Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia

Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia - Hallo blogger, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami dan jangan di salah gunakan untuk menyotek. Untuk artikel selanjutnya Pedagang, Penguasa, dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha). Baiklah, selamat membaca.



Latihan 1
1
Masa berakhirnya periode praaksara di setiap tempat tidak sama. Indonesia memasuki masa aksara sekitar abad IV-V masehi yang dibuktikan dengan....
a. masuknya pedagang Arab yang membawa agama islam
b. penemuan yupa peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan timur
c. penemuan benda-benda yang terbuat dari perunggu di kepulauan Indonesia
d. migrasi penduduk dari wilayah Asia bagian Utara menuju kepulauan Indonesia
e. adanya perdagangan antara pedagang India dan masyarakat pesisir di Indonesia
Jawaban:  b
Masa  praaksara  berakhir  sejak  manusia  mulaimengenal tulisan. Manusia di Indonesia mengenaltulisan  sekira  abad  IV–V  Masehi.  Buktiberakhirnya  masa  praaksara,  yaitu  penemuanYupa peninggalan Kerajaan Kutai di Muara Kaman,Kalimantan  Timur.  Yupa  merupakan  sebuahprasasti  dengan  huruf  pallawa  dan  bahasaSanskerta   yang   menceritakan   tentangkeberadaan Kerajaan Kutai.
2

Jawaban:  c
Sejarawan  lebih  memilih  menggunakan  istilahpraaksara daripada prasejarah. Istilah prasejarahdinilai kurang tepat karena dapat diartikan sebagaimasa sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarahberarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia.Dalam kenyataannya meskipun belum mengenaltulisan, manusia sudah memiliki sejarah dan sudahmenghasilkan kebudayaan.
3

Jawaban:  c
Untuk menyelidiki tentang zaman praaksara, parasejarawan menggunakan metode penelitian ilmuarkeologi. Ilmu arkeologi mengkaji bukti-bukti ataujejak tinggalan fisik kehidupan masa lalu dalambentuk  artefak,  fosil,  monumen,  candi,  dansebagainya. Dengan pendekatan arkeologi, penelitidapat merekonstruksi kehidupan manusia melaluibenda-benda artefak yang usianya sudah ribuan,bahkan jutaan tahun lalu.
4

Jawaban:  c
Data  etnografi  menunjukkan  bahwa  kehidupanmasyarakat  pada  masa  praaksara  masih  ber-langsung  hingga  sekarang.  Kebudayaanmasyarakat  pada  masa  praaksara  seperti  polahunian,  pola  pertanian  subsisten,  teknologitradisional,  dan  sistem  kepercayaan  menjadifondasi kebudayaan pada masa sekarang. Salahsatu  budaya  bercocok  tanam  yang  masihditerapkan hingga sekarang adalah metode slashand  burn.  Metode  slash  and  burn  merupakanmetode tebang dan bakar. Metode ini dilakukandengan  cara  menebang  dan  membakar  lahansetelah  masa  bercocok  tanam  selesai.  Lahanyang dibakar kemudian di tinggalkan hingga lahantersebut siap kembali ditanami.
5

Jawaban:  a
Manusia  praaksara  telah  menjalankan  prinsipmanusia sebagai makhluk sosial. Mereka hidupsecara berkelompok dengan cara tinggal di gua-gua.  Selain  itu,  manusia  pada  masa  praaksarasudah memiliki kesadaran membangun kebudaya-an secara bersama-sama. Bukti adanya kebudaya-an  ini  ditunjukkan  di  sejumlah  situs  gua  purba.Cara hidup demikian menandakan manusia padamasa praaksara memiliki kesadaran sosial.Jawaban:  aManusia  praaksara  telah  menjalankan  prinsipmanusia sebagai makhluk sosial. Mereka hidupsecara berkelompok dengan cara tinggal di gua-gua.  Selain  itu,  manusia  pada  masa  praaksarasudah memiliki kesadaran membangun kebudaya-an secara bersama-sama. Bukti adanya kebudaya-an  ini  ditunjukkan  di  sejumlah  situs  gua  purba.Cara hidup demikian menandakan manusia padamasa praaksara memiliki kesadaran sosial.
6

Jawaban:  b
Cara    manusia    pada    masa    praaksaramenyesuaikan  diri  terhadap  kondisi  alamdilakukan dengan tindakan berikut.1)Hidup dengan cara berpindah-pindah untukmendapatkan makanan.2)membuat  peralatan  batu  untuk  keperluanberburu dan mencari makanan.3)bercocok  tanaman  atau  membuka  lahanpertanian  sebagai  antisipasi  menipisnyakebutuhan pangan.Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh nomor1), 3), dan 4).Jawaban:  bCara    manusia    pada    masa    praaksaramenyesuaikan  diri  terhadap  kondisi  alamdilakukan dengan tindakan berikut.
1)Hidup dengan cara berpindah-pindah untukmendapatkan makanan.
2)membuat  peralatan  batu  untuk  keperluanberburu dan mencari makanan.
3)bercocok  tanaman  atau  membuka  lahanpertanian  sebagai  antisipasi  menipisnya kebutuhan pangan.
Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh nomor1), 3), dan 4).
7

Jawaban:  a
Kehidupan manusia pada masa praaksara masihsangat sederhana. Manusia pada masa ini belummengenal tulisan. Meskipun demikian, manusiasudah mampu menciptakan produk kebudayaanberupa  teknologi  batu  yang  masih  sangatsederhana. Kemampuan menciptakan teknologidari  batu  tersebut  tidak  lepas  dari  kemampuanmanusia dalam mengamati dan melakukan prosesbelajar  dari  lingkungan  di  sekitar  tempattinggalnya. Melalui pengamatan, manusia masapraaksara dapat mengembangkan kebudayaanmereka.Jawaban:  aKehidupan manusia pada masa praaksara masihsangat sederhana. Manusia pada masa ini belummengenal tulisan. Meskipun demikian, manusiasudah mampu menciptakan produk kebudayaanberupa  teknologi  batu  yang  masih  sangatsederhana. Kemampuan menciptakan teknologidari  batu  tersebut  tidak  lepas  dari  kemampuanmanusia dalam mengamati dan melakukan prosesbelajar  dari  lingkungan  di  sekitar  tempattinggalnya. Melalui pengamatan, manusia masapraaksara dapat mengembangkan kebudayaanmereka.
8

Jawaban:  e
Kehidupan  masyarakat  pada  masa  praaksaramasih sederhana. Pada periode awal praaksaramanusia menggantungkan hidup dari alam sekitar.Dengan semangat pantang menyerah, manusiapurba  berusaha  memenuhi  kebutuhan  hidupdengan  berburu  hewan  dan  mengumpulkanmakanan seperti umbi-umbian dan buah-buahanyang diambil dari sekitar mereka.Jawaban:  eKehidupan  masyarakat  pada  masa  praaksaramasih sederhana. Pada periode awal praaksaramanusia menggantungkan hidup dari alam sekitar.Dengan semangat pantang menyerah, manusiapurba  berusaha  memenuhi  kebutuhan  hidupdengan  berburu  hewan  dan  mengumpulkanmakanan seperti umbi-umbian dan buah-buahanyang diambil dari sekitar mereka.
9

Jawaban:  d
Fosil  dan  artefak  merupakan  dua  komponenpenting bagi kehidupan purba. Fosil manusia purbasangat penting keberadaannya untuk menyingkapkehidupan  pada  masa  praaksara  di  Indonesia.Dalam hal ini fosil menjadi sumber untuk menelitikehidupan  pada  masa  praaksara.  Selain  fosil,sumber  sejarah  yang  dapat  digunakan  untukmeneliti  masa  praaksara  adalah  artefak  pe-ninggalan manusia purba.Jawaban:  dFosil  dan  artefak  merupakan  dua  komponenpenting bagi kehidupan purba. Fosil manusia purbasangat penting keberadaannya untuk menyingkapkehidupan  pada  masa  praaksara  di  Indonesia.Dalam hal ini fosil menjadi sumber untuk menelitikehidupan  pada  masa  praaksara.  Selain  fosil,sumber  sejarah  yang  dapat  digunakan  untukmeneliti  masa  praaksara  adalah  artefak  pe-ninggalan manusia purba.
10

Jawaban:  d
Praaksara  berasal  dari  kata  ”pra”  yang  berartisebelum dan ”aksara” yang berarti tulisan. Masapraaksara merupakan masa yang cukup pentingbagi  kajian  sejarah.  Periode  masa  praaksaraberlangsung sejak alam semesta terbentuk hinggamanusia mampu membuat catatan tertulis.Jawaban:  dPraaksara  berasal  dari  kata  ”pra”  yang  berartisebelum dan ”aksara” yang berarti tulisan. Masapraaksara merupakan masa yang cukup pentingbagi  kajian  sejarah.  Periode  masa  praaksaraberlangsung sejak alam semesta terbentuk hinggamanusia mampu membuat catatan tertulis.

Uraian
1

Jawaban:
Beberapa upaya pelestarian peninggalan masapraaksara sebagai berikut.
a.Menjaga peninggalan praaksara yang telahditetapkan  sebagai  cagar  budaya,  sepertisitus  megalitikum.
b.Melakukan  sosialisasi  agar  masyarakatterlibat dalam upaya pelestarian peninggalan bersejarah.
c.Mempelajari  teknik  pembuatan  peralatansederhana  dari  masa  praaksara  sepertikerajinan gerabah.d.Mengenal bentuk-bentuk peninggalan budayamasa praaksara dari berbagai literatur.
2

Jawaban:
Berakhirnya  zaman  praaksara  di  setiap  daerahberbeda-beda. Perbedaan ini berdasarkan padapenemuan bukti tertulis di daerah tersebut. Sebagaicontoh  zaman  praaksara  di  Indonesia  berakhirpada tahun 400 Masehi. Penemuan tulisan Pallawapada yupa peninggalan Kerajaan Kutai menandaiberakhirnya zaman praaksara di Indonesia.Jawaban:Berakhirnya  zaman  praaksara  di  setiap  daerahberbeda-beda. Perbedaan ini berdasarkan padapenemuan bukti tertulis di daerah tersebut. Sebagaicontoh  zaman  praaksara  di  Indonesia  berakhirpada tahun 400 Masehi. Penemuan tulisan Pallawapada yupa peninggalan Kerajaan Kutai menandaiberakhirnya zaman praaksara di Indonesia.
3

Jawaban:
Kehidupan pada masa praaksara dapat dipelajarimelalui benda-benda peninggalannya, misalnyafosil  atau  artefak.  Fosil  merupakan  sisa-sisatulang manusia atau hewan yang telah membatu,sedangkan artefak adalah benda-benda peninggal-an kehidupan masyarakat pada masa praaksara.Mempelajari  zaman  praaksara  juga  dapatmenggunakan ilmu bantu lain seperti arkeologi,biologi, geologi, dan antropologi. Ilmu arkeologiadalah  bidang  ilmu  yang  mengkaji  bukti-buktipeninggalan  fisik  berupa  artefak  dan  fosil.Sementara  itu,  ilmu  geologi  membantu  dalammenganalisis tentang lapisan dan usia tanah.
4

Jawaban:
Kehidupan  masa  praaksara  mempunyai  artipenting sebagai pembelajaran untuk menumbuh-kan kesadaran tentang asal-usul manusia. Dalamkehidupannya, manusia senantiasa mencari tahuasal-usul mereka. Kesadaran tentang pengetahu-an ini sangat penting untuk menunjukkan identitasmanusia pada masa sekarang. Dengan identitasyang  dimilikinya,  manusia  tidak  mudah  ter-ombang-ambing oleh berbagai unsur kebudayaandi luar dirinya.Jawaban:Kehidupan  masa  praaksara  mempunyai  artipenting sebagai pembelajaran untuk menumbuh-kan kesadaran tentang asal-usul manusia. Dalamkehidupannya, manusia senantiasa mencari tahuasal-usul mereka. Kesadaran tentang pengetahu-an ini sangat penting untuk menunjukkan identitasmanusia pada masa sekarang. Dengan identitasyang  dimilikinya,  manusia  tidak  mudah  ter-ombang-ambing oleh berbagai unsur kebudayaandi luar dirinya.
5

Jawaban:
Banyak unsur kehidupan masa praaksara yangmasih berlangsung hingga saat ini. Data etnografimenunjukkan bahwa kehidupan masa praaksaradalam berbagai aspek seperti pola hunian, polapertanian subsistensi, teknologi tradisional, dankonsep  kepercayaan  pada  masa  sekarangmerupakan kesinambungan dari masa praaksara.Hal yang sama juga ditunjukkan dalam kebiasaansehari-hari  seperti  memiara  ternak,  hidupnomaden, serta sistem pertanian slash and burnpada dasarnya berakar sejak masa praaksara.Jawaban:Banyak unsur kehidupan masa praaksara yangmasih berlangsung hingga saat ini. Data etnografimenunjukkan bahwa kehidupan masa praaksaradalam berbagai aspek seperti pola hunian, polapertanian subsistensi, teknologi tradisional, dankonsep  kepercayaan  pada  masa  sekarangmerupakan kesinambungan dari masa praaksara.Hal yang sama juga ditunjukkan dalam kebiasaansehari-hari  seperti  memiara  ternak,  hidupnomaden, serta sistem pertanian slash and burnpada dasarnya berakar sejak masa praaksara.

Latihan 2
1

Jawaban:  b
Keterangan pada soal menggambarkan kehidupanpada  zaman  arkeozoikum.  Masa  arkeozoikummerupakan  salah  satu  pembabakan  masapraaksara  berdasarkan  geologi.  Masa  ini  ber-langsung  sekira  4,5–2,5  miliar  tahun  lalu.  Padamasa ini terjadi pembentukan batuan kerak bumiyang kemudian berkembang menjadi protokontinen.Masa arkeozoikum ditandai dengan pembentukanlempeng tektonik yang menyebabkan gempa.Jawaban:  bKeterangan pada soal menggambarkan kehidupanpada  zaman  arkeozoikum.  Masa  arkeozoikummerupakan  salah  satu  pembabakan  masapraaksara  berdasarkan  geologi.  Masa  ini  ber-langsung  sekira  4,5–2,5  miliar  tahun  lalu.  Padamasa ini terjadi pembentukan batuan kerak bumiyang kemudian berkembang menjadi protokontinen.Masa arkeozoikum ditandai dengan pembentukanlempeng tektonik yang menyebabkan gempa.
2

Jawaban:  d
Masa mesozoikum terbagi menjadi tiga periode,yaitu  trias,  jura,  dan  kapur.  Masa  mesozoikummerupakan masa yang penting bagi kehidupanmakhluk hidup. Dikatakan demikian karena padamasa ini kondisi bumi sudah stabil. Selain itu, iklimpada masa ini sudah bersahabat dan curah hujanmulai  menurun.  Masa  mesozoikum  ditandaikemunculan binatang reptil dalam ukuran besarseperti   tyranosaurus,   spinosaurus,   danbrontosaurus.Jawaban:  dMasa mesozoikum terbagi menjadi tiga periode,yaitu  trias,  jura,  dan  kapur.  Masa  mesozoikummerupakan masa yang penting bagi kehidupanmakhluk hidup. Dikatakan demikian karena padamasa ini kondisi bumi sudah stabil. Selain itu, iklimpada masa ini sudah bersahabat dan curah hujanmulai  menurun.  Masa  mesozoikum  ditandaikemunculan binatang reptil dalam ukuran besarseperti   tyranosaurus,   spinosaurus,   danbrontosaurus.
3

Jawaban:  a
Paparan  Sunda  adalah  daratan  yang  meng-hubungkan  Kepulauan  Indonesia  bagian  baratdengan  daratan  Asia.  Sementara  itu,  paparanSahul  adalah  daratan  yang  menghubungkanKepulauan Indonesia bagian timur dan Australia.Antara Paparan Sunda dan Paparan Sahul terdapatzona pemisah yang disebut zona Wallace. Jadi,jawaban  yang  tepat  ditunjukkan  oleh  nomor1) dan 2).
4

Jawaban:  a
Proses interglasiasi pada periode holosen telahmengubah  sebagian  besar  daratan  Sumatra,Kalimantan,  dan  Jawa.  Selain  itu,  kondisi  inimenyebabkan  pemisahan  wilayah  Indonesiabagian barat dari Benua Asia, sedangkan wilayahIndonesia  timur  terpisah  dari  Benua  Australia.Kondisi ini menjadi awal pembentukan KepulauanIndonesia.
5

Jawaban:  b
Proses tektonik di Pulau Jawa telah menimbulkanderetan gunungapi yang membentang dari baratke  timur.  Proses  tumbukan  antara  lempengEurasia  dan  lempeng  Indo–Australia  jugamenimbulkan  pengangkatan  daratan  baru  dibagian selatan Pulau Jawa. Pengangkatan daratanbaru  tersebut  dibuktikan  dengan  banyaknyagunung  kapur  di  sekitar  pantai  selatan  Jawa.Gunung  kapur  tersebut  dahulunya  merupakanterumbu karang yang berada di lautan.
6

awaban:  e
Zaman tersier ditandai dengan rangkaian aktivitastektonik  yang  menyebabkan  terbentuknyaKepulauan Indonesia. Para ahli memperkirakanKepulauan Indonesia terbentuk pada zaman tersiersekira  60  juta  tahun  lalu.  Kepulauan  Indonesiaterbentuk dari rangkaian aktivitas tektonis yangkuat karena terletak di pertemuan tiga lempengdunia,  yaitu  lempeng  Indo–Australia  di  selatan,lempeng Eurasia di utara, dan lempeng Pasifik ditimur.
7

Jawaban:  d
Pulau Kalimantan terbentuk dari pecahan benuaraksasa  pada  masa  awal  pembentukan  per-mukaan bumi. Pada masa dahulu di bumi hanyaterdapat satu daratan luas yang bernama Pangaea.Akibat aktivitas tektonik, Benua Pangaea menjaditerpecah menjadi dua, yaitu Gondwana di utaradan Laurasia di selatan. Selanjutnya, kedua benuatersebut  terpecah-pecah  menjadi  benua-benuaseperti sekarang.
8

Jawaban:  a
Pulau Sulawesi terbentuk pada masa pleistosenyang ditandai dengan pemekaran dasar samudradi laut antara Kalimantan dan Sulawesi. Prosespemekaran  menyebabkan  daratan  Sulawesiterpisah dari daratan Kalimantan. Daratan Sulawesikemudian bergerak ke arah timur menjauhi PulauKalimantan. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkanoleh nomor 1), 2), dan 3).
9

Jawaban:  c
Akibat proses interglasiasi (pencairan kembali airlaut)  pada  periode  holosen,  sebagian  daratanSumatra,  Kalimantan,  dan  Jawa  tenggelammenjadi  laut  dangkal.  Kondisi  ini  menyebabkanpemisahan wilayah Indonesia bagian barat denganBenua Asia, sedangkan wilayah Indonesia bagiantimur  terpisah  dari  Benua  Australia.  Perubahanakibat  proses  interglasiasi  tersebut  sangatmemengaruhi  kehidupan  flora  dan  fauna  diIndonesia. Flora dan fauna di wilayah IndonesiaB.  Terbentuknya Kepulauan Indonesia bagian barat memiliki kemiripan dengan jenis floradan fauna di wilayah Asia daratan. Sementara itu,flora dan fauna wilayah Indonesia timur memilikikemiripan  dengan  flora  dan  fauna  di  daratanAustralia
10

Jawaban:  d
Gambar  pada  soal  menunjukkan  prosespemisahan  wilayah  Sulawesi  dari  Kalimantan.Proses ini terjadi pada periode pleistosen. Padaperiode pleistosen terjadi proses pemekaran dasarsamudra di laut antara Kalimantan dan Sulawesi.Proses  pemekaran  menyebabkan  daratanSulawesi  terpisah  dengan  daratan  Kalimatan.Selanjutnya, daratan Sulawesi bergerak ke arahtimur menjauhi Pulau Kalimantan.

Uraian
1

Jawaban:
Zaman neozoikum berlangsung sekira 65–1,8 jutatahun  lalu.  Pada  zaman  ini  binatang-binatangraksasa  mengalami  kepunahan  dan  digantikandengan binatang-binatang baru. Zaman neozoikumdibagi menjadi periode berikut.
a. Tersier, berlangsung sekira 6,5–1,8 juta tahunlalu. Pada zaman tersier muncul primata danburung tidak bergigi berukuran besar. Selainitu, muncul fauna laut seperti ikan, molusca,echinodermata yang mirip dengan fauna lautsekarang.  Zaman  ini  ditandai  dengankepunahan  binatang-binatang  secara  silihberganti akibat perubahan iklim global yangekstrem.
B. Kuarter, berlangsung sejak 1,8 juta tahun lalu.Zaman  kuarter  dibedakan  menjadi  duaperiode,  yaitu  kala  pleistosen  dan  kalaholosen. Pada kala pleistosen terjadi lima kalizaman es atau zaman glasial. Pada zamanglasial sebagian besar Eropa, Amerika Utara,dan  Asia  bagian  utara  tertutup  es.  Padazaman pleistosen ini telah muncul manusiapurba Homo erectus. Sementara itu, zamanholosen  ditandai  dengan  kemunculanmanusia modern.
2

Jawaban:
Pemisahan  wilayah  barat  Kepulauan  Indonesiadengan daratan Asia terjadi pada masa holosen.Pada  masa  ini  terjadi  proses  interglasiasi(pencairan kembali air laut). Proses interglasiasimengakibatkan sebagian besar wilayah daratanSumatra,  Kalimantan,  dan  Jawa  tenggelammenjadi  laut  dangkal.  Kondisi  ini  menyebabkanpemisahan wilayah Indonesia bagian barat dariBenua  Asia.  Pemisahan  ini  berdampak  padakehidupan flora dan fauna di Indonesia. Flora danfauna di wilayah Indonesia bagian barat memilikikemiripan dengan jenis flora dan fauna di wilayah Asia daratan.
3

Jawaban:
Pulau Sumatra terletak di zona tumbukan antaralempeng  Indo–Australia  dan  lempeng  Eurasiasehingga  secara  geologis  merupakan  wilayahyang tidak stabil dan rawan gempa. Menurut pakargeologi, Pulau Sumatra terbentuk dari pecahanEurasia akibat aktivitas tektonik lempeng Indo–Australia dan lempeng Eurasia.
4

Jawaban:
Paparan Sunda adalah daratan yang menghubung-kan wilayah Indonesia bagian barat dengan BenuaAsia, sedangkan Paparan Sahul adalah daratanyang menghubungkan wilayah Indonesia bagiantimur dengan Benua Australia. Beberapa pulauyang  terbentuk  dari  pecahan  Paparan  Sundaadalah  Pulau  Sumatra,  Jawa,  Kalimantan,Bangka,  Belitung,  dan  Madura.  Sementara  itu,salah  satu  pulau  yang  berasal  dari  pecahanPaparan Sahul adalah Pulau Papua.
5

Jawaban:
Pulau Papua mulai terbentuk pada 60 juta tahunlalu. Saat itu Pulau Papua masih berada di dasarlaut. Pulau ini terbentuk dari sedimen bebatuanyang  diendapkan  oleh  Benua  Australia.Selanjutnya,  proses  pengendapan  intensif  dariBenua Australia menghasilkan daratan baru. Daratanini masih menyatu dengan Benua Australia. Padasaat bersamaan, proses pengangkatan dasar lautberlangsung secara terus menerus. Pulau Papuasedikit  demi  sedikit  mengalami  pemisahan  dariBenua  Australia  pada  akhir  zaman  es  sekira15.000 tahun yang lalu.

Latihan 3
1

Jawaban:  e
Penelitian  purbakala  di  Sangiran  dimulai  olehP.E.C. Schemulling pada tahun 1864. Akan tetapi,penelitian ini belum menemukan keberadaan fosilmanusia purba. Penemuan fosil manusia purbabaru  membuahkan  hasil  ketika  von  Konigswaldmelakukan penelitian pada tahun 1936. Denganbantuan warga, von Konigswald menemukan fosilmanusia  jenis  Homo  erectus.  Oleh  karena  fosiltersebut merupakan temuan fosil pertama, fosilitu diberi kode S1 (Sangiran 1).
2

Jawaban:  e
Fosil Homo floresiensis ditemukan pertama kalioleh  gabungan  ilmuwan  dari  Australia  danIndonesia  pada  penggalian  tahun  2003  di  GuaLiang Bua, Flores. Homo floresiensis diperkirakanmemiliki  ukuran  yang  sama  dengan  anak-anakberusia  lima  tahun.  Manusia  purba  ini  memilikitinggi badan sekira 100 cm, berat badan 30 kg,dan volume otak 400 cc. Homo floresiensis hidupdi  Pulau  Flores  sekira  18.000  tahun  lalu.  Jadi,jawaban  yang  tepat  ditunjukkan  oleh  nomor3), 4), dan 5).
3

Jawaban:  b
Meganthropus  palaeojavanicus  diperkirakansebagai spesies manusia purba tertua di PulauJawa. Fosil manusia purba ini ditemukan oleh vonKoenigswald  di  Desa  Sangiran,  lembah  SungaiBengawan  Solo  pada  tahun  1941.  Fosil  yangditemukan berupa fragmen rahang bawah sebelahkanan (dengan kedua geraham muka dan gerahambawah), rahang atas sebelah kiri (dengan gerahamkedua dan ketiga), dan gigi lepas.
4

Jawaban:  d
Homo  sapiens  memiliki  keterampilan  dan  ke-cerdasan tinggi. Manusia purba ini memiliki volumeotak  lebih  besar  dibanding  Meganthropus  danPithecanthropus.  Volume  otak  Homo  sapiens1.000–2.000  cc,  sedangkan  volume  otakMeganthropus dan Pithecanthropus hanya 750–1.000 cc. Oleh karena itu, Homo sapiens disebutsebagai manusia cerdas.
5

Jawaban:  c
Homo  floresiensis  memiliki  tubuh  mungil  atausering disebut hobbit. Ukuran Homo florensiensisdiperkirakan tidak lebih besar dari anak-anak usialima  tahun.  Homo  floresiensis  diperkirakanmemiliki  tinggi  badan  sekira  100  cm  dan  beratbadan 30 kg. Selain itu, Homo florensiensis sudahberjalan tegak dan tidak memiliki dagu.
6

Jawaban:  e
Tokoh pada gambar soal adalah Eugene Dubois.Eugene Dubois berkontribusi dalam menemukanfosil  manusia  purba  di  lembah  Sungai  Brantas,Wajak, Tulungagung, Jawa Timur. Eugene Duboismenemukan fosil manusia purba yang kemudiandiberi nama Homo wajakensis. Homo wajakensisdiperkirakan hidup sekira 40–25 ribu tahun yanglalu.
7

Jawaban:  c
Pithecanthropus  erectus  atau  Homo  erectusmerupakan  jenis  manusia  purba  yang  memilikidaerah persebaran paling luas di Indonesia. Olehkarena itu, jumlah fragmen yang ditemukan lebihbanyak  dibandingkan  dengan  Meganthropuspalaeojavanicus     dan     Pithecanthropusmojokertensis.
8

Jawaban:  a
Manusia purba yang hidup pada masa paleolitikumantara lain Meganthropus palaeojavanicus, Homoerectus,  dan  Homo  wajakensis.  Meganthropuspalaeojavanicus hidup sekira 2–1 juta tahun lalu.Homo erectus hidup sekira 1 juta–500 ribu tahunlalu. Sementara itu, Homo wajakensis hidup sekira80 ribu tahun lalu.
9

Jawaban:  c
Wilayah Sangiran berbentuk menyerupai kubahraksasa. Di pusat kubah terdapat cekungan besarakibat erosi di bagian puncaknya. Kubah raksasatersebut  diwarnai  dengan  perbukitan  ber-gelombang.  Kondisi  deformasi  geologis  itumenyebabkan  tersingkapnya  keberadaan  fosilmanusia purba dan fosil-fosil binatang purba.
10

Jawaban:  e
Fosil  Homo  erectus  ditemukan  Eugene  Duboispada tahun 1890. Penemuan fosil tersebut meng-gemparkan dunia ilmu pengetahuan, khususnyabidang paleoantropologi dan biologi karena Homoerectus  dianggap  sebagai  missink  link  (matarantai yang hilang). Eugene Dubois berpendapatbahwa  Homo  erectus    merupakan  bukti  masatransisi perubahan kera menjadi manusia. Transisiini terlihat dari volume otak Homo erectus yangberkisar 900 cc. Volume otak tersebut berada diatas kera dan di bawah manusia.
11

Jawaban:  d
Melalui teori Evolusi Charles Darwin mengemuka-kan bahwa manusia memiliki kesamaan denganmikroorganisme lain yang hidup di alam. Manusiabukan hasil penciptaan secara seketika melainkanterbentuk  melalui  proses  yang  sangat  panjangselama ribuan bahkan jutaan tahun lalu. Prosesyang dilalui oleh manusia itu adalah proses seleksialam (survival of the fittes) yang disebut prosesevolusi. Proses evolusi adalah proses perubahanmanusia dari bentuk yang sederhana (hominid)hingga  menjadi  manusia  sempurna  (Homosapiens).
12

Jawaban:  c
Situs Trinil merupakan situs yang terletak di tepiSungai  Bengawan  Solo.  Situs  yang  terletak  diKecamatan Kedunggalar, Ngawi, menjadi huniankehidupan purba pada masa pleistosen tengah.Situs  ini  semakin  menarik  perhatian  EugeneDubois  setelah  ia  berhasil  menemukan  fosilmanusia purba jenis Homo erectus.
13

Jawaban:  c
Setelah mengalami evolusi ribuan tahun, munculspesies  Homo  sapiens  yang  berarti  manusiacerdas. Manusia jenis ini sudah mampu membuatperalatan sederhana dari batu dan tulang yangdigunakan untuk berburu dan mengolah makanan.Kehidupan  Homo  sapiens  masih  mengembaraatau  berpindah-pindah.  Oleh  karena  itu,  Homosapiens belum memiliki tempat tinggal menetap.
14

Jawaban:  b
Penemuan fosil Homo floresiensis memunculkanperbedaan  pendapat.  Beberapa  ilmuwanmemercayai bahwa Homo floresiensis merupakanketurunan Homo erectus yang hidup 1 juta tahunyang  lalu.  Akibat  proses  seleksi  alam,  merekaberevolusi menjadi bentuk yang lebih kecil. Halini dibuktikan dengan penemuan fosil gajah purbadi  Flores  yang  juga  memiliki  ukuran  kecil.Pandangan  ini  ditentang  oleh  para  peneliti  dariUniversitas Gadjah Mada yang menyakini bahwaHomo floresiensis bukan merupakan spesies baru.Homo floresiensis merupakan nenek moyang dariorang-orang katai Flores yang menderita penyakitmicrocephalia.  Penyakit  microchepalia adalahpenyakit  yang  menyebabkan  ukuran  tengkorakdan otak kecil.
15

Jawaban:  c
Sebagian ilmuwan yang menemukan fosil Homofloresiensis  menyebut  bahwa  manusia  jenis  inimerupakan hasil evolusi dari Homo erectus yanghidup di Asia Tenggara sekira 1 juta tahun lalu.Akibat  seleksi  alam,  tubuh  mereka  berevolusimenjadi lebih kecil. Hipotesis ini didasarkan padapenemuan  berbagai  peralatan  yang  biasadigunakan  Homo  erectus  di  sekitar  fosil  Homofloresiensis. Selain itu, di Flores ditemukan fosilstegodon (gajah purba) yang berukuran kecil. Fosilgajah purba yang berukuran kecil menjadi buktiadanya kemungkinan evolusi menjadi ukuran yanglebih kecil.

Uraian
1

Jawaban:
Sangiran dapat dikatakan sebagai laboratoriummanusia  purba.  Dikatakan  demikian  karena  diSangiran ditemukan banyak fosil manusia purba.Penemuan ini sangat berperan untuk mengungkapkehidupan zaman praaksara. Sebagai pengharga-an  atas  peran  Sangiran  dalam  mengungkapkehidupan  purba  di  Indonesia,  UNESCOmenetapkan  Sangiran  sebagai  Warisan  Duniapada tahun 1996, yang tercantum dalam Nomor593 Daftar Warisan Dunia (World Heritage List).
2

Jawaban:
Ciri fisik Homo erectus sebagai berikut.
a. Berbadan tegap.b.Hidung lebar.
c. Dagu tidak ada.d.Alat pengunyah kuat.
e. Berat badan 80–100 kg.
f. Muka didominasi oleh bagian rahang yang menonjol.
3

Jawaban:
Menurut teori evolusi manusia yang dicetuskanCharles Darwin, manusia mengalami perubahanfisik  dalam  waktu  yang  lama  dari  spesies  kerahingga  menjadi  manusia  modern.  Perubahantersebut terjadi akibat perubahan kondisi zaman.Berbekal teori evolusi Darwin tersebut, para ahlipurbakala berupaya menemukan wujud evolusiawal  manusia.  Eugene  Dubois  merupakan  ahlipaleoantologi yang meyakini bahwa ada spesiespenghubung antara manusia dan kera. Manusiapurba jenis Homo erectus yang ditemukan EugeneDubois tersebut akhirnya diyakini sebagai missinglink.
4

Jawaban:
Manusia  purba  Homo  sapiens  berarti  manusiapurba  cerdas.  Manusia  jenis  ini  telah  mampumembuat  peralatan  sederhana  dari  batu  dantulang  yang  digunakan  untuk  berburu  danmengolah makanan. Mereka sudah memiliki akaldan  sifat  seperti  manusia  modern.  Kehidupanmanusia  Homo  sapiens  masih  sederhana  danmasih mengembara. Homo sapiens mempunyaikemampuan  bertahan  lebih  tangguh  daripadaspesies sebelumnya.
5

Jawaban:
Homo  floresiensis  berhasil  ditemukan  parailmuwan Australia dan Indonesia dari penggaliandi  Gua  Liang  Bua,  Flores,  pada  tahun  2003.Berbeda  dengan  hasil  temuan  fosil  tengkorakmanusia purba sebelumnya, fosil tengkorak yangditemukan di gua Liang Bua berukuran kecil. Disamping  itu,  ukuran  tubuhnya  hanya  memilikitinggi badan 100 cm dan berat badan 30 kg. Besartubuhnya diperkirakan seperti anak-anak usia limatahun.  Meskipun  demikian,  Homo  floresiensissudah dapat berdiri tegak. Bentuk tubuhnya yangkecil ini menyebabkan Homo floresiensis disebut“hobbit  dari  Flores”.  Keberadaan  Homofloresiensis ini memunculkan polemik di kalanganpara ilmuwan. Ada dua pendapat yang berbedamengenai spesies ini. Pertama, ada ilmuwan yangmenilai  bahwa  Homo  floresiensis  merupakanspesies baru manusia. Akan tetapi, para penelitidari Universitas Gadjah Mada berpendapat bahwaHomo floresiensis merupakan nenek moyang dariorang-orang  katai  (pendek)  yang  menderitapenyakit microcephalia.

Latihan 4

1

Jawaban:  a
Faktor  yang  mendorong  bangsa  Proto  Melayubermigrasi ke wilayah Kepulauan Indonesia adalahterjadinya perang antarsuku dan desakan suku-suku liar yang datang dari Asia Tengah. Adapunfaktor  alam  yang  memengaruhi  bangsa  ProtoMelayu bermigrasi adalah bencana banjir akibatluapan Sungai Yangtse, Tiongkok Selatan.
2

Jawaban:  c
Muhammad Yamin merupakan salah satu tokohpendukung  teori  Nusantara.  Teori  Nusantaramenyatakan  bahwa  nenek  moyang  bangsaIndonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri.
3

Jawaban:  d
Bangsa  Deutro  Melayu  bermigrasi  ke  wilayahIndonesia  pada  tahun  500  sebelum  Masehi.Kedatangan bangsa Deutro Melayu menyebabkanposisi bangsa Proto Melayu semakin terdesak danmenyingkir ke pedalaman. Bangsa Proto Melayuterdesak  oleh  bangsa  Deutro  Melayu  karenabangsa Deutro Melayu memiliki kebudayaan lebihtinggi.
4

Jawaban:  b
Bangsa-bangsa  pendatang  dan  penduduk  asliIndonesia memanfaatkan aliran sungai sebagaisumber  makanan.  Oleh  karena  itu,  merekamembuat lahan pertanian dan permukiman di tepisungai.
5

Jawaban:  a
Bangsa Deutro Melayu memiliki ciri fisik antaralain tinggi badan 135–180 cm atau tinggi badanyang  tidak  jauh  berbeda  dengan  mayoritaspenduduk  Indonesia  sekarang.  Bangsa  DeutroMelayu  memiliki  berat  badan  antara  30–75  kg.Selain itu, mereka mempunyai warna kulit kuninglangsat dan cokelat hitam, warna rambut cokelatdan hitam, serta rambut lurus dan keriting. Jadi,jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan a.
6

Jawaban:  a
Kebudayaan bangsa Deutro Melayu sering disebutkebudayaan  Dongson.  Dongson  merupakanwilayah di sekitar Teluk Tonkin, Vietnam, tempatditemukannya  benda-benda  peninggalan  darilogam.  Daerah  Dongson  diperkirakan  sebagaitempat  asal  bangsa  Deutro  Melayu.  Di  wilayahDongson  ini  ditemukan  hasil-hasil  kebudayaanseperti  kapak  corong,  nekara,  dan  bejanaperunggu. Jadi, yang termasuk hasil kebudayaanbangsa Deutro Melayu ditunjukkan oleh kombinasiA1), A2), dan B1).
7

Jawaban:  e
Teori Nusantara didukung oleh Mohammad Yamin,J. Crawford, K. Himly, dan Sutan Takdir Alisjabana.Mereka  berpandangan  bahwa  nenek  moyangbangsa Indonesia berasal dari wilayah Indonesiasendiri.  Pendapat  ini  diperkuat  dengan  empatargumen, yaitu kebudayaan Melayu merupakankebudayaan  tinggi  yang  merupakan  warisanmanusia sebelumnya, adanya kesaamaan Bahasa Melayu dan bahasa Champa hanyalah kebetulansaja,  orang  Melayu  merupakan  keturunan  dariHomo  soloensis  dan  Homo  wajakensis,  sertaadanya  perbedaan  bahasa  antara  bahasaAustroesia yang berkembang di Indonesia denganbahasa Indo-Eropa.
8

Jawaban:  d
Sikap yang tepat untuk menanggapi keragamanbudaya Indonesia adalah dengan menghormatikebudayaan yang dimiliki oleh suku-suku bangsadi  Indonesia.  Setiap  suku  di  Indonesia  harusmembuka diri untuk mau mempelajari kebudayaanlain. Sikap tersebut harus disertai dengan sikapmencintai  kebudayaan  daerah  sebagai  bagiankebudayaan nasional.
9

Jawaban:  aSalah  satu  tokoh  yang  mendukung  teori  Yunanadalah Mohammad Ali. Menurut Mohammad Ali,bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan yangterdesak ke selatan karena desakan suku-sukulain yang lebih kuat. Bukti yang mendukung teoriini yaitu adanya persamaan bahasa dan penemuanteknologi batu. Dari kebahasaan ditemukan buktibahwa  ada  persamaan  bahasa  Melayu  yangberkembang di Indonesia dengan bahasa yangberkembang di Kamboja.
10

Jawaban:  d
Teori Nusantara didukung oleh para ilmuwan yangmenyakini  bahwa  nenek  moyang  bangsaIndonesia berasa dari Indonesia itu sendiri. Salahsatu penguat dari teori ini adalah orang Melayuyang tinggal di Nusantara bukan berasal dari luarwilayah  Nusantara  melainkan  keturunan  dariHomo soloensis dan Homo wajakensis.Teori inididukung oleh beberapa tokoh seperti MuhammadYamin,  Gorys  Keraf,  dan  J.  Crawford.  Jadi,jawaban yang tepat terdapat pada baris d.

Uraian
1

Jawaban:
Teori Yunan menyatakan bahwa nenek moyangbangsa Indonesia berasal dari Yunan, Tiongkokbagian selatan. Teori ini didukung oleh beberapaahli  antara  lain  Prof.  Dr.  H.  Kern,  Robert  Baronvon Heine Geldern, dan N.J. Krom. Prof. Dr. Kernmenyoroti  tentang  adanya  kesamaan  bahasa,sedangkan  Robert  Heine  Geldern  menyorotiadanya kesamaan artefak. Menurut Kern, BahasaMelayu yang berkembang di Kepulauan Indonesiaserumpun dengan bahasa yang ada di Kamboja.
2

Jawaban:
Pendapat  yang  memperkuat  teori  Nusantarasebagai berikut.
a. Bangsa  Melayu  merupakan  bangsa  yangberperadaban  tinggi.  Jadi,  keberadaankebudayaan Melayu sudah ada sejak lamadan berakar dari masyarakat yang mendiamiKepulauan Indonesia.
b. Berdasarkan  perbandingan  kebahasaan,bahasa  Melayu  memang  mempunyai  ke-samaan dengan bahasa Champa (Kamboja).Meskipun  demikian,  teori  Nusantaraberpandangan  bahwa  kesamaan  bahasatersebut hanyalah sebuah kebetulan.
c. Orang Melayu bukan berasal dari luar, tetapimerupakan keturunan dari Homo soloensisdan Homo wajakensis.
d. Adanya  perbedaan  bahasa  antara  bahasaAustronesia yang berkembang di Indonesiadengan bahasa Indo-Eropa yang berkembangdi Asia Tengah.
3

Jawaban:
Bangsa Melanesia termasuk dalam rumpun rasNegroid yang memiliki ciri-ciri fisik antara lain, kulitkehitam-hitaman,  badan  kekar,  rambut  keriting,mulut  lebar,  dan  hidung  mancung.  Keturunanbangsa  Melanesia  masih  dapat  ditemukan  dipedalaman  Malaya,  pedalaman  Filipina,  sertaorang-orang  Papua  dan  Kepulauan  Melanesia.Bangsa ini sudah hidup menetap dalam kelompok-kelompok kecil dan hidup dengan sistem berburudan meramu. Bangsa Melanesia telah mengenalbeberapa teknologi seperti teknologi membuat api.
4

Jawaban:
Bangsa Proto Melayu mempunyai ciri-ciri fisik kulitsawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping,serta  bentuk  mulut  dan  hidung  sedang.  Sukubangsa yang termasuk keturunan bangsa ProtoMelayu  adalah  Suku  Toraja,  Suku  Sasak,  SukuDayak, Suku Nias, Suku Batak, dan Suku Kudu.
5

Jawaban:
Bangsa Deutro Melayu merupakan percampuranantara  bangsa  Proto  Melayu  dan  bangsa  Arya.Kebudayaan Deutro Melayu sering disebut denganKebudayaan Dongson. Dongson merupakan namadaerah  di  sekitar  Teluk  Tonkin,  Vietnam.Kebudayaan Dongson identik dengan benda-bendalogam.  Di  Indonesia,  bangsa  Deutro  Melayumeninggalkan  kebudayaan  perunggu  sepertikapak corong, nekara, dan bejana perunggu.

Latihan 5
1

Jawaban:  c

2

Jawaban:  e

3

Jawaban:  d

4

Jawaban:  c


5

Jawaban:  e


6

Jawaban:  e


7

Jawaban:  c


8

Jawaban:  e


9

Jawaban:  a


10

Jawaban:  a


11

Jawaban:  a


12

Jawaban:  d


13

Jawaban:  e


14

Jawaban:  b


15

Jawaban:  c



Uraian
1

Jawaban:
Masa berburu merupakan masa awal kehidupanmanusia. Pada masa ini manusia menghabiskanwaktunya  dengan  berburu  dan  mengumpulkanmakanan. Pada masa berburu dan mengumpulkanmakanan, manusia purba sangat bergantung padaalam.  Mereka  memburu  binatang  seperti  rusa,babi, dan kerbau liar. Selain itu, manusia purbapada masa ini mengumpulkan buah-buahan, umbi-umbian,  dan  menangkap  ikan.  Pada  masa  inimanusia hidup secara berkelompok yang terdiriatas 5–10 orang.
2

Jawaban:
Alat  peninggalan  masa  bercocok  tanam  danbeternak sebagai berikut.
a.      Beliung persegi, wujudnya menyerupai kapakberbentuk persegi. Bagian yang tajam dari alatini diasah miring. Beliung persegi digunakansebagai  kapak  untuk  memotong  kayu  dancangkul untuk mengolah tanah.
b.      Mata  panah,  digunakan  untuk  keperluanberburu dan menangkap ikan. Mata panahyang  digunakan  untuk  menangkap  ikanbiasanya terbuat dari tulang dan bergerigi.
c.       Kapak  lonjong,  memiliki  penampangberbentuk lonjong. Bagian yang tajam diasahdari dua sisi dan diberi tangkai seperti kapakpenebang kayu sekarang.
d.      Gurdi dan pisau, digunakan untuk memotongdan melubangi kayu atau kulit.
3

Jawaban:
Pada  masa  perundagian  kehidupan  ekonomimasyarakat pada masa praaksara sudah semakinkompleks. Kegiatan ekonomi terdiri atas ekonomipertanian,  peternakan,  pertukangan,  danperdagangan.  Kegiatan  perdagagan  sudahdilakukan meskipun baru dengan sistem barteratau  tukar  menukar  barang.  Selain  itu,  me-ningkatnya  pengetahuan  tentang  perbintanganmenyebabkan masyarakat pada masa ini sudahmengenal  pelayaran.  Mereka  berlayar  untukmencari barang-barang kebutuhan.
4

Jawaban:
Pada masa bercocok tanam manusia membentuksistem masyarakat yang dipimpin oleh seorangkepala suku. Kepala suku merupakan orang yangsangat  dipercaya  dan  ditaati  untuk  memimpinsebuah kelompok tertentu. Pemilihan kepala sukudilakukan dengan menggunakan sistem primusinterpares. Sistem pemilihan ini dilakukan dengancara  menunjuk  orang  yang  utama  dan  palingberpengaruh  di  antara  yang  lain  dalam  satukelompok.
5

Jawaban:
Hasil  kebudayaan  masyarakat  pada  masaperundagian sebagai berikut.
a.      Nekara perunggu, yaitu genderang perunggudengan  membran  satu.  Alat  ini  berfungsisebagai  sarana  upacara  seperti  upacaramemanggil roh leluhur dan upacara memanggilhujan.
b.      Moko, merupakan nekara tipe pejeng denganbentuk dasarnya lonjong seperti genderangberbagai ukuran. Alat ini berfungsi sebagaiperlengkapan upacara dan tari-tarian adat.Selain itu, moko digunakan sebagai alat tukardan simbol status sosial.
c.       Kapak  corong,  memiliki  bentuk  yang  miripdengan sepatu karena bercorong.
d.      Kapak perunggu, bentuknya beraneka ragamseperti pahat dan jantung. Kapak perungguberfungsi sebagai alat upacara dan perkakasuntuk bekerja.

Latihan 6
1

Jawaban: c

2

Jawaban: e

3

Jawaban: d

4

Jawaban: d

5

Jawaban: b

6

Jawaban: b

7

Jawaban: a

8

Jawaban: e

9

Jawaban: b

10

Jawaban: b

11

Jawaban: b

12

Jawaban: e

13

Jawaban: e

14

Jawaban: d

15

Jawaban: d


Uraian
1

Jawaban:
Kemampuan  manusia  purba  membuat  alat-alatdimulai  sejak  kala  pleistosen.  Bahan  yangdigunakan  untuk  membuat  alat-alat  itu  diambillangsung dari alam seperti kayu, batu, dan tulang.Cara  pembuatan  alat-alat  dilakukan  dengansederhana,  yang  penting  dapat  memenuhikebutuhan dan tujuan penggunaan alat tersebut.Dengan  begitu,  pada  awalnya  teknologipembuatan  alat  hanya  mementingkan  segipraktisnya. Tujuan utama pembuatan alat-alat padasaat itu untuk pencarian dan pengolahan bahanmakanan berupa daging dan umbi-umbian. Padatahap selanjutnya, pembuatan alat-alat semakinmeningkat  dan  sempurna  sehingga  dapatmemenuhi keperluan hidup yang lain.
2

Jawaban:
Contoh alat-alat hasil kebudayaan Pacitan sebagaiberikut.
a.      Kapak perimbas (chopper), yaitu sebuah alatyang dipersiapkan dari segumpal batu yangtajamannya  dibentuk  liku-liku  melaluipenyerpihan  yang  dilakukan  selang-selingpada kedua sisi pinggiran.
b.      Kapak  genggam,  yaitu  sebuah  alat  yangbentuknya hampir sama dengan bujur sangkaratau persegi panjang. Tajamannya disiapkanmelalui penyerpihan terjal pada permukaanatas menuju pinggiran batu.
c.       Kapak genggam awal, yaitu sebuah alat daribatu  yang  berbentuk  meruncing.  Teknikpemangkasan  alat  ini  dilakukan  pada  satupermukaan  batu  untuk  mendapatkantajaman.
3

Jawaban:
Abris souce roche adalah gua yang menyerupaiceruk  pada  batu  karang.  Gua-gua  ini  pernahdijadikan  tempat tinggal manusia purba karenadapat berfungsi sebagai tempat perlindungan daricuaca dan binatang buas. Keberadaan abris sousroche pertama kali ditemukan oleh Dr. van SteinCallefens di Ponorogo, Jawa Timur.
4

Jawaban:
Jika  dianalisis  dari  kebudayaan  Ngandong,masyarakat  pada  zaman  paleolitikum  masihmengembara.  Mereka  tidak  bertempat  tinggalmenetap, tetapi berpindah-pindah bergantung padabinatang-binatang buruan dan hasil-hasil alam disekitarnya.  Masyarakat  juga  belum  bercocoktanam. Mereka masih berburu dan mengumpulkanmakanan. Oleh karena itu, tempat tinggalnya punberpindah-pindah.
5

Jawaban:
Berdasarkan data arkeologi, api ditemukan sekira400.000  tahun  lalu.  Penemuan  api  memilikipengaruh besar dalam kehidupan manusia. Bagimanusia  purba  api  sangat  bermanfaat  untukmemasak  makanan,  alat  penerangan,  danpenghangat badan dalam kondisi cuaca dingin.Manusia juga menggunakan api sebagai senjatauntuk mengusir biatang buas. Pada masa bercocoktanam, manusia purba menggunakan api untukmembuka hutan. Mereka menebang pohon-pohonbesar lalu membakarnya untuk membuka lahanpertanian.

Ulangan Harian
1

Jawaban: d

2

Jawaban: e

3

Jawaban: e

4

Jawaban: b

5

Jawaban: a

6

Jawaban: e

7

Jawaban: e

8

Jawaban: a

9

Jawaban: a

10

Jawaban: b

11

Jawaban: a

12

Jawaban: a

13

Jawaban: b

14

Jawaban: d

15

Jawaban: e

16

Jawaban: c

17

Jawaban: d

18

Jawaban: c

19

Jawaban: d

20

Jawaban: a

21

Jawaban: e

22

Jawaban: a

23

Jawaban: b

24

Jawaban: e

25

Jawaban: b

26

Jawaban: c

27

Jawaban: b

28

Jawaban: a

29

Jawaban: b

30

Jawaban: b


Uraian
1

Jawaban:
Perbedaan antara masa arkeozoikum dan neozoikum sebagai berikut.

Masa  Arkeozoikum
Masa  Neozoikum
A
Kondisi bumi belum stabil dan lempeng tektonik masihterus  bergerak  sehingga  sering  timbul  gempa.
Kondisi bumi sudah stabil dan lempeng tektonik sudah jarangmenimbulkan  gempa.
B
Kondisi  udara  masih  sangat  panas  karena  lapisanhidrosfer  dan  atmosfer  bumi  masih  dalam  tahap pembentukan.
Kondisi  udara  sangat  dingin  karena  bumi  mengalami  zamanes. Sebagian permukaan bumi ditutupi oleh lapisan es.
c
Merupakan  masa  awal  munculnya  kehidupan  primitive berupa mikroorganisme seperti bakteri dan ganggang.
Kehidupan  sudah  mengalami  perkembangan  pesat  karenadidominasi  oleh  makhluk  mamalia  dan  manusia  purba.
2

Jawaban:
Ras Deutro Melayu dan Proto Melayu merupakan ras bangsa-bangsa yang menjadi nenek moyang bangsaIndonesia. Ras Deutro Melayu menurunkan beberapa suku seperti suku Jawa, Minangkabau, Aceh, Padang,dan Sunda. Adapun ras Proto Melayu menurunkan beberapa suku antara lain suku Toraja, Sasak, Batak, danKubu.
3

Jawaban:
Periode kapur merupakan periode peralihan dari masa mesozoikum ke masa neozoikum. Pada periode initerjadi  perubahan  iklim  yang  drastis  dari  iklim  hangat  menjadi  iklim  dingin.  Perubahan  ini  menyebabkandinosaurus tidak dapat menyesuaikan diri. Sebagai hewan jenis reptil, dinosaurus merupakan hewan berdarahdingin yang sangat membutuhkan iklim hangat untuk hidup. Oleh karena itu, pada periode kapur dinosaurustidak mampu bertahan hidup dan mulai mengalami kepunahan.
4

Jawaban:
Zaman paleolitikum berlangsung selama 600.000 tahun lalu. Manusia purba yang hidup pada zaman iniantara lain Meganthropus palaeojavanicus, Homo erectus, dan Homo wajakensis. Pada zaman paleolitikummanusia purba hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan sering berpindah tempat untuk mencari bahanmakanan atau binatang buruan. Mereka masih mencari makanan dengan cara berburu dan mengumpulkanmakanan.
5

Jawaban:
Pada zaman neolitikum manusia sudah memiliki kebudayaan maju. Kehidupan manusia relatif lebih baikdibandingkan zaman sebelumnya. Pada zaman neolitikum manusia sudah hidup menetap di rumah-rumahpanggung untuk menghindari serangan binatang buas. Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia padazaman neolitikum tidak lagi bergantung pada cara berburu dan mengumpulkan makanan. Mereka sudahmengenal cara bercocok tanam. Alat-alat yang digunakan pada zaman ini sudah lebih bagus dan haluskarena sudah diasah. Selain itu, pada masa ini manusia sudah mengenal pembuatan tembikar dan menenunpakaian.
6

Jawaban:
Para ahli menganggap wilayah Indonesia sebagaisalah satu pusat peradaban purba penting di duniakarena  di  Indonesia  ditemukan  banyak  fosilmanusia  purba.  Penelitian  kehidupan  purba  diIndonesia pada mulanya dilakukan oleh penelitiasing   seperti   P.E.C.   Schemulling,   vonKoenigswald,  Eugene  Dubois,  dan  C.P.  Sluiter.Pada masa modern penelitian manusia purba tetapdilanjutkan. Pada tahun 2003 dua peneliti, yaituR.P.  Soedjono  dan  Mike  Morwood,  berhasilmenemukan fosil manusia purba baru jenis Homofloresiensis di gua Liang Bua, Flores.
7

Jawaban:
Pada tahun 1931–1933 von Koenigswald berhasilmenemukan fosil manusia purba Homo soloensisdi daerah Ngandong, Blora, Jawa Tengah. Selanjut-nya, pada tahun 1936  von Koenigswald menemu-kan  fosil  tengkorak  anak-anak  di  Desa  Perningdekat Mojokerto. Fosil ini kemudian diberi namaPithecanthropus mojokertensis. Pada tahun 1941von  Koenigswald  kembali  menemukan  fosilmanusia purba yang diberi nama Meganthropus palaeojavanicus.
8

Jawaban:
Bangsa Deutro Melayu datang di Indonesia padatahun  500  sebelum  Masehi.  Bangsa  DeutroMelayu memiliki ciri fisik yang tidak jauh berbedadengan mayoritas penduduk Indonesia saat ini.Ciri fisik bangsa Deutro Melayu di antaranya tinggibadan 135–180 cm, berat badan 30–75 kg, warnakulit  antara  kuning  langsat  dan  cokelat  hitam,warna  rambut  antara  cokelat  dan  hitam,  sertabentuk rambut antara lurus dan keriting. Prosesmigrasi  bangsa  Deutro  Melayu  di  KepulauanIndonesia  dilakukan  melewati  jalur  barat,  yaituSemenanjung  Malaya,  Sumatra,  kemudianmenyebar ke beberapa wilayah Indonesia.
9

Jawaban:
Teknik  bivalve  disebut  juga  teknik  setangkupkarena menggunakan dua cetakan yang terbuatdari batu. Cetakan ini dipakai berkali-kali sesuaikebutuhan. Teknik bivalve dipakai untuk membuatperalatan sederhana dan tidak memiliki bagian-bagian yang menonjol. Hasil peralatan logam yangdibuat dengan teknik ini adalah kapak corong dankapak perunggu.
10

Jawaban:
Bangsa  Proto  Melayu  dan  Deutro  Melayumerupakan bangsa yang dominan menurunkansuku bangsa di Indonesia. Keturunan bangsa ProtoMelayu  antara  lain  suku  Toraja,  Sasak,  Dayak,Nias, Batak, dan Kubu. Adapun bangsa DeutroMelayu  memiliki ciri fisik yang tidak jauh berbedadengan mayoritas penduduk Indonesia saat ini.Kebudayaan  bangsa  Deutro  Melayu  dapatberkembang pesat, bahkan menjadi penyumbangterbesar sebagai cikal bakal kebudayaan bangsaIndonesia  sekarang.  Keturunan  bangsa  DeutroMelayu  di  Indonesia  antara  lain  orang  Aceh,Minangkabau, Jawa, Bali, Bugis, dan Makassar.

Ulangan Tengah Semester 1
1

Jawaban:

2

Jawaban:

3

Jawaban:

4

Jawaban:

5

Jawaban:

6

Jawaban:

7

Jawaban:

8

Jawaban:

9

Jawaban:

10

Jawaban:

11

Jawaban:

12

Jawaban:

13

Jawaban:

14

Jawaban:

15

Jawaban:

16

Jawaban:

17

Jawaban:

18

Jawaban:

19

Jawaban:

20

Jawaban:

21

Jawaban:

22

Jawaban:

23

Jawaban:

24

Jawaban:

25

Jawaban:

26

Jawaban:

27

Jawaban:

28

Jawaban:

29

Jawaban:

30

Jawaban:

31

Jawaban:

32

Jawaban:

33

Jawaban:

34

Jawaban:

35

Jawaban:

36

Jawaban:

37

Jawaban:

38

Jawaban:

39

Jawaban:

40

Jawaban:


Uraian
1

Jawaban:

2

Jawaban:

3

Jawaban:

4

Jawaban:

5

Jawaban:

6

Jawaban:

7

Jawaban:

8

Jawaban:

9

Jawaban:

10

Jawaban:


Sekianlah artikel Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.Sekianlah artikel Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel