Penyakit Trachoma, Jenis, Penyebab, Gejala, Dan Cara Pengobatannya

Trachoma adalah penyakit mata yang paling umum yang dapat menyebabkan masalah berat dan ketidaknyamanan jika tidak ditangani. Disebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia trachomatis, penyakit infeksi ini dapat menyebabkan kebutaan pada tahap selanjutnya. Penyakit mata ini dapat terjadi pada orang-orang pada usia berapapun dan bahkan anak-anak dapat menderita ini.



Kelopak mata sangat terpengaruh dan permukaan bagian dalam menjadi kasar yang menyebabkan rasa sakit. Dalam kasus-kasus tertentu, Trachoma dapat menyebabkan kebutaan permanen jika kelopak mata mengarah ke dalam. Nama umum lainnya dari penyakit trachoma termasuk ophthalmia Mesir, konjungtivitis granular, trakea yang menyilaukan.

Di seluruh dunia, sekitar 80 juta orang saat ini terganggu oleh penyakit mata ini. Kontak langsung maupun tidak langsung dengan mata dan hidung orang yang terkena bisa menyebabkan infeksi mata yang berbahaya ini.

Jenis trachoma

Para ahli medis telah mendefinisikan berbagai tahapan trachoma dan jenisnya. Ada tiga jenis infeksi mata trachoma:

1. Trachoma akut

Anak-anak dan orang dewasa yang terpaksa tinggal di tempat yang tidak sehat, tidak higienis, dan ramai menghadapi infeksi jenis ini. Pertama satu mata terinfeksi dan kemudian menyebar dan mempengaruhi mata lainnya. Mata menjadi terpengaruh dan menjadi menyakitkan dan gatal; kelopak mata bengkak sementara keluar air biasanya terlihat.

2. Trachoma Berulang

Kadang-kadang infeksi tidak hilang atau kambuh lagi setelah hilang. Kondisi ini biasa terjadi ketika orang yang terkena memiliki kebersihan yang buruk atau tidak memiliki akses ke air bersih dan gaya hidup yang sehat.

3. Trachoma kronis

Kelopak mata berubah ke dalam dan menggores kornea dalam jenis trachoma ini. Gejala tidak berakhir, dan kondisi mata memburuk menyebabkan kebutaan parsial atau bahkan lengkap jika tidak diobati.

Penyebab umum Trachoma

Jika penyebabnya diketahui, pencegahan menjadi mudah. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan infeksi ini dan yang paling umum termasuk:

• Kebersihan pribadi yang buruk

• Kedekatan dengan ternak

• Penggunaan air yang tidak bersih

• Kontak langsung / tidak langsung dengan orang yang sudah menderita Trachoma

• Menggunakan handuk / pakaian dari orang yang terinfeksi

• Situasi hidup yang penuh sesak

Menghindari situasi ini adalah solusi yang paling dapat diandalkan untuk menjauh dari cengkeraman penyakit mata yang menyilaukan ini. Trachoma berulang atau tidak diobati sangat berbahaya karena bulu mata menggores kornea yang menyebabkan Entropion atau kebutaan permanen.

Gejala trachoma

Sebagian besar, mata yang terinfeksi sakit dan menunjukkan gejala yang mirip dengan konjungtivitis atau "mata merah muda". Jika Anda takut bahwa penyakit ini telah menginfeksi mata Anda, maka periksa gejala berikut:

• Kelopak mata yang membengkak

• Meningkatkan sensitivitas mata terhadap cahaya

• Iritasi / Gatal di mata

• Keluarnya mata

• Komplikasi Telinga, Tenggorokan, dan Hidung

• Kelenjar getah bening yang membengkak

• Bulu mata ke dalam

Memahami gejala kadang-kadang bisa membingungkan, terutama ketika infeksi Anda tidak dalam tahap awal. Mendapatkannya diperiksa dari seorang profesional adalah solusi utama yang harus diikuti ketika infeksi memukul Anda.

Perawatan trakoma

Penting bahwa perawatan trachoma dilakukan tepat waktu dan dengan hati-hati. Banyak orang menunggu mata untuk sembuh tanpa obat tetapi ini berarti mengundang lebih banyak rasa sakit dan masalah bersama dengan mengorbankan visi Anda.

• Terapi antibiotik- dalam kasus Trachoma aktif awal, infeksi bakteri dapat dihilangkan melalui antibiotik seperti tetrasiklin dan Azitromisin.

• Pembedahan - jika dokter Anda menyarankan pembedahan, maka penting bagi Anda untuk mengalaminya bahkan di tahap tengah. Risiko kekambuhan umumnya tinggi ketika trachoma mencapai stadium lanjut. Inilah sebabnya mengapa mendapatkan perawatan dan pembedahan tepat waktu dapat menyelamatkan Anda dari rasa sakit dan kehilangan penglihatan.

• Perawatan homeopati - jika Anda tidak ingin efek samping, maka Homeopathy bisa menjadi pilihan yang paling cocok untuk Anda. Dapat mengobati infeksi bahkan pada tahap akut dan berulang tanpa persyaratan operasi dan antibiotik. Penting untuk mengetahui bahwa homeopati tidak dapat mengobati kebutaan yang disebabkan oleh trachoma. Tetapi tahap lanjut masih bisa diobati dan mata Anda bisa sembuh melalui perawatan ini.

Memutuskan perawatan trakea yang tepat untuk Anda akan bergantung pada saran dari ahli medis Anda. Juga, tahap infeksi juga memainkan peran kunci dalam memutuskan mana yang harus menjadi pilihan pengobatan trakoma terbaik untuk Anda.

Untuk menghindari infeksi total, sanitasi yang layak, gaya hidup bersih dan sehat, kebersihan wajah harus dijaga. Tindakan pencegahan ini tampak sangat sederhana tetapi mereka dapat menyelamatkan Anda dari Trachoma dan melindungi visi Anda.

Shubhi adalah seorang penulis yang antusias, yang suka membaca. Dia bekerja sebagai penulis konten dan blogger dan telah berbagi pandangan dan pengetahuannya tentang berbagai topik yang sedang tren dan menarik. Dia menyediakan White hat SEO Solutions untuk klien di seluruh dunia dan membantu mereka meningkatkan lalu lintas di situs web mereka dan mendapatkan pelanggan setia.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Trachoma, Jenis, Penyebab, Gejala, Dan Cara Pengobatannya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel