar gaji kepala daerah dinaikkan.

17

Cermati paragraf berikut!

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

 

A

Teknologi

 

B

Energi

 

C

Kolaborasi

 

D

Investor

 

E

Investasi

18

Bacalah kutipan cerpen berikut!

  1. Di bawah terik matahari yang mulai terik, Karsim setia menunggu.
  2. Untung ada caping bamboo yang menahan sengatan sinar matahari sehingga kepalanya tidak terpanggang.
  3. Namun, kepala Karsim tetap terasa pusing karena deru ribuan kendaraan yang melintas cepat di hadapannya dan tidak terputus-putus entah sampai kapan.
  4. Atau pusing karena Karsim sadar dirinya harus segera menyeberang demi tanaman padinya di tepi sungai.
  5. Bulir-bulir padinya yang sudah terisi pasti menjadi sasaran ratusan burung emprit.
  6. Bila dibiarkan burung-burung itu akan menghabiskan padi di kebun yang hanya beberapa depa luasnya.

Bukti watak tokoh Karsim yang penyabar ditunjukkan oleh kalimat berangka . . . .

 

A

1)

 

B

2)

 

C

3)

 

D

4)

 

E

6)

19

Bacalah Penggalan teks cerpen berikut!

"Malam hari, ibu tidak berani memasang lampu atau menghidupkan api dapur, takut kalau-kalau tentara Belanda datang mencari tentara kita. Siang hari ibu masak nasi dengan api yang sangat kecil. Kalau ibu dengar derap sepatu, api ibu padamkan dan ibu lari ke bilik.

Akhirnya beras, gula, garam, dan lain-lain habis. Darminsyah jatuh sakit dan menangis terus tidak dapat didiamkan, karena kurang gizi dalam susu ibu. Doa ibu tidak lain agar kami sama-sama mati keduanya. Kalau ia yang mati, ibu rasa ibu tidak sanggup hidup lagi, andaikata ibu yang mati dulu, bagaimana nasib Darminsyah."

(Kembali ke Pangkuan Ayah, Selasih)

Peristiwa dalam cerita yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari adalah . . . .

 

A

Ibu akan selalu mendoakan keberhasilan anaknya.

 

B

Seorang ibu yang selalu memikirkan keadaan anaknya.

 

C

Orang akan selalu menderita jika terus-menerus mengeluh.

 

D

Orang yang takut tidak akan bisa melindungi keluarganya.

 

E

Habisnya kebutuhan pangan merupakan hal yang wajar dalam kehidupan sehari-hari.

20

Bacalah Penggalan teks cerpen berikut!

"Malam hari, ibu tidak berani memasang lampu atau menghidupkan api dapur, takut kalau-kalau tentara Belanda datang mencari tentara kita. Siang hari ibu masak nasi dengan api yang sangat kecil. Kalau ibu dengar derap sepatu, api ibu padamkan dan ibu lari ke bilik.

Akhirnya beras, gula, garam, dan lain-lain habis. Darminsyah jatuh sakit dan menangis terus tidak dapat didiamkan, karena kurang gizi dalam susu ibu. Doa ibu tidak lain agar kami sama-sama mati keduanya. Kalau ia yang mati, ibu rasa ibu tidak sanggup hidup lagi, andaikata ibu yang mati dulu, bagaimana nasib Darminsyah."

(Kembali ke Pangkuan Ayah, Selasih)

Latar tempat dari cerita tersebut adalah . . . .

 

A

Di kamar

 

B

Di teras

 

C

Di kamar mandi

 

D

Di dapur

 

E

Di ruang tengah

21

Cermati kutipan novel berikut !

"Ya, hidup akan menjadi indah bila kita melihat sesuatu dari sisi positifnya." Aku selalu mencoba begitu, Ibu. Positive thinking. Ya, guru agama saya di San Fransisco waktu di high school selalu berkata: we should have a positive thinking which it gives us happiness.

(Musim Semi di Shizi, Naning Pranoto)

Kalimat yang menyatakan kelemahan sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah …

 

A

Bahasa yang digunakan sangat sederhana sehingga jalan cerita mudah dipahami

 

B

Penggunaan bahasa asing mengganggu pembaca dalam memahami isi cerita..

 

C

Watak tokoh dalam cerita jelas sehingga ceritanya mudah dipahami

 

D

Mudah menerjemahkan kalimat-kalimat cerita meskipun menggunakan bahasa asing.

 

E

Watak tokoh mudah diketahui melalui dialog atau tokoh.

22

Cermati kalimat tanya berikut!

Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut adalah ...

 

A

Tanamkan pada diri Anda keinginan peduli terhadap lingkungan alam!

 

B

Sadarkan diri Anda bahwa Anda orang yang harus peduli lingkungan alam

 

C

Tunjukkan jati diri Anda bahwa Anda orang yang peduli lingkungan!

 

D

Tunjukkanlah identitas Anda bahwa Anda sangat peduli lingkungan alam!

 

E

Buktikanlah kepedulian Anda terhadap kelestarian lingkungan alam!

23

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1.      Jamur merupakan tumbuhan parasit yang hidup di tempat organik baik yang hidup atau mati.

2.      Makanan yang diperoleh jamur, lalu diolah di luar sel tubuhnya (ekstraseluler).

3.      Selanjutnya, makanan yang sudah diolah tersebut disimpan dalam bentuk kolagen atau pati.

4.      Makanan tersebut diolah dengan menggunakan enzim hidrolik.

5.      Jamur juga merupakan tumbuhan saprofit.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf eksposisi padu adalah …

 

A

(1), (4), (2), (5), (3)                

 

B

(1), (3), (4), (2) ,(5)            

 

C

(1), (5), (2), (4) ,(3)

 

D

(1), (2), (3), (5), (4)

 

E

(1), (2), (3), (4), (5)

24

Perhatikan paragraf berikut!

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan tanggap darurat dalam bencana banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat senilai Rp 1,6 milyar. Fokus penanganan pada evakuasi pengungsi ke tempat aman terutama untuk kelompok rentan. Sejauh ini, Kemensos telah mengirimkan petugas perlindungan sosial korban bencana alam dari pusat untuk asesment kebutuhan. Bantuaan sudah
disalurkan termasuk bantuan logistic.

Perbaikan kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah . . .

 

A

milyar, asesmen, logistic

 

B

miliyar, asesmen, logistik

 

C

miliyar, assesment, logistics

 

D

miliar, asesment, logistics

 

E

miliar, asesmen, logistik

25

Bacalah paragraf rumpang berikut!

    Organisasi Biorock Indonesia mengenalkan cara merehabilitasi terumbu karang dalam gelaran Asia Pacific Day of the Ocean. Organisasi ini hampir dua {….} bergerak dalam rehabilitasi terumbu karang di berbagai wilayah di Indonesia. Menurut Biorock Indonesia, Asia Pasifik merupakan rumah bagi sebagian besar keragaman hayati dan ekonomi kelautan yang {….}. Dari perikanan hingga pariwisata berbasis maritime, laut menjadi sebuah sumber vital bagi kehidupan dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berperan penting dalam keseimbangan {….}.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .

 

A

decade, product, iklim

 

B

dekade, produktif, iklim            

 

C

dekade, produksi, iklim    

 

D

dikade, produktif, eklem

 

E

decade, produktiv, iklim

26

Perhatikan paragraf berikut!

Mataku { . . .} saat temanku membacakan pidato perpisahan mewakili peserta didik kelas XII. Aku teringat {. . .} yang telah kuhabiskan di sekolah ini. Banyak canda, tawa, dan perjuangan yang telah kami lalui {. . .} di sekolah ini.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .

 

A

berkaca-kaca, hari-hari, bersama-sama

 

B

kaca-kaca, berhari-hari, sama-sama

 

C

berkaca-kaca, hari-hari, sama-sama

 

D

kaca-kaca, berhari-hari, sama-sama

 

E

kaca-kaca, hari-hari, sama-sama

27

Cermati paragraf berikut        

Seperangkat perabot kayu dan meja marmer ada di sudut ruang kedua, kontras dengan seperangkat televisi dan audio yang ada di sebelahnya. Lalu, di sudut ketiga limasan itu, sebuah meja makan bergaya kontroversial dikepung empat kursi sewarna. Di sebelahnya, sebuah batu artefak cokelat susu selebar dua meter ditaruh di atas rak kayu. Rumah itu sejuk, berlimpahan cahaya dengan beranda samping berpemandangan horison perbukitan Dago Giri.

Istilah yang tepat untuk mengganti istilah yang bercetak miring adalah ...

 

A

kontradiksi, posil, horizonta            

 

B

kontemporer, fosil, horizontal        

 

C

kontribusi, prasasti, vertical

 

D

konsolidasi, phosil, vertical

 

E

kontroversi, prasasti, horizontal

28

Cermati kutipan novel berkut!

Setiap bangun pagi aku berteriak lantang: Bangun pagi, let's go! Lalu, ajaib, segala hal terbangun, cecak terbangun, tokek terperanjat, pohon-pohon terbangun, ilalang bangkit, burung-burung bersorak, kumbang-kumbang terbang, ayam-ayam berkokok, bunga-bunga mekar, semua tak ingin ketinggaln, semua ingin berangkat! Semua ingin melihat dunia! Ingin belajar! Ingin bekerja! Ingin berkarya!

Gaya bahasa yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah . . .

 

A

Ironi

 

B

Hiperbola

 

C

Metafora

 

D

Sarkasme

 

E

Personifikasi

29


Perhatikan judul-judul karangan ilmiah berikut!

  1. "Dampak Perilaku Hidup Sehat Masyarakat Desa Sambirejo Dalam Memerangi Wabah COVID-19"
  2. "Pengaruh Gim Daring terhadap Pencapaian Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 7 Jakarta"
  3. "Strategi Penanaman Benih Ikan Bandeng dengan Menggunakan Sebar"
  4. "Pemanfaatan Biogas sebagai Alternatif Sumber Energi Rumah Tangga"
  5. "Pengaruh Permainan Catur terhadap Perkembangan Otak Anak"

Penulisan yang tidak tepat judul karya ilmiah ditunjukkan oleh kalimat . . .

 

A

1)

 

B

2)

 

C

3)

 

D

4)

 

E

5)

30

Cermati teks berikut.

Setelah puas . . . ., aku kembali ke penginapan. Di penginapan aku tidak langsung tidur, tetapi . . . keramaian ibu kota dari ketinggian. Setelah puas mengamati keindahan ibu kota, aku . . . buku sambil beristirahat.

Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah . . .

 

A

Berlari-lari, memandang-mandang, melipat-lipat

 

B

Berjalan-jalan, menonton-nonton, membaca-baca

 

C

Jalan-jalan, melirik-lirik, membaca-baca

 

D

Berjalan-jalan, melihat-lihat, membaca-baca

 

E

Makan-makan, melihat-lihat, membuka-buka

31

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

    (1) Minuman dapat dibedakan menjadi dua jenis. (2) Minuman yang berhasiat bagi tubuh dan minuman penghilang haus. (3) Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat dari sayuran dan buah-buahan yang diblender menjadi jus. (4) Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik bagi kesehatan dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. (5) Banyak penjual jus di pinggiran jalan.

Mengapa jus termasuk jenis minuman yang berkhasiat bagi tubuh?

 

A

Menghilangkan haus

 

B

Mengandung vitamin dan serat

 

C

Rasanya enak dan segar

 

D

Banyak yang menyukai

 

E

Dijual di pinggir jalan

32

Perhatikan ilustrasi berikut!

Madun memiliki sikap ramah terhadap setiap orang . Ia selalu sopan saat berinteraksi dengan orang lain. Saat orang tua Madun menghadiri acara pelepasan peserta didik kelas XII, kami mengetahui asal muasal Madun mendapat sikap ramah dan sopan tersebut.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .

 

A

Air beriak tanda tak dalam

 

B

Besar pasak daripada tiang

 

C

Hancur badan dikandung tanah budi baik terkenang jua

 

D

Di mana bumi dipijak din situ langit dijunjung

 

E

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya

33

Cermati pernyataan berikut.

Judul: Pembuatan laporan kesehatan warga untuk posyandu

Penulisan judul yang tepat adalah . . .

 

A

Pembuatan Laporan Kesehatan Warga Untuk Posyandu

 

B

Pembuatan laporan Kesehatan warga Untuk Posyandu

 

C

Pembuatan Laporan kesehatan Warga untuk Posyandu

 

D

Pembuatan Laporan Kesehatan Warga untuk Posyandu

 

E

Pembuatan laporan Kesehatan warga untuk Posyandu

34

Cermati paragraf berikut!

Menurut data BMG watu proses gerhana matahari cincin maupun sebagian terbagi menjadi empat tahap. Tahap pertama yakni saat piringan matahari mulai tampak tertutup bulan (gerhana mulai terjadi). Kemudian, tahap kedua atau proses ketika piringan matahari mulai tertutup oleh seluruh piringan bulan (fase cincin mulai). Selanjutnya, proses gerhana memasuki fase puncak yakni saat piringan matahari tertutup bulan paling maksimum. Tahap ketiga terjadi saat proses piringan matahari terakhir kali tertutup oleh seluruh piringan bulan (fase cincin berakhir). Tahap terakhir ialah kontak keempat atau piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi bulan (gerhana berakhir)

Kutipan paragraf tersebut termasuk struktur teks eksplanasi bagian . . . .

 

A

Deretan penjelas

 

B

Pernyataan umum

 

C

Penutup

 

D

Simpulan

 

E

Interpretasi

35

Perhatikan kalimat berikut!

Pak Suherman dan anaknya mengemudikan mobil saat mudik secara bergantian.

Kalimat yang memiliki pola sama dengan kalimat tersebut adalah . . . .

 

A

Ibu dan Ani mengecek belanjaan sepulang kerja dengan saksama.

 

B

Omzet usaha yang diterima Ari bulan ini menurun drastis.

 

C

Saat liburan, Amanda belajar menjahit dan mendesain baju.

 

D

Lita gembira karena ia lolos SNMPTN di universitas favoritnya.

 

E

Kemarin Sabtu, tim ekstrakurikuler debat memenangkan lomba.

36

Masih segar dalam ingatanku, waktu aku tinggal bersama nenek di kampung karena kedua orang tuaku merantau. Nenek sangat menyayangiku. Begitu pula aku, sangat menyayangi nenek. …. Aktivitas apa pun yang dilakukan nenek aku ikut serta, seperti ke sawah, ke ladang, menghalau bebek. Aktivitas ini bagian seni kehidupan di kampung yang sangat menyenangkan dan mengesankan sepanjang hidupku.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

 

A

Sangat banyak jasa nenek yang saya rasakan dan tidak akan bisa dibalas.

 

B

Kasih sayang adalah pengikat yang sangat baik antara manusia di dunia ini.

 

C

Saling menyayangi di antara anggota keluarga harus selalu tercipta.

 

D

Kami melalui hari-hari dengan gembira, senang, dan penuh kasih sayang.

 

E

Sering nenek bercerita tentang masa kecilnya yang penuh kenang

37

Perhatikan kalimat berikut.

Masalah pengembangan website harus kita tingkatkan.

Perbaikan kalimat tersebut menjadi kalimat logis adalah . . .

 

A

Website harus kita tingkatkan.

 

B

Masalah website harus kita tingkatkan.

 

C

Pengembangan website harus kita tingkatkan.

 

D

Pengembangan masalah website harus ditingkatkan.

 

E

Harus kita tingkatkan masalah pengembangan website.

38

Cermati teks berikut.

  1. Menurut Djois, semua guru yang minta pindah bukan warga asli Miangas.
  2. Sebagian dari mereka merasa kesulitan untuk menjalani kehidupan di pulau yang berbatasan dengan Laut Filipina di ujung utara Nusantara, sekitar 493,2 kilometer dari Manado.
  3. "Banyak yang tidak betah, maka dari itu hanya sebentar di sini,"katanya.
  4. Dari total 17 guru masih terdaftar di SD Negeri Miangas, lima diantaranya pegawai berstatus honorer yang hanya diupah Rp 200.000,00 per bulan dari dana Bos.
  5. Menurut Djois, upah yang rendah tersebut menyebabkan tidak ada guru honorer daerah kabupaten yang betah di Miangas.

Kalimat fakta dalam paragraf di atas ditunjukkan pada kalimat nomor . . .

 

A

(1)

 

B

(2)

 

C

(3)

 

D

(4)

 

E

(5)

39

Perhatikan kutipan tajuk rencana berikut!

Perlu kerja keras dan kerja sama antar komponen anak bangsa dalam menanggulangi wabah yang belum diketahui kapan akan berakhir ini. Pemerintah juga harus selalu terbuka mengenai kondisi sebenarnya terkait sejauh mana wabah virus corona itu merebak di nmasyarakat, kadar kesiapan Pemerintah, dan solusi yang sedang disiapkan. Dengan begitu, masyarakat bisa sedikit tenang karena negara benar-benar hadir dan memperhatikan masyarakat.

Tentu ada dampak ekonomi dari keterbukaan. Namun demikian, dalam kondisi saat ini yang paling penting adalah menyelamatkan kehidupan rakyat karena perekonomian tidak bisa berjalan apabila penggerak ekonomi yakni masyarakat dan sendi-sendi ekonomi itu sendiri runtuh.

Pandangan penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah . . . .

 

A

Solusi dan penanganan Pemerintah terhadap wabah virus corona sudah tepat.

 

B

Keterbukaan kondisi wabah virus corona dapat merusak perekonomian Negara.

 

C

Pemerintah perlu transparan dan siap dalam menangani kondisi wabah virus corona.

 

D

Dalam keadaan wabah virus corona, Pemerintah telah memperhatikan masyarakat.

 

E

Menginformasikan tentang wabah virus corona

40

Perhatikan kerangka karangan teks eksplanasi kompleks berikut!

  1. Dampak terjadinya banjir rob
  2. Upaya penanggulangan banjir rob
  3. Pengertian banjir rob
  4. Proses terjadinya banjir rob
  5. Penyebab terjadinya banjir rob

Jika dikembangkan menjadi teks eksplanasi, urutan yang tepat kerangka karangan tersebut adalah . . .

 

A

3), 2), 5), 4), 1)

 

B

3), 4), 5), 1), 2)

 

C

3), 4), 5), 2), 1)

 

D

3), 5), 2), 4), 1)

 

E

3), 5), 4), 1), 2)

41

Perhatikan paragraf berikut.

Pantai itu sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Akan tetapi pantai sepanjang empat kilo meter ini tinggi sekali. Pasirnya sudah tidak bening lagi. Di sana sini tampak gunungan sampah.

Perbaikan frasa yang bercetak miring dalam paragraf tersebut yang tepat adalah ....

 

A

Sudah punah, tidak tampak, tampak turis

 

B

Sangat hitam, banyak karang, pohon gersang

 

C

Buruk sekali, sangat tinggi, sepi pengunjung

 

D

Sudah tercemar, tidak bersih, tumpukan sampah

 

E

Tidak menarik, tidak landai, nelayan menjala

42

Cermati kalimat utama berikut !

Penjualan perangkat elektronik diprediksi meningkat tahun ini dengan asumsi pertumbuhan 10 persen.

Kalimat argumentasi yang tepat untuk melanjutkan kalimat utama tersebut, yaitu . . . .

 

A

Hal ini ditopang oleh perbaikaan daya beli masyarakat dan inovasi yang dilakukan oleh industri elektronik.

 

B

Minat konsumen untuk membeli perangkat elektronik sangat besar meskipun daya beli rendah.

 

C

Daya beli yang rendah tidak membuat masyarakat menggunakan niatnya untuk memiliki elektronik.

 

D

Di beberpa toko elektronoik, masyarakat rela antre unyuk menyaksikan pembelian alat-alat elektronik.

 

E

Pada setiap pameran elektronik, pengunjung berjubel mulai hari pertama hingga akhir pameran.

43

Bacalah paragraf berikut!

(1) Sebanyak 2.024 desa dari 7.809 desa yang ada di Jawa Tengah rentan mengalami bencana longsor pada musim penghujan ini. (2) Desa-desa tersebut mengalami potensi longsor cukup tinggi yang tersebar di 28 kabupaten?kota di Jawa Tengah. (3) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Teguh Dwi Paryono, mengatakan bahwa desa-desa tersebut tiap tahun selalu diawasi. (4) Bahkan, di beberapa titik telah dipasang alat pendeteksi bencana atau sistim peringatan dini bencana di desa rawan longsor. (5) Alat tersebut berfungsi mengeluarkan suara sirine ketika ada tanah yang bergerak.

 

Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor.

 

A

(1)

 

B

(2)

 

C

(3)

 

D

(4)

 

E

(5)

44

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

(1) Minuman dapat dibedakan menjadi dua jenis. (2) Minuman yang berhasiat bagi tubuh dan minuman penghilang haus. (3) Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat dari sayuran dan buah-buahan yang diblender menjadi jus. (4) Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik bagi kesehatan dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. (5) Banyak penjual jus di pinggiran jalan.

Kalimat yang tidak padu adalah nomor . . . .    

 

A

(1)

 

B

(2)

 

C

(3)

 

D

(4)

 

E

(5)

45

Perhatikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut.

Atas perhatiannya, saya tak lupa berterimakasih terhadap Bapak/Ibu

Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaaan tersebut adalah . . .

 

A

Atas perhatiannya, saya berterimakasih banyak.

 

B

Atas perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih.

 

C

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

D

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya berterimakasih.

 

E

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

46

Perhatikan topik karya ilmiah berikut.

 

Topik karya ilmiah : upaya menanggulangi kenakalan di kalangan remaja

Rumusan masalah yang sesuai degan topik tersebut adalah . . .

 

A

Seberapa besarkah bahaya ke kenakalan di kalangan remaja?

 

B

Mengapa kenakalan berbahaya bagi generasi muda?

 

C

Bagaimana cara menanggulangi kenakalan di kalangan remaja?

 

D

Bagaimanakah peran orang tua dalam mengawasi putra-putrinya sehubungan dengan kenakalan remaja?

 

E

Usaha apa yang dilakukan untuk mengurangi dampak kenakalan remaja?

47

Bacalah paragraf berikut.

Perkampungan lama kembali berduka cita. Rumah penduduknya dilalap ... penduduk diperkampungan tetangga segera ... untuk mengevakuasi korban dan menyelamatkan barang-barang. Di sini tampak sekali kepedulian antar sesama. Mereka merasa... melihat keadaan para korban yang memprihatinkan.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

 

A

Ayam jago, berpangku tangan, besar hati

 

B

Si jago merah, naik darah, kecil hati

 

C

Si tangan jahi, campur tangan, lapang hati

 

D

Si tangan besi, panas hati, rendah hati

 

E

Si jago merah, turun tangan, tak sampai hati

48

Bacalah kutipan drama berikut.

Yulia : Aku ingin lulus ujian tahun ini.

Annisa : Aku ingin tidak sekedar lulus, tapi juga hasilnya

Memuaskan.

Yulia : ....

Annisa : Caranya ? ya, tentu saja belajar dengan giat, berdoa

Kepada Tuhan, dan minta restu kepada kedua orang tua

Kalimat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah ....

 

A

Aku ingin demikian, tapi masa bodohlah.

 

B

Aku ingin juga demikian, tapi tidak usah dipikirkan.

 

C

Tapi aku sudah belajar dengan giat.

 

D

Aku juga ingin seperti itu, tapi biarlah.

 

E

Aku juga ingin seperti itu, tapi bagaimana caranya?

49

Bacalah kutipan cerpen berikut!

Di antara pendar-pendar cahaya jingga lampu teplok di atas lemari kayunya, seorang wanita menatap foto hitam- putih buram di dinding geribik sebuah bilik. Di foto itu, di antar putra-putri mereka yang masih kecil-kecil, seorang lelaki paruh baya duduk di sampingnya.

Latar waktu kutipan cerpen tersebut adalah . . . .

 

A

Pagi

 

B

Siang

 

C

Sore

 

D

Malam

 

E

Senja

50

Bacalah paragraf berikut!

(1) Sebanyak 2.024 desa dari 7.809 desa yang ada di Jawa Tengah rentan mengalami bencana longsor pada musim penghujan ini. (2) Desa-desa tersebut mengalami potensi longsor cukup tinggi yang tersebar di 28 kabupaten?kota di Jawa Tengah. (3) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Teguh Dwi Paryono, mengatakan bahwa desa-desa tersebut tiap tahun selalu diawasi. (4) Bahkan, di beberapa titik telah dipasang alat pendeteksi bencana atau sistim peringatan dini bencana di desa rawan longsor. (5) Alat tersebut berfungsi mengeluarkan suara sirine ketika ada tanah yang bergerak.

 

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

 

A

Pencegahan bencana di Jawa Tengah

 

B

Penanganan bencana tanah longsor

 

C

Pemasangan alat pesndeteksi bencana

 

D

Penjelasan fungsi peringatan dini bencana

 

E

Beberapa desa di Jawa Tengah rawan longsor


Demikian artikel Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 12 yang saya buat semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 12"