Gejala-Gejala Penyakit Ginjal Dan Cara Mencegahnya

Anda pasti pernah mendengar penyakit ginjal kronis mengambil nyawa banyak orang di sekitar Anda. Namanya tidak begitu asing, kan? Istilah seperti transplantasi ginjal, dialisis, gagal ginjal telah menjadi hal yang biasa di bidang medis dan terlalu banyak orang yang mengalami masalah ginjal karena banyak alasan, baik dijelaskan maupun tidak dapat dijelaskan. Tapi intinya adalah, Anda harus tahu apa yang sebenarnya menyebabkan penyakit ginjal dan apa yang harus Anda lakukan jika Anda didiagnosis dengan itu.



Jadi mari kita mulai dengan memiliki ide dasar penyakit ginjal kronis diikuti dengan gejala-gejalanya dan akhirnya perawatan. Sekarang, jika Anda belum mengetahuinya, ginjal Anda memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh Anda. Mereka terletak di bagian belakang rongga perut dan fungsinya adalah untuk menghilangkan racun yang tidak diinginkan, menyeimbangkan netralitas kimia (keseimbangan asam-basa) dan menyaring plasma darah (melalui proses kunci seperti penyaringan, reabsorpsi, sekresi, dan ekskresi). Nefron yang ada di ginjal pada dasarnya adalah apa yang membawa pekerjaan ini dan karenanya, membuat organ ini yang vital untuk dijaga.

Sekarang, ada kalanya ginjal Anda tidak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan ada alasan mengapa hal itu terjadi. Lebih sering daripada tidak, penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi adalah apa yang menghambat fungsi ginjal Anda. Ini juga terjadi jika Anda pernah terkena infeksi saluran kemih di masa lalu (ISK). Masalah-masalah lain seperti serangan jantung terkadang juga bertanggung jawab untuk itu. Singkatnya, ini semua tentang jenis gaya hidup yang Anda pimpin, dan bagaimana itu memengaruhi bukan hanya satu sistem yang berbeda dari tubuh Anda.



Mari kita lihat bagaimana Anda sebenarnya bisa mengetahui apakah Anda menderita penyakit ginjal kronis, melalui pemahaman gejala-gejala ini.

Di hari-hari awal, Anda mungkin memperhatikan:

• Kehilangan selera makan

• Mual

• Muntah

• Perubahan saat buang air kecil

• Kram otot

• Diare

• Sakit punggung

• Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki

• Kelelahan

• Hipertensi

• Sakit dada

Gejala-gejala ini meskipun mungkin meniru penyakit lain, kami sarankan Anda harus mengunjungi dokter Anda untuk memeriksa penyakit ginjal kronis karena mungkin karena masalah yang sama. Fakta bahwa kesehatan ginjal Anda tergantung pada gaya hidup Anda secara keseluruhan, itu menjadi masalah pemahaman yang krusial mengenai kerapuhan situasi.

Penyakit ginjal kronis meskipun memiliki beberapa pilihan pengobatan yang menjamin penyembuhan yang sukses, ada kemungkinan itu terbukti menjadi fatal dan mengambil nyawa ketika Anda tidak mengharapkannya untuk melakukannya. Jadi pertama dan terpenting, pilihan perawatan yang dapat Anda mulai adalah mengendalikan tekanan darah Anda, makan sehat, dan mengikuti gaya hidup yang tidak membuat badan Anda stres dengan cara apa pun.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya potasium seperti bayam, pisang, dan yogurt.

Penyakit ginjal kronis (dalam tahap terakhir) hanya memiliki pilihan seperti transplantasi ginjal atau dialisis sebagai pilihan yang bertahan hidup meskipun tidak ada jaminan terbukti berhasil dan Anda akhirnya dapat kehilangan hidup Anda.

Oleh karena itu, penting untuk melihat gaya hidup Anda dan memastikan Anda tidak memburuk kesehatan ginjal Anda demi hidup Anda jika tidak ada yang lain. Penyakit ginjal kronis menjadi umum belakangan ini hanya karena perubahan gaya hidup yang telah diadaptasi orang untuk membuat stres pada tubuh mereka, dan penting bagi Anda untuk mendidik diri sendiri tentang bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan Anda di penghujung hari.

Belum ada Komentar untuk "Gejala-Gejala Penyakit Ginjal Dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel