Saya Bangga Jadi Orang Indramayu



Kali ini saya akan membahas tentang kota kelahiran sekaligus kebanggaan saya yaitu Indramayu.
Indramayu adalah kota yang terkenal dengan julukan kota Mangga. Bukan hanya julukannya saja yang membuat kota ini terkenal, tetapi berbagai macam hal seperti makanan, tradisi, wisata alam dan lain sebagainya.
Baiklah, langsung saja kita bahas ya....

http://1.bp.blogspot.com/-LE21dWcdxvs/VjXVLv5sFFI/AAAAAAAAAMc/PrkRAGw_PjE/s1600/20151101160009.jpg

    1. Makanan khas Indramayu

Indramayu memiliki beberapa makanan khas yang tidak kalah lezat dengan makanan khas daerah lain. Makanan Indramayu juga dikaitkan dengan adat istiadat di daerah ini.
Berikut makanan khas Indramayu.

1. Bubur Suro

Bubur suro adalah makanan yang sangat berkaitan erat dengan tradisi bulan asyuro di Indramayu. Setiap bulan Asyuro, masyarakat Indramayu membuat bubur ini dan membagi-bagikannya. Bubur ini terbuat dari berbagai jenis biji-bijian dan rempah-rempah. Mungkin bagi penikmat pertama, bubur ini akan terasa aneh, tapi nyatanya lezat dan kaya akan gizi.

2. Cimplo

Cimplo adalah kue khas Indramayu. Di Indramayu biasanya terdapat bulan dimana masyarakatnya membuat dan membagikan kue ini yaitu di bulan Safar. Tujuannya untuk tolak bala atau menolak kesialan sebagai tradisi. Kue ini terbuat dari tepung beras yang difermentasi lalu dipanggang dicetakan. Cimplo memiliki pelengkap yaitu gula merah yang dipadu dengan parutan kelapa.

3. Poci

Kue poci berbentuk limas segitiga. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan didalamnya diisi dengan kelapa yang bergula merah atau kacang bergula merah. Poci dibungkus dengan daun pisang. Kue ini betul-betul sangat lezat dan pastinya siapa yang mencobanya akan ketagihan.
Nah, itu adalah kue khas Indramayu yang patut dicoba. Sebenarnya masih banyak ragam makanan di Indramayu, tapi hanya itu saj yang bisa saya sebutkan.

    2. Tempat Wisata Indramayu

Indramayu memiliki destinasi wisata yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Indramayu memiliki obyek wisata yang menarik seperti pantai, pulau, hingga wisata sejarah.
Berikut daftar tempat wisata di Indramayu:

1. Pulau Biawak

Di Pulau ini pengunjung akan disuguhi dengan panorama alam yang asri. Di Pulau ini terdapat menara mercusuar kuno yang menjulang serta koloni biawak seperti halnya nama pulau ini.

2. Taman Cimanuk

Lokasinya berada di jalan Veteran, Indramayu atau tepat dibelakang masjid Agung Indramayu atau dibawah jembatan utama dekat pendopo Indramayu. Taman ini dilengkapi dengan sampan yang hanya berupa hiasan, tidak dapat digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk.

3. Hutan Mangrove, Karangsong

Hutan mangrove, nampaknya memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Di sini pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove dilahan seluas lebih 25 hektar. Selain itu, pengunjung juga bisa memancing, karena kabarnya di hutan ini menjadi tempat udang dan ikan besar tinggal.

    3. Tradisi adat istiadat Indramayu


Indramayu lekat akan tradisi dan adat istiadat. Oleh karena itu, di bawah ini akan saya bahas tradisi yang ada di Indramayu:

1. Mapag sri

Mapag sri dilaksanakan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur para petani kepada Tuhan YME, karena panen yang diharapkan telah tiba dengan hasil yang memuaskan. Di desa saya, mapag sri dilaksanakan di Balai Desa dengan dimeriahkan sandiwara dan berbagai jenis kesenian.

2. Ngunjung
 
Ngunjung diadakan setiap 1 tahun sekali setelah selesai masa panen. Pada acara ngunjung ini, semua warga Desa datang ke makam anggota keluarga dengan membawa berbagai makanan. Di sana, mereka mendoakan keluarganya yang sudah meninggal. Acara ngunjung ini biasanya diramaikan dengan sandiwara, wayang kulit atau lainnya.

Nah, diatas itu adalah hal-hal yang membuat saya bangga terhadap kota kelahiranku, Indramayu.
Sekian pembahasannya, terimakasih.
Wassalamu'alaikum.wr.wb.

Belum ada Komentar untuk "Saya Bangga Jadi Orang Indramayu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel