Ruang Lingkup Biologi


Latihan 1

1. Ciri biologi sebagai ilmu ditunjukan oleh pernyataa nomor...
  •  Jawaban: d
    Ciri Biologi sebagai ilmu sebagai berikut.
    1)    Mempunyai objek kajian berupa benda konkret.
    2)    Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris.
    3)    Sistematis.
    4)    Menggunakan cara berpikir logis dan konsisten.
    5)    Hasil kajiannya bersifat objektif.
    6)    Teori yang dihasilkan berlaku umum.
2.  Gambar di bawah ini yang menunjukan organisasi ke hidupan pada tingkat....
  • Jawaban: c
    Gambar pada soal menunjukkan organisasi kehidupan pada tingkat jaringan. Jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki persamaan struktur untuk melakukan fungsi tertentu. Sementara itu, sel merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang tersusun atas organel- organel sel. Organ merupakan sekumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Sistem organ merupakan kumpulan organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas yang saling berkaitan satu sama lain. Organisme tersusun atas berbagai sistem organ yang bekerja sama melakukan kegiatan kehidupan.
 3. Dalam objek kajian biologi, tingkat struktur makhluk hidup dapat berupa kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu tempat yang akan membentuk....
  • Jawaban: d
    Komunitas merupakan kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu tempat tertentu. Sebagai contoh, komunitas sungai yang tersusun atas populasi ikan, populasi kepiting, dan populasi tumbuhan air. Sementara itu, organisme tersusun atas berbagai sistem organ yang bekerja sama dalam melakukan kegiatan kehidupan. Ekosistem merupakan sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling memengaruhi dan berinteraksi satu sama lain pada suatu tempat tertentu. Bioma merupakan kumpulan ekosistem di dunia, seperti bioma tun- dra, bioma gurun, dan bioma savana. Biosfer merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang paling kompleks.
 4. Cabang biologi yang harus diperlajari apabila seseorang ingin memahami kehidupan hewan tersebut adalah....
  • Jawaban: b
    Gambar hewan pada soal menunjukkan kadal. Kadal merupakan contoh hewan yang termasuk dalam kelompok Reptilia. Untuk mempelajari kehidupan Reptilia perlu memahami cabang Biologi yaitu Herpetologi. Sementara itu, Ornitologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari kehidupan unggas. Iktiologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari kehidupan ikan. Fikologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari kehidupan ganggang. Entomologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari kehidupan serangga.
 5. Beberapa jenis mikroorganisme memiliki peranan tertentu bagi kehidupan manusia, baik yang menguntungkan maupun merugikan. cabang biologi yang mempelajari jenis mikroorganisme seperti ditunjukkan dalam pertanyaan I, II dan III secara berurutan adalah....
  • Jawaban: c
    Varicella zoster merupakan salah satu jenis virus. Cabang Biologi yang mempelajari virus yaitu Virologi. Streptococcus lactis merupakan salah satu jenis bakteri. Cabang Biologi yang mempelajari bakteri yaitu Bakteriologi. Aspergillus wentii merupakan salah satu jenis jamur. Cabang Biologi yang mempelajari jamur yaitu Mikologi. Sementara itu, Fisiologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari tentang proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Histologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari tentang susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup.
6. Seorang ilmuwan ingin melakukan penelitian mengenai hewan seperti gambar (semut). Cabang Biologi yang harus dipelajari oleh ilmuwan yaitu....
  • Jawaban: e
    Entomologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari kehidupan serangga dan peranannya bagi makhluk hidup. Ekologi adalah cabang Biologi yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Botani merupakan ilmu yang mengkaji kehidupan tumbuhan dan peranannya bagi makhluk hidup. Anatomi mengkaji tentang struktur dalam tubuh makhluk hidup. Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup. Jadi, cabang ilmu Biologi yang mempelajari semut yaitu Entomologi dan Taksonomi.
 7. Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan udara buruk. berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran /kesehatan, penyakit ini dapat dibasmi dan diupayakan penyembuhan nya. hasil penelitian menunjukan bahwa cara efektif pencegahan Malaria y g disebab kan oleh gigitan nyamuk anopheles sp. adalah Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan udara buruk. berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran /kesehatan, penyakit ini dapat dibasmi dan diupayakan penyembuhan nya. hasil penelitian menunjukan bahwa cara efektif pencegahan Malaria yang disebab kan oleh gigitan nyamuk anopheles sp. adalah....
  • Jawaban: b
    Penyakit malaria disebabkan parasit yang berupa Plasmodium yang hidup dalam darah. Plasmodium ini dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles sp. Nyamuk Anopheles sp. bertelur di air. Telur ini akan menetas menjadi jentik-jentik setelah satu atau dua hari. Oleh karena itu, cara pembasmian nyamuk yang paling tepat adalah dengan memutus siklus hidupnya. Pemutusan siklus hidup nyamuk dapat dilakukan dengan cara menguras bak mandi minimal seminggu dua kali serta mengubur benda atau barang yang dapat digenangi air. Dengan demikian, jentik-jentik tersebut tidak dapat berkembang menjadi nyamuk dewasa. Jadi, pencegahan penyakit malaria yang paling tepat yaitu dengan mencari faktor penyebabnya dan memberantasnya dengan cara yang tepat. Melepas predator nyamuk Anopheles bukanlah usaha yang tepat karena nyamuk Anopheles dapat berkembang biak dengan cepat sehingga memerlukan predator yang cukup banyak. Pilihan c, d, dan e bukanlah usaha pencegahan, tetapi lebih diutamakan cara penanganan penderita malaria.
 8. Cabang biologi yang erat kaitannya dengan fenomena global warming adalah....
  • Jawaban: c
    Fenomena global warming merupakan salah satu dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia. Fenomena tersebut erat kaitannya dengan Ekologi. Ekologi merupakan cabang Biologi yang mengkaji hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya. Adapun Botani mengkaji tentang dunia tumbuhan. Evolusi mengkaji tentang perkembangan makhluk hidup dari yang sederhana sampai yang kompleks. Teratologi merupakan cabang Biologi yang mengkaji tentang per- kembangan embrio. Entomologi mengkaji tentang kehidupan serangga dan peranannya bagi makhluk hidup.
9. Dalam dunia kedokteran, cabang biologi di bidang anatomi dan fisiologi dapat digunakan untuk mengatasi penyembuhan berbagai penyakit manusia yaitu Dalam dunia kedokteran, cabang biologi di bidang anatomi dan fisiologi dapat digunakan untuk mengatasi penyembuhan berbagai penyakit manusia yaitu....
  • Jawaban: b
    Anatomi merupakan cabang Biologi yang mem- pelajari struktur dalam tubuh makhluk hidup. Fisiologi merupakan cabang Biologi yang mempelajari fungsi organ-organ dalam tubuh makhluk hidup. Melalui perkembangan ilmu Anatomi dan Fisiologi, maka penyakit manusia dapat diatasi seperti dengan melakukan pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati.
 10. Dampak positif perkembangan biologi bagi manusia adalah....
  • Jawaban: d
    Dengan berkembangnya biologi, cara-cara pengendalian hama yang efektif semakin mudah ditemukan. Peran perkembangan biologi dalam bidang kedokteran yaitu ditemukannya obat untuk penyembuhan kanker, pembuatan serum, pembuatan antibodi, penemuan antibiotik, dan penanganan operasi pembedahan. Beberapa dampak negatif perkembangan Biologi yaitu ditemukannya organisme yang steril, berkembang- nya teknik kloning manusia, dan penemuan senjata biologis.

1. Apa yang dimaksud dengan objek kajian biologi? Jelaskan!
  • Objek kajian Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Tingkat organisasi tersebut meliputi molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.1.    Objek kajian Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Tingkat organisasi tersebut meliputi molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer. 
2. Jelaskan cabang cabang ilmu dalam biologi yang mempelajari tingkat organisasi kehidupan!
  • a.    Biologi Molekuler yaitu cabang Biologi yang mempelajari tentang penyusunan tubuh makhluk hidup pada tingkat molekuler (tingkat molekuler).
    b.    Genetika yaitu cabang Biologi yang mem- pelajari tentang cara pewarisan sifat pada makhluk hidup (tingkat molekuler).
    c.    Sitologi yaitu cabang Biologi yang mempelajari tentang susunan dan fungsi bagian-bagian sel (tingkat sel).
    d.    Histologi yaitu cabang Biologi yang mem- pelajari tentang susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup (tingkat jaringan).
    e.    Anatomi yaitu cabang Biologi yang mem- pelajari tentang struktur dalam tubuh makhluk hidup (tingkat organ dan sistem organ).
    f.    Fisiologi yaitu cabang Biologi yang mem- pelajari tentang proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup (tingkat organ dan sistem organ).
3. Jelaskan lima karier bebasis biologi dan cabang biologi yang berperan dalam karier tersebut!
  • a.    Entomolog atau ahli serangga yang secara khusus mempelajari Entomologi yaitu cabang Biologi yang mempelajari kehidupan serangga dan peranannya bagi makhluk hidup.
    b.    Ahli forensik yaitu orang yang ahli dalam ilmu bedah tubuh. Secara khusus, ahli forensik mempelajari cabang Biologi pada bidang Anatomi dan Fisiologi.
    c.    Ahli botani yaitu orang yang ahli dalam dunia tumbuhan. Ahli botani mempelajari cabang Biologi yaitu Botani dan cabang Biologi lainnya yaitu Anatomi, Morfologi, dan Taksonomi tumbuhan.
    d.    Ekolog adalah orang yang ahli di bidang lingkungan. Ilmu yang dikaji adalah Ekologi yang mempelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan.
    e.    Ahli zoologi merupakan orang yang ahli dalam kehidupan hewan. Dengan demikian, ilmu yang perlu dikaji yaitu Zoologi yang mempelajari segala sesuatu tentang hewan dan peranannya.
 4. Jelaskan cabang cabang biologi yang mempelajari kehidupan hewan hewan seperti di atas!
  •  a. Gambar I menunjukkan nyamuk (serangga). Cabang Biologi yang mempelajari tentang kehidupan nyamuk (serangga) yaitu Entomologi.
    b.    Gambar II menunjukkan ayam (unggas). Cabang Biologi yang mempelajari tentang kehidupan ayam (unggas) yaitu Ornitologi.
    c.    Gambar III menunjukkan ikan. Cabang Biologi yang mempelajari tentang kehidupan ikan yaitu Iktiologi.
5. Apa manfaat biologi di bidang peternakan dan bidang kedokteran?
  • a. Manfaat Biologi di Bidang Peternakan
    Adanya ilmu Anatomi Hewan, Fisiologi Hewan, Genetika, dan Embriologi Hewan, ilmu Biologi dapat bermanfaat dalam menemukan teknik-teknik berikut.
    1)    Teknik inseminasi buatan untuk me- ningkatkan kualitas ternak.
    2)    Teknik fertilisasi in vitro untuk mem- peroleh spesies unggul.
    b.    Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran
    1)    Adanya Virologi, ilmu Biologi dapat dimanfaatkan dalam menemukan vaksin.
    2)    Adanya Mikrobiologi, ilmu Biologi dapat dimanfaatkan dalam mengidentifikasi beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh beberapa mikro- organisme.
    3)    Adanya Bioteknologi, ilmu Biologi dapat diterapkan dalam teknik bayi tabung dan transplantasi organ.



Latihan 2

1 .Ani ingin melakukan percobaan mengenai pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman tomat.sebelumanya melakukan percobaantersebut,Ani membuat pertanyaan "Bagaimana pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman tomat?".Kegiatan yang di lakukan Ani merupakan langkah metode ilmiah yang berupa....
  • Jawaban: c
    Perumusan masalah bertujuan untuk memper- jelas batasan masalah yang akan dipecahkan. Perumusan masalah biasanya diawali dengan kata tanya seperti apa, mengapa, dan bagaimana. Sebagai contoh, ”Bagaimana pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman tomat?”.
2. Air merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman pada proses pertumbuhan tanaman air berperan melarutkan senyawa-senyawa dalam biji melalui proses imbibisi imbibisi merupakan proses masuknya air ke biji. Pernyataan tersebut merupakan langkah dari metode ilmiah yang berupa....
  • Jawaban: e
    Pengumpulan informasi merupakan salah satu langkah dalam metode ilmiah. Pengumpulan informasi dilakukan dalam bentuk studi referensi yang berupa teori, konsep, dan hasil penelitian yang sesuai dengan masalah yang diajukan.
3. Nadia merencanakan penelitian untuk mengetahui lama pemeraman singkong rebus yang diberi ragi terhadap tingkat kemanisan tape singkong. Variabel bebas pada penelitian tersebut adalah....
  • Jawaban: e
    Variabel bebas yaitu faktor yang dibuat tidak sama atau sengaja diubah-ubah dalam suatu eksperimen. Pada percobaan tersebut faktor yang dibuat tidak sama adalah lama waktu pemeraman. Sementara itu, tingkat kemanisan tapai menjadi variabel tetap. Pilihan a, b, dan c bukan variabel dalam penelitian tersebut.
4.
  • Jawaban: b
    Data dalam penelitian dibedakan menjadi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk angka. Sebagai contoh, jumlah harimau sumatera saat ini hanya sekitar 45 ekor, batang tanaman cabai bertambah tinggi menjadi 10 cm, jumlah daun tanaman tomat sekitar lima buah, dan rata-rata pertambahan akar tanaman cabai sekitar 3 cm. Adapun data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk bukan angka tetapi dalam bentuk deskripsi. Sebagai contoh, daun jambu biji berbentuk lonjong dan berwarna hijau.
5.
  • Jawaban: d
    Opini merupakan keterangan yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Sebagai contoh, tumbuhan di halaman rumah mati kemungkinan karena kekurangan air. Adapun fakta merupakan keterangan yang berupa hasil penelitian yang sudah dapat dipertanggungjawabkan kebenaran- nya. Sebagai contoh, tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, penyakit seriawan disebabkan oleh jamur Candida albicans, polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, serta burung bernapas menggunakan paru-paru dan pundi-pundi udara.
6.
  • Jawaban: c
    Sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti antara lain objektif, jujur, mampu mem- bedakan opini dan fakta, memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan fleksibel, berani mencoba, ber- pendapat secara ilmiah dan kritis, bekerja sama, ulet dan gigih, serta bertanggung jawab. 
7.
  • Jawaban: e
    Seorang peneliti harus banyak membaca buku untuk menambah wawasan sehingga memiliki dasar pemikiran yang kuat dan tepat dalam menyampaikan argumen. Dengan membaca buku, seorang peneliti memiliki pemikiran yang kritis dan ilmiah. Hal ini menunjukkan salah satu sikap ilmiah yaitu berpendapat secara kritis dan ilmiah. Adapun ulet dan gigih berarti seorang peneliti akan selalu mencoba sampai berhasil pada saat menemui kegagalan. Seorang peneliti juga harus memiliki sifat berani mencoba artinya berani mencoba untuk mencari jawaban atas berbagai pertanyaan yang ada dalam pikirannya. Jujur terhadap fakta berarti seorang peneliti harus jujur dalam mengambil dan mengolah data suatu penelitian. Bertanggung jawab berarti seorang peneliti harus bertanggung jawab terhadap hasil penelitiannya. Selain itu, juga harus bertanggung jawab terhadap keselamatan tim dan lingkungan.
8.
  • Jawaban: c
    Pernyataan yang menggambarkan sifat ilmiah berupa peduli terhadap lingkungan yaitu membuang bahan-bahan kimia pada tempat yang telah disediakan. Tindakan ini perlu dilakukan mengingat beberapa bahan kimia memiliki sifat korosif yang dapat merugikan lingkungan. Pembuangan bahan- bahan tersebut ke tempat yang telah disediakan, secara tidak langsung melindungi kelestarian lingkungan dari kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh bahan tersebut jika bahan tersebut dibuang langsung ke lingkungan.
 9.
  • Jawaban: a
    Komponen laporan penelitian yang terdapat di bagian pendahuluan adalah latar belakang penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Adapun data hasil penelitian dan analisis hasil penelitian terdapat dalam komponen hasil dan pembahasan.
10.
  • Jawaban: b
    Metode penelitian berisi tentang waktu dan tempat penelitian, cara kerja penelitian, alat dan bahan yang digunakan, serta cara pengambilan data yang digunakan. Sementara itu, tinjauan pustaka berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan topik penelitian dan hipotesis. Kesimpulan berisi ringkasan dari keseluruhan hasil penelitian. Lampiran berisi tabel, grafik, dan gambar yang mendukung penelitian. Hasil dan pembahasan berisi data dan fakta hasil penelitian, serta analisis data hasil penelitian.

B.    Uraian

1.
a. Rumusan masalah: bagaimanakah pengaruh intensitas cahaya terhadap pertambahan tinggi kecambah kacang hijau?
b. Kesimpulan: cahaya dapat menghambat pertambahan tinggi kecambah kacang hijau.

2.
a. Variabel bebas merupakan variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam suatu penelitian. Variabel bebas dari penelitian pada soal yaitu kadar ekstrak daun brotowali yang berbeda-beda.
b. Variabel terikat merupakan variabel yang muncul akibat adanya variabel bebas. Variabel terikat dari penelitian pada soal yaitu kadar glukosa darah mencit.
c. Variabel kontrol merupakan variabel yang dibuat sama dalam suatu penelitian. Variabel kontrol dari penelitian pada soal yaitu umur mencit dan jenis kelamin mencit.

3.
Fakta adalah informasi yang diperoleh dari bukti- bukti pada data. Jika ilmuwan Biologi menguji kembali fakta tersebut maka hasil pengerjaan, pengukuran, dan pengamatan akan menunjukkan hasil yang sama secara berulang kali, siapa pun yang mengerjakannya. Opini adalah pendapat mengenai suatu subjek khusus atau peristiwa tertentu. Opini dapat berdasarkan fakta atau tidak. Meskipun berdasarkan fakta, biasanya tidak ada data spesifik dari pengujian, pengukuran, atau pengamatan. Pengetahuan tentang perbedaan antara opini dan fakta merupakan hal penting yang harus diketahui peneliti agar hasil penelitiannya tepat dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
4.
Seorang peneliti harus berpendapat secara ilmiah dan kritis. Sikap ilmiah tersebut berarti setiap berpendapat, peneliti harus memiliki dasar ilmiah dan tidak mengada-ada tanpa bukti sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, hasil penelitiannya memiliki dasar yang akurat.
5.
Sebelum melakukan penelitian seorang peneliti harus melakukan persiapan sebagai berikut.
a.    Membuat rancangan penelitian.
b.    Menyiapkan alat yang digunakan selama penelitian.
c.    Menyiapkan bahan yang dibutuhkan selama penelitian.
d.    Menentukan kelompok penelitian meliputi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.
e.    Menentukan variabel-variabel dalam pe- nelitian yang meliputi variabel terikat, variabel kontrol, dan variabel bebas.































Belum ada Komentar untuk "Ruang Lingkup Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel